Tips Menghentikan Kebiasaan Merokok

Dalam abad terakhir ini rokok telah membunuh 100 juta jiwa orang, 2 dari 3 pria dewasa di Indonesia adalah perokok. Mereka rela menukar kesehatan untuk membuat pengusaha rokok semakin kaya. Badan kesehatan dunia WHO menyebutkan bahwa salah satu ancaman kesehatan terbesar yang pernah dihadapi dunia adalah rokok, dimana rokok telah membunuh setengah dari semua jumlah perokok di dunia.

Rokok membunuh 6 juta orang setiap tahun di seluruh dunia atau satu orang meninggal setiap 8 detik. Setiap satu batang rokok yang dihisap oleh para perokok, akan mengurangi waktu hidupnya selama 11 menit. Rokok menyebabkan penggunanya menjadi kecanduan, hal ini yang dimanfaatkan negara maju sebagai alat yang digunakan untuk menguasai negara yang sedang berkembang seperti negara Indonesia.

Rokok mengandung zat timbal yang digunakan untuk membuat amunisi, atap, bensin, cat dan produk keramik. Ada 4000 zat kimia beracun yang terdapat pada rokok, sehingga menjadikan rokok sebagai penyebab risiko bagi 6 dari 8 penyakit penyebab utama kematian manusia. Hidrogen Sianida adalah salah satu zat kimia yang terdapat dalam racun tikus, juga terdapat pada rokok.

Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok hingga 1 bungkus rokok dalam sehari, memiliki resiko kehilangan 2 buah gigi setiap 10 tahun sekali. Satu batang rokok mengandung racun yang bisa membunuh seseorang jika racun dari rokok tersebut langsung diinjeksi ke dalam pembuluh darah. Jika kamu ingin menghentikan kebiasaan merokokmu, beberapa poin di bawah ini bisa kamu coba lakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok tersebut.

 

Temukan Alasan untuk Berhenti Merokok

Jika kamu benar-benar ingin menghentikan kebiasaan merokok, kamu harus menemukan alasannya terlebih dahulu. Kamu ingin berhenti merokok karena dampak buruk yang disebabkan oleh rokok, ingin menjaga kesehatan atau karena ingin menjaga orang-orang di sekitar kamu dari paparan asap rokok. Pilihlah salah satu alasan yang paling kuat dang ingatlah alasan tersebut saat keinginan merokok datang lagi.

Serius Melakukannya

Memang keinginan berhenti merokok terdengar mudah bagi orang yang tidak memiliki kebiasaan ini. Namun pada kenyataannya menghentikan kebiasaan merokok tidak semudah yang dikira. Hampis semua perokok yang mencoba untuk berhenti tanpa terapi atau bantuan orang lain, akhirnya mereka kembali merokok. Hal ini disebabkan oleh ketergantungan mereka terhadap zat nikotin yang terdapat pada rokok. Maka dari itu seriuslah untuk berhenti menghiap rokok.

Lakukan Terapi Nikotin

Ketika kamu memutuskan berhenti merokok, ketergantungan akan nikotin membuat kamu merasakan mood yang buruk, depresi, gelisah dan marah. Tapi masalah ini dapat diatasi dengan terapi pengganti nikotin. Menurut studi yang dilakukan oleh ahli kesehatan, permen karet nikotin dan lozenges bisa membantu kamu untuk menghilangkan ketergantungan terhadap nikotin, sehingga menghentikan peluangmu untuk kembali merokok.

Minum Susu

Untuk menghilangkan kecanduan terhadap nikotin, kamu bisa mencoba meminum segelas susu sapi segar. Susu sapi akan menghilangkan rasa nyaman yang ditimbulkan rokok, karenan setelah mengkonsumsi susu rokok akan menjadi terasa pahit dan tidak enak. Cara ini sangat efektif dan aman, ketika timbul keinginan untuk merokok maka hendaklah minum susu, setelah beberapa hari kebiasaam merokokmu akan hilang dengan sendirinya.

Minta Bantuan Orang Lain

Beritahukan kepada keluarga, saudara, teman dan rekan kerja bahwa kamu sedang mencoba untuk berhenti merokok. Bergaul dengan orang-orang yang tidak merokok atau komunitas anti rokok dan berbicara dengan mereka bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk berhenti merokok. Dukungan mereka tentu akan memberikan dapak positif bagi kamu untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini.

Hindari Stres

Salah satu alasan orang merokok adalah untuk menghilangkan stres, karena zat nikotin yang terdapat pada rokok dapat membuat seseorang merasa rileks. Untuk dapat berhenti merokok, kamu harus menemukan cara untuk mengatasi stres. Mendengarkan musik yang kamu sukai mungkin bisa membuatmu merasa rileks dan tenang. Sebisa mungkin hindari stres jika kamu sudah mulai dalam program berhenti merokok.

Hindari Alkohol atau Pemicu Merokok Lainnya

Kebiasaan tertentu juga dapat meningkatkan keinginanmu untuk kembali menghisap merokok. Minuman keras yang mengandung alkohol merupakan salah satu pemicu yang paling sering yang menyebabkan kamu kembali merokok. Jika kamu ingin berhenti merokok maka kamu juga harus berhenti mengkonsumsi alkohol atau pemicu merokok lainnya. Jika kamu terbiasa meroko stelah minum kopi maka beralihlah pada minuman lain seperti teh. Atau jika kamu terbiasa merokok setelah makan, kamu mengunyah permen karet atau menyikat gigi untuk menghilangkan keinginan merokok.

Olahraga

Aktivitas fisik seperti joging atau bersepeda dapat membantumu untuk mengurangi ketergantungan terhadap nikotin. Saat keinginan merokok kembali muncul, beralihlah melakukan olahraga yang kamu sukai, seperti olahraga futsal bersama rekan-rekan kerja, bersepeda dengan teman atau pasangan kamu dan pergi ke gym atau fitnes center. Olahraga bisa membuat tubuhmumu menjadi lebih sehat dan menghilangkan resiko penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan merokokmu selama ini.

Makan Makanan Sehat

Selain berolah raga, mulailah menghentikan kebiasaan merokok dengan memulai gaya hidup sehat dengan makan makanan sehat seperti buah dan sayur. Gaya hidup sehat yang kamu terapkan akan memberikan kesadaran tentang dampak buruk merokok sehingga kamu akan lebih mudah meninggalkannya. Hidari juga makanan junk food karenan makanan ini sangat tinggi kalori namun rendah akan gizi.

 

Jangan menyerah jika kamu belum bisa berhenti merokok, itu merupakan hal yang biasa. Teruslah mencoba, banyak perokok yang harus mencoba beberapa kali sebelum akhirnya berhasil lepas dari ketergantungannya terhadap nikotin. Lihat kembali poin-poin di atas dan berjuanglah, kamu pasti bisa, kamu hanya perlu melakukannya dengan serius.

Leave a Reply