Pengertian Seni Secara Global

Seni adalah suatu karya yang dibuat oleh manusia yang di dalamnya terdapat unsur-unsur estetika atau keindahan. Seni dapat dinilai dari intisari ekspresi dan kreativitas yang ada pada karya ciptaan manusia itu sendiri sehingga seni juga dapat diartikan sebagai ilmu pasti. Kompetisi seni seperti arsitektur, musik dan melukis dahulu dilombakan pada Olimpiade pada tahun 1912 hingga tahun 1948.

Seseorang yang dekat dengan seni, umumnya akan menjadi pribadi lebih peka, mudah berempati, selalu merasa ceria dan pandai dalam mengatur emosinya. Namun sebuah peneliti menunjukkan bahwa orang yang brgerak di bidang seni dan ilmu pasti lebih beresiko mengalami kelainan mental sperti skizofrenia. Penelitian tersebut mengatakan bahwa pelaku seni dan ilmu pasti lebih mudah mengalami depresi daripada orang umum yang bergerak di bidang lain.

Seni sangat berperan penting bagi kehidupan manusia, hidup tidak akan berwarna tanpa adanya seni. Untuk dapat mengetaui seni lebih lanjut kita harus mengetahui tentang pengertian seni itu sendiri. Pada dasarnya ada banyak pengertian seni yang sulit untuk dinilai dan dijelaskan secara detail, tergantung dari pemahaman seseoran dan berikut adalah pengertian seni menurut pelaku-pelaku seni yang namanya sudah dikenal di dunia seni.

Pengertian Seni

lukisan karya Vincent Van Gogh, pelukis Belanda

Starry Night (WordPressCom)

Seni merupakan sebuah ekspresi yang timbul dan memiliki unsur keindahan yang di ungkapkan lewat suatu media yang sifatnya real serta bisa dirasakan. Seni berasal dari kata “Sani” yaitu bahasa sansekerta yang memiliki arti persembahan atau pemujaan. Dalam masyarakat umum seni memiliki kaitan yang erat dengan upacara-upacaya adat atau upacara keagamaan yang biasa disebut dengan kesenian daerah.

Menurut Padma Pusphita, seni berasal dari kata “Genie” yaitu bahasa Belanda yang memiliki arti genius dalam bahasa Latin. Seni adalah kemampuan mengagumkan yang dibawa seseorang sejak lahir atau biasa disebut dengan bakat. Sedangkan dalam bahasa Inggris seni disebut dengan “Art” yang memiliki arti art visual atau seni rupa.

Pengertian seni secara luas adalah suatu hal yang diciptakan oleh manusia yang mempunyai unsur keindahan di dalamnya. Menurut ensiklopedi bahasa Indonesia seni merupakan ciptaan dari segala hal yang memiliki keindahannya sehingga orang senang untuk melihat dan mendengarkannya. Para ahli memiliki pengertian sendiri-sendiri terhadap seni, namun secar umum memiliki pengertian yang sama. Berikut pengertian seni menurut para ahli dan pelaku seni:

Seni merupakan keindahan dan seni memiliki tujuan yang positif untuk menghibur penikmat seni sehingga merasa bahagia. (Alexander Baum Garton)

Seni adalah suatu bentuk yang memiliki ungkapan dan penampilan yang tidak menyimpang dari kenyataan dan seni merupakan tiruan terhadap alam. (Aristoteles)

Seni merupakan sebuah impian, rumus-rumus tidak dapat mengupayakan kenyataan. (Immanuel Kant)

Seni adalah hasil dari keindahan sehingga dapat menyentuh perasaan seseorang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah disebut seni. (Ki Hajar Dewantara)

Seni merupakan ungkapan perasaan seseorang yang disampaikan lewat ungkapan kepada orang lain agar mereka bisa merasakan perasaan si pencipta seni. (Leo Tolstoy)

Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang. (Sudarmaji)

Seni merupakan kemampuan atau keahlian luar biasa yang dimiliki seseorang sejak lahir. (Padma Pusphita)

Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan dan juga dinilai, setiap individu pelaku seni memilih sendiri tolak ukur yang menuntunnya dalam pekerjaannya. (Irma Damayanti)

Seni bisa menjalankan komunikasi secara efektif karena seni merupakan sebuah sistem yang koheren dan bisa menunjukkan bagian-bagiannya secara universal. (Sartono Kartodirdjo)

Seni adalah sebuah proses dalam memilih media, suatu pemikiran yang mengatur untuk menggunakan media tersebut dan keseluruhan nilai-nilai itu yang menentukan disampaikannya melalui ekspresi lewat media tersebut, untuk mengungkapkan sensai, gagasan, kepercayaan, maupun perasaan dengan cara yang efektif. (Ira Adriati)

Seni adalah segala kegiatan batin yang memberikan pengalaman estetika yang dinyatakan dalam bentuk yang agung dan memberikan rasa haru dan takjub. (Suwaji Bastomi)

Seni merupakan suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide serta pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan serta imajinasi dan pandangan pada suatu benda, suasana atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga dapat menciptakan peradaban yang lebih maju. (Harry Sulastianto)

Seni adalah segala bentuk aktifitas kerohanian dan merefleksikannya ke dalam sebuah karya, dimana bentuk dan isinya dapat membangkitkan keindahan didalam jiwa penikmatnya. (Ahdian Karta Miharja)

Seni adalah sebuah proses dari dalam diri manusia yang merupakan sinonim daripada ilmu pasti. Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas ciptaan manusia. (Nuning Y. Damayanti)

Seni merupakan ungkapan emosi seseorang yang hendak disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan kesengajaan dan kesadaran yang menunjukan sisi keindahan. (Popo Iskandar)

Seni adalah sesuatu yang berhubungan erat dengan karya cipta seseorang yang menghasilkan unsur estetika di dalamnya. (Chatrin Muler)

Seni adalah hasil dari meniru alam dari berbagai sisinya yang memunculkan keindahan. (Plato dan Rousseau)

Seni merupakan ritual rohani yang direfleksikan dalam bentuk karya yang mampu membangkitkan perasaan bahagia bagi orang lain yang melihat atau mendengarnya. (Erik Ariyanto)

Seni merupakan suatu hal yang dapat dilakukan oleh seseorang dan terjadi bukan karena dorongan kebutuhan, namun karena kenikmatan yang maupun memenuhi kebutuhan spiritualnya. (Everyman Encyklopedia)

Seni adalah segala macam bentuk usaha dalam menciptakan karya-karya yang menyenangkan dan membahagiakan. (Schopenhauer)

Dari beberapa pengertian seni di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa seni adalah sebuah karya yang dibuat manusia dengan gagasan, ide dan kemauan yang ada di dalam dirinya yang memiliki nilai-nilai estetika dan untuk memenuhi kebutuhna manusia itu sendiri. Seluruh kegiatan yang menghasilkan suatu karya yang indah disebut seni.

Cabang-cabang Seni

Pertunjukan wayang kulit

Pertunjukan Wayang (YoutubeCom)

Seni dibedakan atas tiga bagian yaitu:

  1. Seni musik/audio art yaitu seni yang dapat kita nikmati melalui media pendengaran, misalnya seni musik/lagu, karya sastra, puisi dan lain sebagainya.
  2. Seni rupa/visual art yaitu seni yang bisa dinikmati melalui media penglihatan, misalnya lukisan, gambar sketsa wajah, seni tari/bela diri, seni arsitektur bangunan dan lain-lain.
  3. Kemudian seni audio visual art yaitu seni yang bisa kita nikmati melalui media pendengaran dan penglihatan, misalnya seperti film, drama teater dan pertunjukan musik.

Selain itu seni juga memiliki cabang-cabang seni seperti  seni rupa, seni tari, seni suara/vocal/musik, seni sastra dan seni teater/drama. Sedangkan dari segi bentuk terbagi atas 2 bagian yaitu 2D (dwimatra) dan 3D (trimatra).

Fungsi Seni

Lukisan Gua yang dibuat oleh manusia purba

Lukisan Gua (UniqpostCom)

Seni berfungsi sebagai media komunikasi yang digunakan oleh manusia purba prasejarah yang menggambarkan kegiatan mereka melalui media dinding-dinding goa berupa torehan-torehan dengan menggunakan warna yang menjelaskan kehidupan manusia purba waktu itu. Gambar-gambar tersebut masih terdapat pada dinding-dinding goa prasejarah hingga saat ini.

Seni juga digunakan sebagai alat komunikasi dengan alam sehingga seni berkaitan erat dengan suatu kultur atau kebudayaan masyarakat. Fungsi seni berbeda dengan seni yang berkembang di zaman modern saat ini. Di zaman sekarang seni bergeser fungsi menjadi media untuk kepuasan diri  atau mengexpresikan sesuatu hal yang bersifat komersil. Berbeda dengan fungsi utama seni yaitu sebagai alat komunikasi antar jiwa.

No Responses

  1. Pingback: Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan 29 Oktober 2015
  2. Pingback: Pengertian Seni Tari di Indonesia 30 Oktober 2015
  3. Pingback: Pengertian Seni Musik 2 November 2015

Leave a Reply