Tips Berlibur Di Pulau Dewata Bali

Bali merupakan destinasi favorit bagi para traveler baik dari domestik maupun mancanegara. Bali seakan seperti magnet yang mampu menarik banyak traveler, baik yang baru akan menginjakan kaki di Bali atau yang sudah sering berkunjung kesana, Bali tidak akan pernah membuat kamu bosan karena potensi wisatanya yang sangat luar biasa. Nah tetapi buat kamu yang benar-benar baru mau menginjakan kaki di Bali, rombongan atau sendiri, terkadang kamu suka berfikir “Hmm tapi aku belum pernah kesana, nanti gimana ya? Pake Travel agent aja? Hmm tapi mahal, terus makanan di sana halal nggak ya”. Kami akan merangkum beberapa pertayaan galau kamu yang mau menginjakan kaki di Bali dan pastinya memberikan tipsnya, check this out!

Bagaimana ke Bali?

Apabila kamu dari Jakarta, ke Bali itu sangat mudah lho, baik menggunakan angkutan darat ataupun udara. Tetapi kami merekomendasikan buat kamu untuk menggunakan pesawat saja karena harga tiket pesawat ke Bali itu murah lho. Biasanya tarif batas bawah maskapai Low-Cost kalau di low season bisa 400ribuan, bahkan kalau ada promo bisa lebih murah lagi. Jangan lupa untuk booking tiket pesawat di aplikasi Traveloka ya karena praktis nggak pake ribet! Oh ya tips lagi kalau kamu naik pesawat ke Bali, kalau tidak ada promo heboh,kamu lebih baik membeli tiket h-7 sebelum keberangkatan dan juga usahakan memilih pesawat penerbangan terakhir, karena harganya jauh lebih murah.

Kapan Waktu Terbaik ke Bali?

Kalau kamu tidak sibuk, masih banyak waktu luang, atau bisa ambil cuti, sebaiknya kamu ke Bali di saat low season atau di saat weekday. Kalau kamu memang hanya bisa di weekend dan juga di peak season seperti libur anak sekolahan atau libur nasional, ya siap-siap saja akan ramainya lalu segalanya menjadi lebih mahal. Nah kalau di low season atau weekday, setidaknya tidak seramai peak season dan juga tarif apapun di sana standar seperti penginapan dan beberapa tempat wisata, jadi bikin kantong hemat juga kan.

Kalau rame gini pusing juga kan. (theavidphotographer.wordpress.com)

Kalau rame gini pusing juga kan. (theavidphotographer.wordpress.com)

Menginap di Mana?

Sangat banyak penginapan di Bali, kamu tinggal pilih mau yang 50rb/kamar/malam atau yang jutaan pun ada, disesuaikan dengan budget kamu saja. Tetapi kalau kamu memang ingin menginap di tempat yang mewah, menginginkan kenyamanan, jangan takut karena Bali adalah gudangnya hotel-hotel mewah nan nyaman. Kamu bisa memilih penginapan di Kuta, selain dekat dengan bandara, juga dekat dengan hiburan-hiburan. Namun kalau kamu menginginkan ketenangan, jauh dari hingar bingar khas Kuta, kamu bisa memilih penginapan di daerah Sanur. Sanur terkenal sebagai sunrise point karena pantainya menghadap ke timur, jadi ketika kamu bangun pagi, kamu akan melihat langsung matahari terbit dari ufuknya, indah kan! Kalau kamu memilih menginap di daerah Sanur dan memilih hotel yang mewah, banyak sekali hotel maupun resort mewah di sana salah satunya Inna Grand Bali Beach. Hotel Inna Grand Bali Beach letaknya cukup strategis dan dekat dari Pantai Sanur. Lagipula memang hotel di daerah Sanur ini didesain buat kamu yang ingin mencari ketenangan sekaligus menikmati pesona yang bisa dibilang Bali banget deh.

Hotel nyaman di Sanur. (www.grandinnabalibeach.com)

Hotel nyaman di Sanur. (www.grandinnabalibeach.com)

Di Bali Kita Akan  Kemana Saja?

Yah namanya juga baru pertama kali, kamu pasti asing dong ya tempat wisata di Bali itu ada apa saja. Nah tempat wisata di Bali yang bisa kamu pilih antara lain :

  • Tempat wisata Bali utara : Kintamani, Pura Tirtha Empul, Tampak Siring, Ubud, Tegalalang, bukit campuhan, Museum Blanco, Goa Gajah, Pasar Seni Sukowati, Pasar Seni Ubud dan masih banyak lagi
  • Tempat wisata Bali Selatan : GWK, Tanjung Benoa, Kuta, Pura Uluwatu, Pantai Padang – Padang, Pantai Dreamland, Pantai Blue Point, Pantai Suluban dan masih banyak lagi.
  • Tempat wisata Bali Barat : Pura Tanah Lot, Taman Ayun, Bedugul, Alas Kedaton, Danau Tamblingan, Candi Kuning dan masih banyak lagi.

Kalau kamu hanya 2-3 hari pastinya tidak akan bisa menjelajahi semua wisata yang ada di Bali, jadi kamu sesuaikan saja ya!

Peta Wisata Bali. (ragamtempatwisata.com)

Peta Wisata Bali. (ragamtempatwisata.com)

Bagaimana Transportasi di Bali?

Perlu diakui bahwa transportasi di Bali masih sangat minim. Oleh karena itu kami menyarankan untuk kamu menyewa kendaraan baik itu motor maupun mobil yang tersebar di berbagai penjuru di Bali. Karena kamu baru pertama kali di Bali, dan kamu ingin menyewa motor, kamu perlu jeli akan rambu-rambu dan juga selalu sedia GPS di smartphone kamu apabila kamu tersesat. Kamu juga bisa kok pakai jasa ojek wisata, jadi kamu juga lebih aman apabila traveling sendirian dan nggak mau tersesat. Namun apabila kamu ingin menyewa mobil, usahakan mobil tersebut juga include driver, jadi driver itu bisa juga sebagai guide dadakan kamu selama di Bali. Nah sewa mobil kan agak mahal, jadi kamu minimal rombongan atau saling tebeng-tebengan sama travel lain ya kalau kamu hanya sendiri jalan-jalan di Bali, biar murah!

Sulit Buat Cari Tempat Makan yang Halal nggak?

Karena Bali mayoritas penduduknya beragama hindu, buat kamu yang muslim pasti akan berfikir bagaimana mencari makanan yang halal di sana. Nah sebetulnya cukup banyak kok makanan halal di Bali, kamu cari rumah makan seperti rumah makan Padang, warung bakso, dan sebagainya. Untuk restoran, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu untuk menu-menu halal. Nggak perlu tabu menanyakan tempat makan tersebut halal atau nggak karena masyarakat Bali umumnya sudah paham. Atau kalau kamu mau yang benar-benar aman dan nggak mau nanya ke pedagangnya apakah makanan itu halal, maka restoran fast food adalah jawabannya. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Bali yang rasanya juara banget yaitu ayam betutu ya!

Salah satu tempat makan halal, ada label halal biasanya. (hondacommunity.net)

Salah satu tempat makan halal, ada label halal biasanya. (hondacommunity.net)

Nah itu dia tips buat kamu yang ingin menginjakan pertama kali di Bali. Semoga tips dari kami bermanfaat, dan jangan lupa untuk booking tiket pesawat dan hotel di Bali menggunakan aplikasi Traveloka ya karena praktis, hemat waktu, dan juga hemat dompet. Happy traveling guys!

Leave a Reply