Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan

Pengertian seni adalah suatu bentuk karya yang dibuat dengan ide-ide, gagasan dan kemauan yang ada di dalam jiwa yang terdapat nilai-nilai keindahan di dalamnya. Sementara seni rupa merupakan cabang dari seni yang membentuk sebuah karya seni menjadi sesuatu yang bisa dilihat mata dan disentuh tangan yang memiliki nilai estetika. Karya tersebut diciptakan dengan membuat titik, garis, bidang, bentuk, ukuran, warna, tekstur, fungsi dan pencahayaan yang di dalamnya terdapat nilai estetika atau keindahan.

Jika dilihat dari segi fungsi, seni rupa dibagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Pada proses pembuatan seni rupa murni lebih mengacu pada ekspresi yang timbul di dalam jiwa, misalnya sketsa gambar wajah, seni musik atau lukisan, sementara pada proses pembuatan seni rupa terapan memiliki fungsi atau tujuan tertentu misalnya patung dan ukiran. Sementara bila dilihat dari segi bentuk dan fungsinyanya, seni rupa dibagilagi menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi (2D) dan seni rupa tiga dimensi (3D).

Seni rupa 2D hanya terdiri dari panjang, tinggi, lebar saja sedangkan seni rupa 3D memiliki panjang, lebar serta volume. Dalam Bahasa Inggris seni rupa merupakan fine art, akan tetapi sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih mengarah kepada pengertian seni rupa murni dan kemudian tergabung dengan seni desain dan seni kriya ke dalam bahasan visual arts. Seni rupa terdiri dari dua bagian yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan/kriya.

 

Seni Rupa Murni

Starry Night (WordPressCom)

Starry Night (WordPressCom)

Seni rupa murni merupakan sebuah karya seni yang diciptakan untuk dinikmati dari segi keindahannya tanpa mempertimbangkan fungsinya. Seni rupa murni memiliki nilai estetika yang tinggi dan bebas menentukan tema yang diinginkan. Seni rupa murni berfungsi sebagai hiasan dan tidak untuk digunakan sebagai alat bantu manusia sehari-hari. Contoh seni rupa murni antara lain: seni lukis, gambar sketsa wajah, lukisan, kaligrafi, seni grafis, seni patung, keramik, sni pertunjukan, musik, drama teater, pertunjukan wayang, seni koreografi dan seni fotografi. Seni rupa murni sering dipertunjukan di galeri-galeri seni dan biasa digunakan sebagai penghias ruangan.

Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan (FlickrCom)

Seni Rupa Terapan (FlickrCom)

Seni rupa terapan merupakan seni yang dibuat untuk digunakan sehari-hari untuk memudahkan pekerjaan manusia tapi tetap memiliki nilai keindahan di dalamnya. Nilai keindahan bukanlah hal yang menjadi prioritas karena seni rupa terapan dibuat dengan lebih mementingkan nilai fungsi atau kegunaan sehingga seni rupa terapan bukanlah seni yang bebas mengekspresikan keindahan. Seni rupa terapan hampir terdapat pada benda-benda yang sering kita gunakan sehari-hari, seperti pakaian, peralatan rumah, peralatan dapur, arsitektur bangunan dan lain sebagainya. Dalam membuat karya seni rupa terapan harus memperhatikan faktor, keamanan, kenyamanan, nilai kegunaan dan juga keindahan.

Seni Desain

Arsitektur (FlickrCom)

Arsitektur (FlickrCom)

Desain adalah gambar teknik arsitektur, yaitu gambar potong untuk diaplikasikan pada bangunan. Desain pada umumnya masih memiliki kaitan dengan seni dan kriya, yang mana seni merupakan suatu pola pikir untuk membentuk ekpresi murni dan cenderung fokus pada keindahan secara khusus. Sementara desain merupakan suatu pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak berfokus pada nilai estetik, tetapi juga mempertimbangkan dari aspek fungsi. Oleh sebab itu desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Desain biasa diartikan sebagai seni terapan, arsitektur atau bentuk kreatif lainnya. Kata desain bisa digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. Desain memiliki arti proses untuk membuat suatu karya dalam kata kerja. Sedangkan dalam kata benda desain digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah karya, baik itu berwujud konsep, rencana, rancangan maupun berbentuk benda. Contoh: arsitektur, desain produk, desain komunikasi visual, desain interior, desain busana dan desain grafis.

Seni Rupa Kriya

Kursi Rotan (FlickrCom)

Kursi Rotan (FlickrCom)

Seni kriya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu dari kata “krya” yang memiliki arti mengerjakan. Dari kata kriya tersebut kemudian menjadi beberapa kata yaitu karya, kriya dan kerja. Seni kriya ialah mengerjakan suatu kegiatan untuk menghasilkan sebuah benda atau karya. Seni kriya adalah semua hasil suatu pekerjaan yang menghasilkan sebuah benda seni dan memiliki fungsi tertentu. Contoh: kriya tekstil, kriya kayu, kriya bambu, kriya rotan, kriya logam, kriya kulit dan kriya keramik.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia kata kriya sendiri memiliki arti pekerjaan atau juga bisa disebut kerajinan tangan. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut craft yang memiliki arti energi atau kekuatan, atau dapat juga diartikan dengan suatu ketrampilan dalam mengerjakan atau membuat suatu benda yang memiliki nilai fungsi namun tidak melupakan nilai keindahan. Orang-orang yang berprofesi sebagai pembuat benda kesenian yang memiliki nilai fungsi disebut craftsworker atau pengrajin.

No Responses

  1. Pingback: Pengertian Seni Secara Global 30 Oktober 2015

Leave a Reply