6 Manfaat Durian yang Tidak Disadari Banyak Orang

Durian dikenal sebagai rajanya buah. Disamping memiliki rasa lezat yang khas dan bau yang cukup tajam, durian ternyata menyimpan banyak manfaat baik untuk tubuh kita. Berikut adalah manfaat durian yang tidak disadari banyak orang.

1. Memenuhi Kebutuhan Serat

Buah durian mengandung serat yang tinggi. Setiap porsi berisi sekitar 9 gram serat yang sudah memenuhi 37% kebutuhan harian tubuh. Dan ketika serat dalam tubuh tercukupi maka pencernaan di dalam tubuh juga akan lancar.

2. Sebagai Sumber Energi

Satu porsi buah durian atau kurang lebih 243 gram mencangkup sekitar 20% dari kebutuhan karbohidrat harian tubuh. Jika anda sedang membutuhkan energi ekstra, anda dapat memanfaatkan buah durian sebagai asupan karbohidrat.

3. Tinggi Kalori & Lemak

Satu porsi buah durian mengandung lebih dari 350 kalori dan 13 gram lemak. Tapi anda tidak perlu khawatir karena lemak tersebut merupakan jenis lemak baik. Namun meski begitu seseorang tetap tidak disarankan untuk mengkonsumsi terlalu banyak karena bisa menambah berat badan.

4. Kaya Vitamin C

Vitamin C membantu melawan penyakit, menyembuhkan lukan, menurunkan kolesterol, melancarkan peredaran darah dan masih banyak lagi manfaat kesehatan lainnya dari Vitamin C. Dan buah durian memiliki manfaat-manfaat tersebut.

5. Tinggi Zat Besi Dan Tembaga

Durian memiliki kandungan zat besi dan zat tembaga yang tinggi. Zat tembaga dan zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang tentu bermanfaat untuk kesehatan tulang dan kulit.

6. Sumber Thiamin

Buah durian merupakan sumber Thiamin. Satu porsi buah durian mengandung sekitar 30% dari asupan harian thiamin yang disarankan. Thiamin dapat membantu tubuh dalam memetabolisme karbohidrat menjadi energi, serta membentuk kesehatan otot dan juga syaraf.

One Response

  1. Berlian Al-Agenseti 26 Mei 2016

Leave a Reply