Pengertian Seni Tari

Seni tari merupakan koreografi atau gerakan tubuh yang diiringi oleh irama musik dan dilakukan pada tempat, waktu dan keperluan tertentu. Tari merupakan gerakan yang mengungkapkan perasaan, pemikiran, maksud, dan tujuan. Musik atau bunyi-bunyian yang mengiringi seni tari menjadi pengatur gerakan penari dan juga memperkuat maksud yang ingin disampaikan dari tarian tersebut. Gerakan dalam seni tari berbeda dengan gerakan yang dilakukan manusia sehari-hari seperti berjalan, berlari maupun melompat.

Seni tari digolongkan menurut jenisnya menjadi seni tari rakyat, seni tari klasik dan seni tari modern. Seni tari merupakan sebuah perpaduan dari beberapa unsur antara lain wiraga atau raga, wirama atau irama dan wirasa atau rasa. Seni tari merupakan gabungan dari ketiga unsur tersebut yang melebur membentuk sebuah koreografi gerakan yang indah dan harmonis. Dalam sebuah seni tari unsur utama yang adalah gerak. Gerak dalam tarian selalu melibatkan semua anggota badan si penari. Unsur-unsur tersebut dipadukan menjadi sebuah gerakan yang enak dipandang.

Pengertian Seni Tari Secara Umum

Difinisi atau pengertian tentang seni tari sama halnya dengan pengertian seni rupa dan terapan. Banyak para ahli kesenian tari yang membuat difinisi atau pengertian tentang seni tari itu sendiri, namun difinisi-definisi tersebut masih memiliki batasan berupa unsur subyetifitas dari siempunya difinisi dari sudut pandang di bidangnya. Seorang ahli psikologi yang mendefinisikan seni tari, tentu akan membuat difinisi seni tari menurut dasar-dasar ilmu psikologi. Begitu juga seorang ahli antropologi tentu akan mendefinisikan seni tari sesuai dengan ilmu antropologi yang dimilikinya, dan seorang ahli sejarah tentu akan mendifinisikan seni tari sesuai dengan ilmu-ilmu sejarah.

Semua difinisi di atas dapat dibenarkan benar, karena semua definisi tersebut dapat dipertanggung jawabkan oleh para ahli seni dengan menempatkan seni tari pada proporsi ilmu yang masing-masing mereka kuasai. Jika melihat perkembangan seni tari dari dulu hingga sekarang, seni tari sangat berhubungan erat dengan kehidupan manusia yang komplek. Seni tari mempunyai kaitan erat dengan agama, kesusasteraan, musik, drama, seni gerak hingga seni rupa. Unsur yang paling pokok dari seni tari adalah gerak, maka apabila sebuah difinisi tidak bisa mencakup segala hal yang terdapat pada seni tari, maka seni tari dapat ditempatkan pada prporsi sebagai cabang dari kebudayaan daerah.

Definisi Seni Tari Menurut Para Ahli

Seni tari menurut Soedarsono adalah ekspresi dari jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerakan-gerakan yang ritmis dan indah. Sedangkan menurut Susan K. Lenger, seni tari merupakan gerakan-gerakan yang diciptakan manusia, yang terbentuk secara ekspresif dan sedemikian rupa sehingga bisa dinikmati. Seni tari merupakan gerak yang ritmis menurut Curt Sacha. kemudian menurut Kamala Devi Chattopadhyaya seni tari adalah suatu desakan emosi didalam diri (instinct) yang mendorong diri untuk mengekspresikannya pada gerakan atau tarian.

Jenis Seni Tari yang Ada di Indonesia

Bila kamu memperhatikan seni tari yang ada di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, maka kamu akan melihat perbedaan jenis-jenis seni tari yang ada. Ada tiga jenis seni tari yang ada di nusantara, antara lain seni tari menurut koreografi, seni tari klasik dan seni tari kreasi baru atau moderen.

Jenis Seni Tari Menurut Koreografi

Kata koreografi merupakan istilah yang digunakan untuk penyusun seni tari. Sedangkan orang yang menyusun sebuak seni tari disebut koreografer. Contoh jenis tari menurut koreografi adalah seni tari rakyat. Seni tari rakyat merupakan seni tari yang ada dan berkembang di masyarakat luas sejak jaman dahulu hingga sekarang. Ciri-ciri dari seni tari rakyat adalah pakaian, riasan dan gerakannya sederhana, tidak terlalu mementingkan nilai-nilai keindahan dan kebanyakan memiliki kekuatan magis. Contoh seni tari rakyat adalah joget, tayub, orek-orek, lengger, kubrasiwa, angguk, ndulalak, sintren, buncis dan rodat.

1. Seni Tari Klasik

para wanita sedang berlatih seni tari klasik

Latihan Tari Klasik (JogjanewsCom)

Seni tari klasik merupakan seni tari yang mengalami kristalisasi keindahan yang tinggi dan sudah ada sejak jaman feudal. Seni tari ini biasanya terdapat di lingkungan keraton, yaitu di Yogyakarta dan Solo. Ciri khas seni tari klasik adalah mengalami kristalisasi keindahan, terdapat dikalangan raja-raja dan memiliki standarisasi. Contoh seni tari klasik adalah srimpi, lawung ageng, bedaya, lawung alit dan juga karya-karya seni tari dari Yogyakarta dan seni tari dari Surakarta seperti S. Ngaliman dan S. Mariadi yang hingga saat ini masih dapat dinikmati seperti bandayuda, bondabaya, gathotkaca gandrung, palguna-palgunadi, retna tinanding, srikandi bisma.

2. Seni Tari Kreasi Baru dan Modern

Tari Kreasi Baru Modern(FlickrCom)

Seni tari kreasi baru adalah seni tari klasik yang berkembang sesuai dengan kemajuan zaman dan diberi sentuhan Indonesia yang baru. Contoh seni tari kreasi baru adalah karya dari Bagong Kusudiarjo dan Untung dari sanggar kembang sore Yogyakarta. Contoh dari seni tari kreasi baru antara lain adalah tari kupu-upu, tari merak, tari roro ngigel, tari ongkek manis, tari manipuri dan tari roro wilis.

Sedangkan seni tari modern adalah sebuah seni tari yang mengungkapkan isi emosi manusia secara bebas sehingga penari dapat dengan bebas menunjukan ekspresi emosionalnya dan tidak terikat oleh sebuah seni tari yang berstandar. Contoh dar seni tari modern adalah break dancecaca, samba dan penari latar.

Jenis Seni Tari Menurut Fungsi

Bila dilihat dari segi fungsi, seni tari di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga bagian yaitu seni tari upacara, seni tari hiburan dan seni tari pertunjukan.

1. Seni Tari Upacara

Tari Kecak (KebudayaanindonesiaNet)

Tari Kecak (KebudayaanindonesiaNet)

Seni tari upacara adalah sebuah tari yang mempunyai kekuatan magis yang digunakan untuk mempengaruhi alam. Seni tari upacara banyak terdapat dan berkembang di masyarakat pedesaan atau pedalaman seperti Irian Jaya, Sulaweswi, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara. Contoh seni tari upacara adalah tari rejang, tari pendhet, debus dan lain sebagainya.

2. Seni Tari Hiburan

(WikipediaOrg)

Seni tari hiburan merupakan sebuah seni tari yang lebih mengutamakan dari segi hiburan, bukan dari segi keindahan gerakannya. Seni tari hiburan pada umumnya bertujuan untuk komersil. Misalnya ronggeng dan tarub dari Blora, kethuk tilu dari Jawa Barat, orek-orek dari Surakarta, joged dari Bali dan lengger dari Banyumas.

3. Seni Tari Pertunjukan

(WordPressCom)

Seni tari pertunjukan merupakan sebuah seni tari yang lebih mementingkan segi keindahan gerakannya, bukan untuk segi hiburan semata. Seni tari pertunjukan meliputi seni tari rakyat, tari upacara dan tari hiburan yang diubah koreografinya memjadi lebih mementingkan keindahan gerakan penari. Misalnya tari pendhet, tari rejang, tari orek-orek, tari gambyomg dan tari lenggeran.

 

Jenis Seni Tari Menurut Tema Atau Isinya

Apabila dilihat dari temanya atau isinya, seni tari di Indonesia dapat dibedakan menjadi empat bagian, yaitu seni tari pantomim, seni tari erotik, seni tari kepahlawanan dan dramatari.

1. Seni Tari Pantomim

(WordPressCom)

Seni tari pantomim merupakan sebuah seni tari yang menirukan suatu obyek benda selain manusia, misalnya tari tenun, tari bathik, tari nelayan, tari tani, tari kupu-kupu dan lai-lain.

2. Seni Tari Erotik

(DjarumfoundationOrg)

Seni tari erotik merupakan sebuah senivtari yang di dalamnya mengandung unsur cerita erotik atau percintaan, misalnya tari gatotkaca gandrung, tari karonsih, tari serampang dua belas, tari enggar-enggar, tari jalung mas, dan lain-lain.

3. Seni Tari Kepahlawanan

(WordPressCom)

Seni tari kepahlawanan merupakan seni tari yang di dalamnya terdapat usur-unsur kepahlawanan atau heroik, misalnya tari kuda kepang, tari seudati, tari mandau, tari soreng, tari anoman rahwana dan lain sebagainya.

4. Drama Tari

(PstkitbCom)

Dramatari merupakan sebuah seni tari yang di dalam pertunjukannya menggunakan alur cerita atau plot, tema dan dilakukan oleh satu kelompok atau lebih, misalnya drama tari Roro Mendhut pranacitra, drama tari Ranggalawe gugur, drama tari Gajah Mada, drama tari Arjuna Wiwaha, drama tari sang pambayun dan lain sebagainya.

No Responses

  1. Pingback: Pengertian Seni Secara Global 30 Oktober 2015

Leave a Reply