Setelah Makan Pisang Jangan Buang Kulitnya

Siapa yang tidak mengenal buah pisang? Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan buah sering dibuat jus smoothies ini. Buah pisang kaya akan gizi dan manfaatnya, banyak manfaat dari buah pisang yang mungkin sudah kalian ketahui. Yang membuat buah pisang banyak disukai dan banyak dicari untuk dikonsumsi. Namun tahukah kamu bukan hanya daging pisang saja yang memiliki banyak manfaat? Setelak makan buah pisang jangan membuang kulitnya, karena kulit pisang juga memiliki banyak kegunaan. Apa saja kegunaan dari kulit buah pisang? Berikut beberapa manfaat kulit pisang.

Mengatasi Depresi

Anti depresan

TheguardianCom

Kulit pisang dapat mengatasi depresi karena mengandung triptofan yang berfungsi untuk menaikan kadar serotonin. Serotonin adalah zat yang bertanggung jawab atas emosi dan mood seseoran, sehingga bisa memperbaiki suasana hati dengan cepat. Menurut penelitian yang dilakukan para pakar gizi menyebutkan bahwa meminum rebusan dari kulit pisang hangat atau bisa juga dengan cara dengan cara dijus dapat meredakan emosi yang kacau. Minumlah air rebusan kulit pisang beberapa kali dalam seminggu,maka kamu akan merasakan perbaikan mood dan mengatasi depresi.

Menghilangkan Gatal Bekas Gigitan Serangga

Bekas gigitan nyamuk

PakistantribeCom

Gigitan nyamuk atau serangga bisa membuat bengkak dan rasa gatal di kulit. Kamu bisa menghilangkan rasa gatal tersebut dengan menggunakan kulit pisang. Rasa gatal dan bengkak bekas gigitan nyamuk bisa dihilangkan dengan cara mengusapkan kulit bagian dalam pisang pada kulit yang bengkak atau terasa gatal. Ambil kulit pisang yang masih segar lalu gosokkan baian dalam kulit pisang pada kulit yang diinginkan dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Memutihkan Gigi

Gigi putih

BobobibiCom

Manfaaat kulit pisang selanjutnya adalah dapat memutihkan gigi yang kuning. Kulit pisang mengandung mineral, magnesium, dan potassium yang terbukti mampu membantu memutihkan lapisan email pada gigi. Caranya cukup mudah, gosok-gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi yang diinginkan dengan melakukan gerakan ke-atas dan ke-bawah atau gerakan melingkar. gosokan kulit pisang bagian dalam pada gigi setiap hari secara teratur selama kurang lebih 1 minggu akan membantu kamu mendapatkan gigi yang putih berkilau secara alami.

Menghilangkan Kutil

Kutil

BlogspotCom

Kutil memang bukan penyakit yang berbahaya namun keberadaannya sangat mengganggu penampilan. Untuk itu kamu bisa menggunakan kulit pisang sebagai obat alami untuk menghilangkan kutil yang menggangu. Ambil kulit pisang yang masih bagus, sesuaikan ukuran kulit pisang dengan kutil yang terdapat pada kulit, kemudian letakkan kulit bagian dalam pisang pada kutil, lalu plester dan tunggu sampai 15 menit kemu dian bersihkan. Ulangi selama beberapa hari, kutil akan melunak kemudian akan mudah di angkat dari kulit.

Menghilangkan Jerawat

Bersih dari jerawat

VivaCoId

Salah satu manfaat yang jarang diketahui banyak orang dari kulit pisang adalah kulit pisang menghilangkan jerawat dan mengurangi noda bekas jerawat. Caranya cukup mudah, buatlah kombinasi antara kulit pisang dengan madu kemudian gosokkan pada jerawat yang meradang. Kulit pisang dapat mengatasi jerawat dan mengurangi bekas jerawat di wajah.

Atau cukup menggosok-gosokkan kulit bagian dalam pisang pada jerawat. Untuk hasil yang optimal lakukan perawatan tersebut secara rutin menjelang tidur agar jerawat tidak kembali lagi. Selain menghilangkan jerawat, kulit pisang juga bisa membuat kulit wajah sehat berseri. Gunakan kulit pisang yang baru saja dikupas dari buahnya.

Membersihkan Sepatu dan DVD

Cara membersihkan sepatu dengan kulit pisang

DailyyackCom

Bagian lilin atau luar dari kulit pisang bisa digunakan untuk membersihkan dan memperbaiki goresan yang ada di permukaan DVD. Sedangkan bagian dalam kulit pisang bisa digunakan sebagai semir sepatu. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada sepatu kulit yang kotor, kulit pisang akan berfungsi sebagai semir sepatu dan memberishkannya, kemudian bersihkan bekas kulit pisang dengan menggunakan lap kain. Sepatu kamu akan terlihat seperti baru disemir.

 

Setelah kamu mengetahui banyak manfaat dari kulit pisang di atas, apa kamu akan membuang kulit tersebut atau lebih bijak dalam memanfaatkan buah yang kaya manfaat ini? Jika kamu sedang makan buah pisang jangan membuang kulitnya begitu saja. Setidaknya kulit pisang dapat berfungsi sebagai pupuk organik atau kamu juga bisa mendapankan banyak manfaat seperti di atas.

 

Leave a Reply