Indonesia

Rumah Adat Jambi (Rumah Panggung Kajang Leko)

Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pesisir pulau Sumatera. Jambi merupakan kota yang memiliki kebudayaan melayu, hal ini terlihat dari bangunan-bangunan yang berdiri di kota Jambi, salah satunya adalah rumah adat Jambi (kajang leko).

Rumah kajang leko merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi Jambi. Rumah kajang leko adalah salah satu rumah panggung di Indonesia yang terbuat dari kayu. Berbeda dengan rumah adat Papua, rumah kajang leko memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran yang beragam. Keunikan rumah panggung ini terletak pada konstruksi bangunan yang memiliki seni ukiran.

Rumah panggung kajang leko memiliki konstruksi bubungan atap rumah melengkung ke atas menyerupai perahu yang terbuat dari anyaman ijuk. Bubungan ini dinamakan jerambah atau ada juga yang menyebutnya dengan lipat kajang. Bagian dinding rumah kajang leko terbuat dari kayu dengan hiasan ukiran yang cantik.

Rumah kajang leko terbagi menjadi 8 ruangan

(plus.google.com)

(plus.google.com)

  • Ruangan pertama adalah jogan, ruangan ini berfungsi sebagai tempat istirahat untuk anggota keluarga, selain itu jogan juga digunakan sebagai tempat menyimpan air.
  • Ruangan kedua bernama serambi depan yang difungsikan untuk menerima tamu, namun hanya tamu laki-laki yang ditempatkan di ruangan ini.
  • Ruangan ketiga bernama serambi dalam, ruangan ini digunakan sebagai tempat tidur untuk anak laki-laki.
  • Ruang keempat bernama amben melintang, ruangan ini dikhususkan sebagai kamar pengantin.
  • Ruang kelima bernama serambi belakang, ruangan ini adalah kamar tidur bagi anak-anak perempuan yang belum menikah.
  • Ruang keenam bernama laren, ruangan ini digunakan untuk menerima tamu perempuan, atau kebalikan dari serambi depan.
  • Ruang ketujuh bernama garang, ruangan ini digunakan untuk mengolah makanan dan juga sebagai tempat menyimpan bahan makanan.
  • Ruang kedelapan sekaligus ruangan terakhir adalah dapur yang digunakan untuk memasak hidangan makanan khas Jambi.

Rumah panggung kajang leko(rumah adat Jambi) merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang memiliki cita rasa seni dan budaya yang tinggi masyarakat Jambi. Kita sebagai putra-putri bangsa sudah seharusnya mengetahui dan ikut melestarikannya.

You Might Also Like

One comment

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>