Siapa yang Lebih Berhak Menerima Sedekah?

Keluarga Lebih Berhak Menerima Sedekah

Salah seorang dari sahabat Rasullullah SAW bernama tolhaq mempunyai sebuah kebun yang di dalamnya terdapat sumber air yang letanknya berhadapan dengan kiblat masjid Nabi SAW. Persisnya sekarang di mana? Wallahu a’lam karena sudah banyak perbaikan disana.

Dan kebiasaan Rasulullah SAW adalah singgah di kebun tersebut dan meminum air dari kebun itu. Airnya dikatakan jernih dan memiliki rasa yang sedap, selanjutnya kebiasaan Nabi SAW setelah minum air kebun tersebut adalah berteduh di bawah pohonnya.

Kemudian Talhaq datang kepada Rasulullah SAW dan mengatakan “Ya Rasulullah saya adalah orang yang paling kaya di antara orang-orang Anshar dan harta milik saya yang sangat saya cintai adalah kebun ini. Ini adalah harta yang sangat saya cintai dibandingkan dengan harta-harta saya yang lain. Maka saya sedekahkan itu semua di jalan Allah SWT untuk merespon seruan Allah SWT dan saya serahkan kepada Tuan untuk Tuan tentukan harta ini dibagi kepada siapa.

Dia tidak hanya berbagi sedekah saja tapi dia bersedekah dengan harta yang paling dia sukai. Maka Nabi SAW bersabda “Saya mendengar apa yang kamu katakan kepada saya dan saya menentukan bawasannya harta kamu itu hendaklah dibagikan kepada ahli keluarga kamu”.

Dikembalikan bukan kepada orang yang bersedekah melainkan kepada ahli keluarganya, kenapa? Karena kaum kerabat lebih utama untuk didahulukan, walaupun itu disedekahkan di jalan Allah SWT tapi Nabi SAW mengembalikan kepada ahli keluarganya supaya ahli keluarga tidak merasa cemburu dengan apa yang dimiliki oleh keluarganya yang lain daripada kelebihan yang Allah SWT bagi kepadanya.

Manusia mempunyai sifat cemburu, punya sifat hasad, orang akan mengatakan orang lain dibagi ahli keluarganya tidak dibagi. Bukankan banyak komentar seperti ini dari ahli keluarga yang tidak mendapat bagian dari keluarganya yang berkemampuan? Maka Nabi SAW mengembalikan supaya yang mengambil manfaat itu adalah ahli keluarganya dan juga dan untuk mengeratkan hubungan di antara ahli keluarga.

 

Konten terkait:

Balasan Bagi Orang yang Bersedekah dengan Ikhlas

Jangan Bersedekah dengan Barang yang Kurang Baik

Bersedekahlah Dengan Harta Yang Kamu Cintai

Amalan untuk Orang Miskin yang Pahalanya Sama dengan Bersedekah

No Responses

  1. Pingback: Hikmah sedekah 30 September 2015

Leave a Reply