Pengertian seni musik

Musik merupakan bunyi-bunyian yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu irama dan keharmonisan lagu. Musik berasal dari suara yang dihasilkan oleh alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Penciptaan dan persembahan musik adalah suatu bentuk seni, meskipun musik adalah sebuah bentuk fenomena intuisi. Mendengarkan musik bisa meningkatkan kemampuan dalam bahasa, kreativitas dan kebahagiaan seseorang.

Musik adalah salah satu cabang seni yang di dalamnya terdapat suara/vokal, harmoni, melodi, ritme, dan tempo. Musik biasa digunakan sebagai sarana mengekspresikan perasaan dan emosi seseorang. Musik merupakan salah satu cabang seni yang paling banyak diminati. Musik juga digunakan sebagai sarana hiburan yang sanagt populer saat ini. Musik terdiri dari alunan alat musik, namun banyak di antarannya menggunakan olah vokal.

Musik berasal dari kata music (bahasa Inggris) dan dari kata muziek (bahasa Belanda). Sedangkan dalam mitologi Yunani kuno, kata musik berasal dari nama dewa kesenian yang bernama Muse. Mendengarkan musik favorit akan membuat otak melepaskan senyawa dopamine, yaiyu senyawa yang membuat seseorang merasa bahagia. Bagi sebagian orang mendengarkan musik diyakini dapat membawa ingatan dan kenangan dari masa lalu.

Pengertian Seni Musik

Musik adalah bunyi yang dihasilkan dari pengolahan nada, suara, vokal, harmoni, melodi, ritme, tempo. Seni musik adalah sebuah karya yang terbentuk dari bunyi-bunyian yang memiliki nada dan harmoni yang indah. Para ahli berbeda pendapat tentang pengertian seni musik, mereka mendefinisikan musik berdasarkan pengalaman, pengetahuan, dan pemikiran mereka yang berbeda-beda. Dari semua definisi tentang musik yang telah mereka kemukakan, memiliki dasar yang kuat menurut bidang dan keahlian yang mereka miliki.

Dari sekian banyak pengertian tentang seni musik, ada beberapa pengertian yang bisa dijadikan acuan pengetahuan tentang seni musik yang sangat luas dan tak terbatas nilainya. Banoe berpendapat bahwa musik merupakan cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia. Dan menurut Jamalus, seni musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.

Sedangkan menurut Sylado, seni musik adalah wujud hidup dari kumpulan ilusi dan alunan suara, yaitu alunan musik dengan nada yang berjiwa akan mampu menggerakkan hati penikmatnya. Lexicographer berpendapat bahwa seni musik merupakan kombinasi nada, vocal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional. Kesimpulannya adalah seni musik merupakan sebuah karya seni yang dihasilkan dari ekspresi perasaan melalui nada atau suara yang harmonis dan indah.

Macam Seni Musik

Seorang musisi dapat mengungkapkan ekspresinya jiwanya lewat seni musik, terlebih dengan kebebasan berkarya di zaman yang serba modern ini. Sehingga terciptalah genre atau aliran di dalam seni musik itu sendiri. kemudian masing-masing aliran musik tersebut terbagi menjadi beberapa sub-genre. Hal merupakan ilmu yang dipelajari dan digunakan oleh para ahli musik dunia dalam mengkategorikan jenis musik secara subjektif. Genre musik yang populer adalah pop, rock, K-pop, hip hop, R&B dan jazz.

Fungsi Musik

Sebagai media pendidikan, musik digunakan dalam proses belajar mengajar. Musik berperan penting dalam pembentukan pola pikir yang kreatif. Musik nusantara berfungsi untuk menanamkan budi pekerti yang baik. Sedangkan sebagai media hiburan musik nusantar menempati ruang yang paling banyak, mulai dari musik daerah hingga musik modern, banyak digunakan sebagai sarana hiburan untuk melepas kepenatan karena aktivitas dan kesibukan sehari-hari.

Orang yang sering mendengarkan musik lebih pintar dan cerdas secara emosional daripada mereka yang tidak. Mendengarkan musik favorit antara jam 6 sampai jam 9 pagi dapat meningkatkan mood menjadi bagus. Sebagai media penghargaan musik dapat dinikmati karena unsur keindahan yang ada didalamnya. Namun kebanyakan musi yang mendapat apresiasi merupakan musik barat. Penyebabnya masih kurangnya apresiasi masyarakat Indonesia terhadap musik Nusantara.

Baca juga: Pengertian Seni, Pengertian Seni Rupa, Pengertian seni Tari

No Responses

  1. Pingback: Pengertian Seni Tari di Indonesia 2 November 2015
  2. Pingback: Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan 2 November 2015
  3. Pingback: Pengertian Seni Secara Global 2 November 2015

Leave a Reply