Rumah Adat di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan dengan jumlah total mencapai 17.508 pulau dan hanya 5.707 pulau saja yang sudah memiliki nama. Dengan jumlah pulau sebanyak itu, Indonesia memiliki beragam kelompok etnik atau suku yang memiliki kebudayaan masing-masing. Salah satu keragaman kebudayaan di Indonesia adalah rumah adat yang ada di seluruh nusantara ini.

Mungkin di zaman sekarang sudah langka dan jarang ditemui rumah-rumah adat daerah Indonesia ini. Karena kebanyakan dari penduduknya sudah membuat rumah modern seperti tipe rumah minimalis dan mulai meninggalkan tipe rumah adat daerah.

Namun di sebagian daerah tetap ada yang memilih tinggal dirumah adat dengan alasan untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia. Rumah adat dari 34 provinsi di nusantara ini adalah salah satu bukti kekayaan negara kita Indonesia.

Rumah Adat di Indonesia Mulai Dari Pulau Sumatra

1. Rumah Adat Krong Bade Provinsi Nanggro Aceh Darussalam

Rumah Adat Provinsi Nanggro Aceh Darussalam

Rumah adat Aceh (hardi91.wordpress.com)

Rumah adat provinsi Aceh atau Rumoh Aceh Krong Bade adalah tipe rumah panggung dengan 3 bagian utama, yaitu serambi depan, serambi tengah dan serambi belakang dengan 1 bagian ruang tambahan yaitu dapur.

2. Rumah Adat Bolon Provinsi Sumatera Utara

Rumah Adat Provinsi Sumatera Utara

Rumah adat Sumut (indosculture.com)

Rumah Bolon berbentuk persegi empat dengan model seperti rumah panggung dengan ditopang oleh tiang-tiang penyangga yang memiliki tinggi sekitar 1,5 dari tanah, dengan anak tangga di bagian depan rumah.

Di bagian dalam rumah terdapat sebuah ruang kosong yang besar dan tanpa kamar. Rumah Bolon memiliki atap yang berbentuk seperti pelana kuda yang melengkung pada bagian depan dan belakang.

3. Rumah Adat Gadang Provinsi Sumatera Barat

Rumah Adat Provinsi Sumatera Barat

Rumah adat Sumbar (tasik-cyber.blogspot.com)

Rumah Gadang adalah rumah adat Minangkabau yang berada di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Rumah Gadang juga memiliki beberapa nama lain seperti Rumah Gadong, Rumah Bagonjong dan Rumah Baanjuang.

4. Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar Provinsi Riau

Rumah Adat Provinsi Riau

Rumah adat Riau (disbud.kepriprov.go.id)

Selaso Jatuh Kembar adalah rumah panggung bentuk bangunan persegi panjang yang berdiri diatas tiang penyangga. Dari bagian-bagian rumah seperti tangga, pintu dan dinding memiliki ukiran melayu seperti selembayung, lebah bergayut dan pucuk rebung. Rumah Selaso Jatuh Kembar memiliki makna dua selaso (lantai) yang lebih rendah dari ruang tengah.

5. Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar Provinsi Kepulauan Riau

Rumah Adat Provinsi Kepulauan Riau

Rumah adat kepulauan Riau (irfanhz.tk)

Rumah Selaso Jatuh Kembar memiliki makna dua selaso (lantai) yang lebih rendah dari ruang tengah.

6. Rumah Adat Panggung / Kajang Leko Provinsi Jambi

Rumah Adat Provinsi Jambi

Rumah adat Jambi (gambarrumahh.com)

Rumah Panggung atau Kajang Leko adalah rumah adat dari daerah Jambi, terbuat dari kayu dan terdapat 8 ruangan yang memiliki fungsi masing-masing.

7. Rumah Adat Limas Provinsi Sumatera Selatan

Rumah Adat Provinsi Sumatera Selatan

Rumah adat Sumsel (perbakinsumsel.org)

Rumah limas luasnya mencapai 400 sampai 1000 meter persegi dengan atapnya yang berbentuk limas. Dibangun di atas tiang-tiang dari kayu ulin yang kuat dan memiliki bengkilas atau lantai yang bertingkat-tingkat.

8. Rumah Adat Rakit dan Limas Provinsi Bangka Belitung

Rumah Adat Provinsi Bangka Belitung

Rumah adat Bangka Belitung (pemandangan.fotoindonesia.com)

Rumah adat Rakit dan Limas provinsi Bangka Belitung adalah rumah panggung yang berarsitektur melayu, dengan atapnya yang berbentuk seperti limas. Didirikan di atas 9 buah tiang, dengan tiang utama didirikan pertama kali dan berada di tengah.

9. Rumah Adat Bumbung Lima Provinsi Bengkulu

Rumah Adat Provinsi Bengkulu

Rumah adat Bengkulu (tasik-cyber.blogspot.com)

Rumah adat Bumbung Lima merupakan rumah panggung yang ditopang oleh beberapa tiang penopang. Terbagi atas tiga bagian yaitu atas, tengah dan bawah. Sengaja dibangun tinggi untuk melindungi penghuni rumah dari binatang buas dan bencana alam seperti banjir dan gempa.

10. Rumah Adat Nowou Sesat Provinsi Lampung

Rumah Adat Provinsi Lampung

Rumah adat Lampung (nyaklampung.blogspot.com)

Rumah adat Nowou Sesat Lampung adalah sejenis rumah panggung yang dibangun untuk melindungi penghuni rumah dari binatang buas dan bencana alam seperti banjir dan gempa.

Rumah Adat Indonesia di Pulau Jawa

1. Rumah Adat Kebaya Provinsi DKI Jakarta

Rumah Adat Provinsi DKI Jakarta

Rumah adat DKI Jakarta (anakpintar.web.id)

Disebut rumah kebaya karena bentuk atapnya mirip seperti pelana yang dilipat, jika diperhatikan lipatan-lipatan tersebut menyerupai kebaya. Ciri khas rumah betawi adalah memiliki teras atau halaman rumah yang luas.

2. Rumah Adat Sunda

Jolopong rumah adat Sunda (karungkuring.blogspot.com)

Jolopong rumah adat Sunda (karungkuring.blogspot.com)

Rumah adat Sunda merupakan rumah adat suku Sunda yang berada di kota-kota di Jawa Barat seperti Bandung dan Garut. Ada beberapa macam jenis rumah adat Sunda, antara lain; julang ngapak, parahu kumurep, suhunan jolopong, tagong anjing, badak heuay dan capit gunting.

2. Rumah Adat Kasepuhan Cirebon Provinsi Jawa Barat

Rumah Adat Provinsi Jawa Barat

Rumah adat Jabar (anakpintar.web.id)

Rumah adat Kasepuhan atau Keraton Kasepuhan, didirikan sekitar tahun 1529 oleh putra Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjajaran yaitu Pangeran Cakrabuana.

3. Rumah Adat Baduy Provinsi Banten

Rumah Adat Provinsi Banten

Rumah adat Banten (pegipegi.com)

Rumah suku Baduy adalah rumah panggung yang hampir semua bagian rumahnya terbuat dari bambu. Atapnya terbuat dari daun sulah nyanda dan biliknya terbuat dari anyaman bambu.

4. Rumah Adat Joglo Provinsi Jawa Tengah

Rumah Adat Provinsi Jawa Tengah

Rumah adat Jateng (kontemporer2013.blogspot.com)

Joglo adalah rumah adat masyarakat jawa, mempunyai ruangan luas tanpa sekat-sekat. Terdapat 6 bagian ruangan dari rumah joglo yaitu pendapa, pringgitan, dalem, sentong, gandok kanan dan gandok kiri.

5. Rumah Adat Joglo Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta

Rumah Adat Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta

Rumah adat Yogyakarta (privatevillasandhouses.com)

Rumah Joglo Yogyakarta pada umumnya hapir sama dengan rumah joglo di Jawa, mempunyai ruangan luas tanpa sekat-sekat. Terdapat 6 bagian ruangan dari rumah joglo yaitu pendapa, pringgitan, dalem, sentong, gandok kanan dan gandok kiri. Yang membedakan hanya tata letak dan dekorasinya saja.

6. Rumah Adat Joglo Situbondo Provinsi Jawa Timur

rumah adat jawa timur

ideaonline.co.id

Rumah adat Joglo Situbondo adalah rumah adat di Jawa Timur yang masih banyak ditemui di Kabupaten Ponorogo. Memiliki dua ruangan yaitu ruangan depan atau pendopo dan ruangan utama.

7. Rumah Adat Tanean Lanjhang Madura

Rumah Adat Madura

Rumah adat Madura (sumeneptravel.wordpress.com)

Rumah Tanean Lanjhang adalah rumah adat Madura yang terdiri dari beberapa rumah dan dihuni oleh beberapa keluarga yang mengikatnya. Arsitekturnya hampir sama dengan rumah Joglo Jawa Timur.

Rumah Adat Indonesia di Pulau Bali

1. Rumah Adat Gapura Candi Bentar Provinsi Bali

Rumah Adat Provinsi Bali

Rumah adat Bali (dekorasirumah.org)

Rumah adat Gapura Candi Bentar memiliki bangunan gapura yang menjadi gerbang masuk pada rumah-rumah di Bali. Gapura tersebut memiliki bentuk yang serupa sebagai pembatas sisi kanan dan sisi kiri pintu masuk. Rumah adat bali umumnya memiliki ukiran-ukiran pada dindingnya yang terbuat dari dua bahan alam yaitu batu dan kayu. Bisa dibilang rumah adat Bali adalah rumah di Indonesia yang memiliki nilai seni yang paling tinggi.

Rumah Adat Indonesia di Pulau Nusa Tenggara

1. Rumah Adat Dalam Loka Samawa Provinsi Nusa Tenggara Barat

Rumah Adat Provinsi Nusa Tenggara Barat

Rumah adat NTB (indrakamsyil.blogspot.com)

Dalam Loka adalah rumah adat Nusa Tenggara Barat yang memiliki arti tempat atau hunian para raja.

2. Rumah Adat Musalaki Provinsi Nusa Tenggara Timur

Rumah Adat Provinsi Nusa Tenggara Timur

Rumah adat NTT (itchcreature.com)

Rumah Musalaki adalah rumah adat berbentuk panggung yang atapnya terbuat dari jerami. Rumah ini adalah tempat tinggal tokoh pembesar masyarakat di daerah Nusa Tenggara Timur.

3. Rumah Adat Mbaru Niang Flores

wordpress.com

Rumah Adat Mbaru Niang di Flores NTT (wordpress.com)

Rumah adat Mbaru Niang di Flores merupakan rumah adat satu suku Manggarai yang ada di desa Wae Rebo Flores NTT. Rumah adat flores ini mempunyai bentuk seperti topi kerucut dan sangat lanka karena hanya berjumlah 9 rumah saja di desa Wae Rebo Flores Nusa Tenggara Timur.

Rumah Adat Indonesia di Pulau Kalimantan

1. Rumah Adat Baloy Provinsi Kalimantan Utara

Rumah Adat Provinsi Kalimantan Utara

Rumah adat Kalimantan Utara (folksofdayak.wordpress.com)

Rumah Baloy adalah rumah adat yang dibangun oleh masyarakat suku Tidung Kalimantan Utara. Rumah adat ini adalah pengembangan dari bangunan rumah adat Lamin dari suku dayak, namun bentuk rumah Baloy lebih modern dan tidak sebesar rumah Lamin.

2. Rumah Adat Istana Kesultanan Pontianak Provinsi Kalimantan Barat

Rumah adat Kalimantan Barat

Rumah adat Kalbar (tritamarentcar.com)

Rumah adat di provinsi Kalimantan Barat ini bisa ditempati oleh puluhan keluarga karena bangunannya panjang dan besar. Rumah ini hanya memiliki satu tangga namun ditopang oleh berpuluh-puluh batang tiang kayu berlian.

3. Rumah Adat Betang Provinsi Kalimantan Tengah

Rumah Adat Provinsi Kalimantan Tengah

Rumah adat Kalteng (nataliasrilestari.blogspot.com)

Rumah Betan dalah rumah panggung yang memanjang, dibangun searah dengan matahari terbit dan terbenam, sebagai simbol kerja keras mulai dari matahari terbit sampai matahari tenggelam.

4. Rumah Adat Banjar Bubungan Tinggi Provinsi Kalimantan Selatan

Rumah Adat Provinsi Kalimantan Selatan

Rumah adat Kalsel (purnamatravel.wordpress.com)

Rumah Bumbungan Tinggi adalah rumah adat suku banjar sekaligus maskot rumah adat khas Kalimantan Selatan.

5. Rumah Adat Lamin Provinsi Kalimantan Timur

Rumah Adat Provinsi Kalimantan Timur

Rumah adat Kaltim (rumahsahabat.ga)

Rumah lamin milik suku dayak di Kalimantan Timur memiliki panjang hingga ratusan meter dan terdiri dari 50 kamar atau lilik yang dihuni oleh 50 keluarga.

Rumah Adat Indonesia di Pulau Sulawesi

1. Rumah Adat Pewaris Provinsi Sulawesi Utara

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Utara

Rumah adat Sulawesi Utara (rumahpanggungsulut.blogspot.com)

Rumah adat Pewaris adalah rumah yang dibangun oleh suku minahasa, merupakan rumah panggung yang tingginya 3 meter dari permukaan tanah. Rumah adat ini menjadi khas karena memiliki dua anak tangga dibagian depan kanan dan kiri.

2. Rumah Adat Tongkonan Provinsi Sulawesi Barat

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Barat

Rumah adat Subar (en.wikipedia.org)

Rumah adat Tongkonan adalah rumah adat suku Toraja, terdiri dari susunan bambu dan memiliki atap melengkung seperti perahu dengan deretan tanduk kerbau di bagian depan rumah.

3. Rumah Adat Tambi Provinsi Sulawesi Tengah

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Tengah

Rumah adat Sulteng (protomalayans.blogspot.com)

Tanbi merupakan rumah adat penduduk Sulawesi Tengah, berbentuk persegi dengan ukuran rata-rata 36 meter persegi dan atapnya terbuat dari rumbia atau ijuk yang juga berfungsi sebagai dinding rumah.

4. Rumah Adat Istana Buton/Malige Provinsi Sulawesi Tenggara

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Tenggara

Rumah adat Sulawesi Tenggara (gpswisataindonesia.blogspot.com)

Rumah adat Buton di Sulawesi Tenggara sama sekali tidak menggunakan paku pada bangunannya, terdiri dari 4 lantai dan memiliki ketahanan terhadap gempa.

5. Rumah Adat Tongkonan Provinsi Sulawesi Selatan

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan

Rumah adat Sulsel (ivivu.com)

Rumah adat Tongkonan adalah rumah adat suku Toraja, yang terdiri dari susunan bambu dan memiliki atap melengkung seperti perahu dengan deretan tanduk kerbau di bagian depan rumah.

6. Rumah Adat Dulohupa Provinsi Gorontalo

Rumah Adat Provinsi Gorontalo

Rumah adat Gorontalo (triptrus.com)

Rumah adat Dulohupa provinsi Gorontalo hampir mirip dengan rumah Pewaris di Sulawesi Utara, merupakan rumah panggung dengan dua anak tangga di bagian depannya.

Rumah Adat Indonesia di Pulau Maluku

1. Rumah Adat Baileo Provinsi Maluku

Rumah Adat Provinsi Maluku

Rumah adat Maluku (rumahcangkir.ga)

Baileo merupakan rumah adat provinsi Maluku dan Maluku Utara yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda suci dan upacara adat.

2. Rumah Adat Baileo Provinsi Maluku Utara

Rumah Adat Provinsi Maluku Utara

Rumah adat Maluku Utara (gpswisataindonesia.blogspot.com)

Baileo merupakan rumah adat provinsi Maluku dan Maluku Utara yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda suci dan upacara adat. Rumah adat ini memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan rumah-rumah lain di sekitarnya

Rumah Adat Indonesia di Pulau Papua

1. Rumah Adat Honai Provinsi Papua Barat

Rumah Adat Provinsi Papua Barat

Rumah adat Papua Barat (rumahadatdiindonesia.blogspot.com)

Rumah hanoi adalah rumah sederhana setinggi 2,5 meter yang terbuat dari kayu dengan bentuk atap seperti kerucut yang terbuat dari jerami.

2. Rumah Adat Honai Provinsi Papua

Rumah Adat Provinsi Papua

Rumah adat Papua (ruanasagita.blogspot.com)

Rumah hanoi adalah rumah sederhana setinggi 2,5 meter yang terbuat dari kayu dengan bentuk atap seperti kerucut yang terbuat dari jerami. Perbedaan dari rumah Hanoi Papua barat adalah bentuk atapnya yang sedikit membulat.

Setelah melihat gambar dan nama-nama rumah adat Indonesia di atas minimal anda mengetahui sedikit dari kekayaan Indonesia, meskipun tidak melihatnya secara langsung. Atau anda juga bisa menjadikannya inspirasi untuk mendesain hunian impian anda. Semoga bermanfaat!

4 Comments

  1. Pingback: Bobby 11 Juni 2016
  2. evrinasp 12 Juni 2016
    • Elly 22 Juli 2016
  3. Fahmi Anhar 12 Juni 2016
  4. rumah adat betawi 10 November 2016

Leave a Reply