Khasiat Pisang dan Tomat

Khasiat Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, karena pisang mengandung sumber energi karbohidrat, vitamin A, B, C, E dan mineral seperti zat besi dan kalium. Selain itu pisang juga mengandung zat gula alami yang sehat bagi tubuh yaitu fruktosa, sukrosa dan glukosa yang berguna untuk meningkatkan energi dalam seketika. Inilah mengapa para atlit olah raga gemar memakan buah pisang. Hanya dengan memakan satu buah pisang akan memberikan tenaga yang cukup untuk latihan fisik selama 30 menit. Pisang juga dapat digunakan sebagai makanan pendamping bagi kamu yang sedang dalam latihan meninggikan badan.

Pisang juga mengandung zat Tryptophan, yaitu protein yang diubah di dalam tubuh menjadi serotonin untuk memberika rasa tenang, memperbaiki mood dan perasaan bahagia. Sehinga pisang sangat bermanfaat untuk melawan depresi. Membantu Anda menjadi lebih rileks dan merasa lebih baik. Pisang mampu menghilangkan rasa sedih karena kandungan magnesium dalam pisang menyebabkan orang lebih cepat mendapatkan mood yang baik. Pisang mengandung sejenis bahan kimia alami yang juga ditemukan dalam obat anti depresan yang bisa membuat seseorang bahagia.

Kalium pada pisang bisa mencegah pembekuan darah di otak dan pisang mengandung fosfor yang bermanfaat dalam perkembangan otak dan kemampuan berpikir. Pisang juga dapat digunakan sebagai obat tidur alami, karena magnesium dan kalium yang terdapat pada buah pisang bisa membuat otot relaks dan mudah tertidur. Sehingga bisa menjadi obat tidur untuk orang-orang yang mengalami gangguan susah tidur atau insomnia. Satu buah pisang rata-rata mengandung sekitar 500 miligram potasium, yang membantu mengontrol tekanan darah tetap stabil dan normal. Dengan rajin mengkonsumsi pisang kamu akan mendapatkan khasiat yang maksimal dari buah yang bernama latin Musa Paradisiaca ini.

 

Khasiat Tomat

Tomat secara bentuk termasuk ke dalam golongan buah-buahan, tapi secara fungsi adalah sebagai sayur. Orang Perancis menyebut tomat sebagai apel cinta sedangkan orang Jerman menyebut tomat sebagai apel surga. Karena tomat banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh manusia. Namun daun dan ranting tanaman tomat mengandung Glycoalkaloid yang bisa menyebapkan sakit perut, maka hindari memakan tomat dengan daun dan rantingnya.

Salah satu khasiat tomat adalah untuk kecantikan. Sering mengkonsumsi tomat bisa membuat pipi merah merona secara alami. Tomat mengandung lycopene yang bisa membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit terlihat cantik, kencang dan muda. Lycopene pada tomat juga berfungsi sebagai pencerah kulit alami dan bisa mencegah kulit dari kerutan dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Gosokan tomat ke wajah tunggu hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih, bisa menghilangkan bekas jerawat dan minyak yang berlebih pada kulit wajah. Tomat juga mengandung malic acid yang berguna untuk memutihkan gigi.

Tomat juga berkhasiat untuk kesehatan, dikutp dari Journal Neurology rutin makan tomat dapat menurunkan resiko terkena penyakit stroke hingga 50 persen. Makan tomat secara rutin dan berkelanjutan bisa mengurangi resiko terkena depresi. Biji tomat berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah pembekuan darah. Dahulu sebenarnya saus tomat diciptakan sebagai obat kanker.

Khasiat lain tomat:

  • Buah tomat mengandung serat yang tinggi sehingga membatu seseorang merasa kenyang lebih lama, cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.
  • Tomat juga bisa digunakan untuk menetralkan makanan yang keasinan, caranya dengan memasukkan beberapa potong tomat kedalam masakan, tomat akan menyerap rasa asin yang berlebihan pada masakan.
  • Jus tomat juga lebih baik dalam memulihkan energi setelah tubuh melakukan olahraga dibandingkan dengan minuman energi lain.

Leave a Reply