10 Provinsi di Indonesia dengan Populasi Jomblo Terbesar

Jomblo berasal dari kata jomlo yang dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti perempuan tua. Ada juga yang mengatakan bahwa kata ‘Jomblo’ berasal dari bahasa Sunda, yang artinya keadaan sudah tua tapi tetap melajang. BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat ada 885.208 orang di Indonesia yang kesulitan mencari jodoh dan bahkan mereka terancam menjadi jomblo seumur hidup.

Kamu sudah ingin menikah tapi belum menemukan jodoh? Kabar baik untuk jomblo di seluruh Indonesia! Kamu bisa melihat di manakah populasi jomblo terbesar di negara ini melalui infografis berikut. coba perhatikan di mana tempat tinggalmu berada. Di Indonesia 1 orang jomblo wanita diperebutkan oleh 2-3 jomblo pria. Responden laki-laki dan perempuan tersebar dalam kelompok usia 18-29 tahun dan sudah memiliki pekerjaan tetap.

Cowok Jomblo

jomblo

Sumber gambar; BuatkamunihCom

Laki-laki jomblo cenderung rentan terkena penyakit stroke dan berisiko meninggal lebih cepat karena meneurut ahli psikologi orang yang memiliki pasangan lebih terdorong untuk menjaga kesehatan dibanding mereka yang jomblo. 90 persen laki-laki indonesia yang aktif di social media adalah para lajang (jomblo)

Orang yang sering begadang kebanyakan lebih sulit mendapatkan pasangan alias tetap menjomblo. Kalimat “Kamu terlalu baik buat Aku” adalah salah satu kalimat yang dibenci para laki-laki jomblo.Terlalu lama menjomblo dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, susah tidur dan juga gangguan daya ingat sedangkan memiliki pasangan dapat meningkatkan sistem imun sebanyak 60 persen.

Badan Pusat Statistik mencatat provinsi di Indonesia yang kesulitan mencari jodoh untuk laki-laki. Sumatera Utara 8.0 persen, Jawa Timur 7,8 persen, Jawa tengah 7.0 persen, Jawa Barat 6,6 persen, Aceh 5,1 persen, Sulawesi Selatan 4,6 persen, Nusa Tenggara Timur 3,9 persen, Sumatera Selatan 3,8 persen, Lampung 3,6 persen, Sumatera Barat 3,5 persen.

Cewek Jomblo

saudade

Sumber gambar; CapitalCl

Di negara China wanita di atas 27 tahun yang belum menikah disebut ‘sheng-nu’ yang berarti perempuan sisa. 90 persen wanita muda di China menyatakan menjomblo lebih menarik dibandingkan berada dalam hubungan pernikahan. Sehingga setiap tanggal 11 November diperingati sebagai hari guanggun jie atau singles day yaitu hari para jomblo dan dianggap sebagai pre-valentines day.

Ahli kesehatan menyatakan bahwa keluhan insomnia lebih banyak terjadi pada wanita yang masih berstatus lajang. Ini disebabkan karena 2 dari 5 wanita indonesia mengidap Anuptaphobia, yaitu rasa takut kesendirian atau biasa disebut Jomblo. Namun seseorang yang memiliki pasangan dan tidak bahagia justru memiliki tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan seorang jomblo yang kesepian. Hanya 6 persen jomblo yang menyatakan hidupnya tidak bahagia.

Badan Pusat Statistik mencatat provinsi di Indonesia yang kesulitan mencari jodoh untuk perempuan. Sumatera Utara 9,6 persen, Jawa Tengah 8,6 persen, Jawa Barat 8,2 persen, Jawa Timur 7,5 persen, DKI Jakarta 5,3 persen, Nusa Tenggara Timur 4,2 persen, Sulawesi Selatan 5,1 persen, Aceh 3,8 persen, Banten 3,6 persen, Sumatera Barat 3,3 persen

Jomblo dengan Pendidikan setara diploma atau sarjana

sarjana

Sumber gambar; MerdekaCom

Rata-rata ada 8 persen jomblo pria dan 23 persen jomblo wanita memiliki tingkat pendidikannya setara diploma atau sarjana. Seseorang yang menikmati menjadi jomblo dan tidak mau berpacaran dengan sembarang orang disebut quirkyalone. Biasanya quirkyalone lebih memilih untuk menyelesaikan studinya dibangding sibuk mencari pasangan.

Jombli Berpenghasilan di atas Rp 6 juta/bulan

penghasilan

Sumber gambar; SelasarCom

Rata-rata ada sekitar 8,9 persen jomblo pria dan 6,5 persen jomblo wanita yang sudah memiliki penghasilan di atas Rp 6 juta per bulan. Hal ini disebabkan karena para jomblo cenderung lebih produktif untuk mencari pekerjaan dibanding mereka yang telah menikah.

Jomblo yang Memiliki aset pribadi (rumah dan mobil)

rumah dan mobil

Sumber gambar; NyubiCom

Rata-rata sekitar 0,8 persen jomblo pria dan 0,9 persen jomblo wanita yang sudah memiliki aset pribadi yaitu rumah dan mobil. Yaitu mereka para jomblo yang sukses pada studi dan pekerjaan mereka karena lebih fokus tanpa terbebani hubungan percintaan.

 

Konten terkait:

Berhenti Menyesali Dia yang Memilih Pergi

Kumpulan Kata-kata Gombal Terbaru 2015

Artikel tentang penulis:

First Post

Leave a Reply