Rumah Minimalis Hijau di Daerah Perkotaan

Urban House – Untuk membangun sebuah hunian di daerah perkotaan memang membutuhkan rencana yang matang. Selain harga lahan yang sangat mahal, lahan di daerah perkotaan juga terbatas sebab banyaknya gedung-gedung bertingkat dan tempat tinggal penduduk.

Hunian yang berada di daerah Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara ini memaksimalkan lahan yang dimiliki dengan desain arsitektur yang alami namun tetap modern.

Bagian Depan atau Fasad Rumah

rumah minimalis

Lokasi : Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara

Bagian depan atau fasad rumah terdapat carport yang atapnya dibuat skylight sehingga area di bawahnya tidak menjadi gelap. Sedangkan untuk lantai carport menggunakan conblock yang bentuknya menyerupai batu-batu alam. Aksen seperti ini menjadikan carport menjadi lebih natural dan tidak kaku.

Carport

carport

carport

concrete blocks atau conblock

concrete blocks atau conblock

Penggunaan concrete blocks atau conblock pada lantai carport lebih menguntungkan dari pada lantai masif yakni keramik dan sejenisnya. Hal tersebut karena lantai yang menggunakan material conblock bisa menyerap air sehingga tidak perlu membuat saluran air pada carport anda.

Entrance Rumah

rumah minimalis

area tangga menuju pintu masuk utama

rumah minimalis

kayu solid berbentuk layer-layer

Bangunan ini menghadirkan batu andesit pada area entrance rumah. Material batu andesit yang memiliki tekstur khas serta sangat keras banyak digunakan pada cartport atau dinding fasad rumah. Sedangkan untuk segi pengamanan kayu solid berbentuk layer-layer digunakan pada area tangga menuju pintu masuk utama.

Meskipun memberi batas antara area tangga dengan area luar namun dengan menggunakan teknik layer seperti ini akan tetap memberikan suasana privasi yang terbuka dan alami.

Rumah ini didesain agar terasa natural sehingga sang pemilik rumah berusaha menghadirkan sebanyak mungkin tanaman terlepas dari lahan yang terbatas. Jadi suasana hijau tetap bisa dirasakan cukup banyak di rumah ini. Elemen yang dimasukkan memang banyak dari tanaman dan juga unsur kayu. Dan untuk lantainya menggunakan granit karena motif batu yang sangat kuat untuk membuat kesan natural pada rumah ini.

Lantai Satu

Area Foyer

foyer area

foyer area

Memasuki area dalam terdapat foyer yang menghubungkan entrance dengan ruang tamu. Ciri khas rumah tinggal pada masyarakat perkotaan adalah bangunan yang tidak terlalu memiliki lahan yang luas. Oleh karenanya ruang tamu didesain sesimpel mungkin dengan partisi sebagai pembatas dengan ruang lain.

Kamar Mandi Tamu

kamar mandi tamu

kamar mandi tamu

Di dekat area ruang terdapat kamar mandi yang yang terlihat simpel dan modern dan difungsikan untuk tamu.

Living Room

living room

living room

Sedangkan area living room digunakan untuk menerima tamu yang hubungannya lebih dekat dan juga dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul bersama para sahabat dan saudara yang sedang berkunjung. Living room dibuat nyaman dan hangat dengan nuansa berwarna cokelat dan krem.

rumah minimalis

ruang sengaja dibuat terbuka tanpa adanya pembatas

Untuk menjadikan ruangan agar tidak terlihat sempit maka ruang sengaja dibuat terbuka tanpa adanya pembatas dengan ruang makan dapur bersih atau pantry. Sedangkan desain pantry menggunakan warna yang senada dengan meja makan dan juga living room.

Pantry

dapur bersih

dapur bersih

Compact Hidden Idea – Teknik compact atau ringkas dapat memberikan aksen luas pada ruangan.

water wall

water wall

Pada spot lain terdapat water wall yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara dan pencahayaan pada ruangan. Area water wall ini dibatasi menggunakan pintu kaca yang dapat dibuka lebar sehingga memberikan efek luas pada ruangan.

tangga

tangga

Sedangkan untuk akses antar lantai tangga utama didesain menggunakan material dari kayu solid yang dibuat melayang. Dan untuk menunjang keamanan maka reling dibuat secara vertikal. Aksen reling seperti ini dengan anak tangga yang berbentuk trapesium menciptakan area void yang terbuka namun dengan tingkat keamanan yang baik.

Area Lantai Dua

ruang kerja

ruang kerja

kamar anak

kamar anak

kamar utama

kamar utama

Pada area lantai dua difungsikan sebagai ruang kerja, kamar anak serta kamar utama. Lantai di ruangan ini menggunakan material parket sehingga menghadirkan suasana yang alami.

Sedangkan untuk pengaturan cahaya dibuat skylights yang memberikan cahaya dari langit-langit hingga ke lantai satu.

Tips : Bagaimana merawat lantai parket?

  • Beberapa cara dapat kamu lakukan untuk merawat lantai parket. Diantaranya gunakan lap pel yang mengandung sedikit air dalam membersihkan lantai dari debu dan kotoran.
rumah minimalis

bersihkan menggunakan lap pel dengan sedikit air

  • Selanjutnya untuk menghindari goresan, anda dapat menggunakan karpet atau bantalan pada kaki-kaki kursi atau furniture anda.
gunakan bantalan pada furniture

gunakan bantalan pada furniture

  • Dan yang terakhir, jika ingin mengembalikan warna parket yang alami maka anda dapat menggunakan pernis pada lantai. Dengan demikian lantai parket anda akan bersih dan selalu terjaga keindahannya.
gunakan pernis lantai

gunakan pernis lantai

Di kamar anak laki-laki dan perempuan terdapat taman mini dan balkon yang terintegrasi dengan area wather wall. Hal ini memberikan pengaturan cahaya dan sirkulasi udara yang baik pada rumah urban atau perkotaan.

kamar anak

kamar anak

kamar anak

kamar anak

***

Penggunaan material alam pada rumah urban di daerah perkotaan memang dapat menghadirkan suasana yang natural. Anda dapat juga memberi sedikit unsur alam pada aksesoris interior anda. Lets check this out!

Baca juga :

Leave a Reply