Tips Berbelanja Online agar Tidak Mudah Tertipu!

Di zaman yang serba modern ini, banyak sekali teknologi dan gadget canggih yang bisa membantu manusia untuk memudahkan pekerjaan, termasuk salah satunya adalah belanja online. Hanya dengan menyentuh layar mobile atau menekan tombol klik pada mouse komputer, kita bisa mengakses informasi menarik dan membeli semua yang kita butuhkan secara online. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, seperti baju, peralatan dapur, hingga membeli sebuah mobil.

Toko online memudahkan konsumen berbelanja ribuan barang dengan online dan membayarnya tanpa harus meninggalkan tempat duduk yang nyaman di rumah. Internet telah mengubah kebiasaan berbelanja masyarakat masa kini, mereka tidak lagi meluangkan banyak waktu pergi ke toko mencari kebutuhan, karena semua yang mereka butuhkan sudah tersedia secara online di layar gadget mereka.

Belanja online memang memberikan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman, namun kita harus tetap berhati-hati dalam berbelanja secara online. Ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan pada layanan online shop untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Hasilnya, barang yang kita idam-idamkan tidak pernah sampai ke tangan kita.

Tapi kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan transaksi secara online, sebab ada tips-tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penipuan berkedok online shop sehingga barang yang kamu inginkan sampai di tangan. Berikut ini tips dan yang cara aman dalam berbelanja online agar kita bisa menghindari praktek penipuan berkedok online shop tersebut.

 

1. Cari Website yang Terpercaya

tips belanja online

BlogspotCom

Jangan melakukan transaksi dengan perusahaan yang belum kamu kenali. Kalaupun kamu akan melakukan pembelian dari website yang belum kamu kenali, selalu pastikan kamu melakukan pengamatan sedikit mengenai latar belakang toko online yang kamu kunjungi. Carilah informasi mengenai testimoni orang-orang yang pernah melakukan transaksi pada website tersebut.

Sebelum kamu memulai berbelanja online, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu tentang website-website jual-beli online terpercaya. Biasanya sebuah toko online yang terpercaya selalu melampirkan nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat yang jelas. Kamu bisa mengkonfirmasi dengan menghubungi nomor yang tertera tersebut dan tanyakanlah tentang bagaimana toko online melayani transaksi penjualan, komplain atau garansi jika ada.

2. Hindari Harga yang Terlalu Miring

tips belanja online

PicsantCom

Jangan mudah tergiur dengan harga miring yang ditawarkan, kamu patut mencurigain Olshop yang menawarakn harga yang tidak sesuai pasaran. Sebab harga pasti menentukan kualitas barang yang akan kita beli. Karena tidak mungkin seorang penjual menjual barang yang berkualitas dengan harga yang murah, karena jelas hal tersebut akan membawa kerugian pada mereka, kecuali jika penjual tersebut adalah seorang penipu.

Maka dari itu pastikan harga produk yang ditawarkan oleh si penjual adalah harga yang umum di pasaran. Yaitu harga yang tidak terlalu murah dan tidak terlalu tinggi, lebih baik kamu tidak melakukan transaksi jika kamu tidak yakin dengan penjual yang menawarkan produk dengan harga yang tidak masuk akal.

3. Kenali Produk yang Ingin di Beli

tips belanja online

TekningCom

Jika kamu ingin membeli suatu barang, sebaiknya kamu mengetahui spesifikasi barang yang ingin kamu beli dengan melakukan browsing di internet. Kenali produk yang ingin di beli agar kamu lebih tahu tentang produk tersebut dan apa saja yang disertakan oleh produk tersebut sehingga kamu tidak merasa menyesal setelah membelinya.

Semua informasi produk dapat kita dapatkan di internet, misalnya kamu ingin membeli sebuah booth portable, kamu tingga mencarinya di kolom mesin pencari google dengan kata kunci jual booth portable. Kemudian akan muncul semua informasi tentang booth portable, mulai dari harga hingga contoh produk real-nya.

Atau misal kamu ingin mencari informasi tentang bahan pembuat plastik, maka kamu tinggal mengetik keyword biji plastik berkualitas di kolom pencarian google. Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mencari semua informasi yang kamu butuhkan, termasuk barang-barang yang ingin kamu beli.

4. Gunakan Jasa Rekber/Pihak Ketiga

tips belanja online

JktLife

Rekber adalah salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual yang melibatkan pihak ketiga. Sehingga dengan adanya rekber kamu bisa meminimalisir tindak penipuan. Uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber terlebih dahulu hingga kedua belah pihak yang melakukan transaksi sudak clear.

Jika penjual dan pembeli menggunakan rekber, maka pembeli akan mentransfer uangnya kepada pengelola rekber, kemudian penjual akan mengirim barang kepada pembeli, ketika barang tersebut sampai ke tangan pembeli dan tidak ada masalah, maka uang akan ditransfer dari pengelola rekber kepada si penjual.

Namun ketika terjadi masalah, semisal barang tidak sampai pada pembeli, maka uang akan ditansfer kembali pada pembeli. Tapi ada biaya yang harus dikeluarkan untuk jasa rekber ini, besarnya tarif tergantung dari jenis rekening
bersama yang digunakan. Tujuan dari adanya rekber ini adalah untuk meminimalisir praktek penipuan di internet.

5. Simpanlah Bukti Pembayaran

tips belanja online

InzanamiCom

Setelah melakukan transfer uang, sebaiknya simpalan bukti pembayaran tersebut beserta email dan SMS jika ada. Sehingga bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka kamu bisa menunjukan bukti tersebut. Biasanya pembeli akan mendapatkan konfirmasi mengenai informasi detail tentang transaksi yang dilakukan, mulai dari harga hingga garansi jika ada. Simpanlah bukti tersebut hingga barang yang kamu beli sampai di tangan. Kamu juga dapat meminta pertanggung jawaban jika barang yang kamu terima tidak sesuai dengan pesanan.

Transaksi jual beli online sebenarnya sangat mudah, praktis dan menyenangkan. Jika barang yang diterima sesuai dengan keinginan (tidak ada praktek penipuan), maka kita akan mendapatkan kepuasan yang lebih daripada membeli langsung di toko-toko biasa. Di toko online juga terdapat persaingan harga, jangan lupa untuk selalu membanding-bandingkan harga antar toko untuk mendapat penawaran harga terbaik.

3 Comments

  1. Takatik 15 Oktober 2015
    • adhimaspamuji 15 Oktober 2015
  2. arek dolan 26 Juli 2016

Leave a Reply