Nasi Pecel Sambel Tumpang Kuliner Khas Kediri

Di kota Kediri Jawa Timur terdapat sajian kuliner khas istimewa, menu tradisional tersebut adalah nasi pecel sambel tumpang. Sesuai namanya hidangan ini terdiri dari nasi putih kemudian ditambah pecel dari aneka sayuran dan yang paling sepesial disini adalah sambelnya yang terbuat dari tempe busuk.

Sambel tumpang merupakan kuliner khas dari kota kediri. Setiap hari di jam 9 malam para penjual nasi pecel menggelar dagangannya di sepanjang emperan pertokoan jalan Dhoho kota Kediri, mirip dengan lesehan di jalan Malioboro Yogyakarta. Berbeda dengan nasi pecel pada umumnya, nasi pecel khas kota Kediri ini menggunakan sambal tumpang sebagai pelengkapnya.

Nasi Pecel Sambel Tumpang Jalan Dhoho Kota Kediri

blogspot.com

blogspot.com

wordpress.com

wordpress.com

Bahan utama dari sambel tumpang adalah tempe busuk, atau masyarakat Kediri menyebutnya dengan tempe bosok. Tempe bosok dipercaya masyarakat Kediri dapat meningkatkan nafsu makan. Bumbu-bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih dan lain-lain menjadi penyerta sambal tumpang.

Cara penyajiannya tidak berbeda dengan pecel pada umumnya, tuang nasi dan sayuran ke dalam pincuk atau atau wadah yang terbuat dari daun pisang, kemudian siram dengan sambel tumpang, tak lupa tambahkan peyek kacang, tahu dan tempe goreng sebagai lauk pelengkapnya. Biasanya selera pembeli disini berbeda-beda, ada yang suka nasi pecel, nasi tumpang, atau nasi campur (nasi pecel dicampur sambel tumpang).

Lauk Nasi Pecel Sambel Tumpang

blogspot.com

blogspot.com

Mau lauk yang lain? Silahkan pilih, ada sate usus, sate telur puyuh dan juga sate bekicot, dijamin kamu akan ketagihan. Lesehan nasi pecel sambel tumpang tak hanya menjadi alternatif kuliner malam bagi masyarakat kota Kediri. Tak jarang pengendara yang melintasi jalan Dhoho tertarik untuk mampir dan mencoba sajian khas kota Kediri ini.

1 Porsi Nasi Pecel Sambel Tumpang Hanya Rp 6.000,-

wordpress.com

wordpress.com

blogspot.com

blogspot.com

Saat ini terdapat belasan warung lesehan nasi pecel sambel tumpang yang siap menebar sensasi rasa. Meski menjual menu yang sama masing-masing penjual memiliki pelanggan setianya sendiri. Tertarik untuk mencoba nasi pecel sambel tumpang? Satu porsi nasi pecel sambel tumpang dihargai Rp.6000,- sudah termasuk peyek, tahu dan tempenya. Selain untuk kuliner malam, masyarakat Kediri juga menjadikan nasi pecel sambel tumpang sebagai menu sarapan pagi. (Catering Kediri)

2 Comments

  1. santigi 21 Maret 2016
  2. Indian 6 Mei 2016

Leave a Reply