Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Penyakit Kanker

Indonesia kaya akan tumbuhan herbal yang berfungsi sebagai obat-obatan. Namun belum ada penelitian ilmiah yang dapat mengetahui kandungan dari tumbuhan herbal tersebut. Apakah kandungan pada tumbuhan herbal benar-benar dapat bermanfaat dan menjadi obat bagi tubuh dan apakah ada efek samping yang ditimbulkan? Belum ada informasi kesehatan atau penelitian lebih lanjut.

Salah satu tumbuhan herbal yang menawarkan berbagai kebaikan bagi tubuh manusia adalah pohon sirsak. Tumbuhan yang bernama latin Annona muricata ini banyak mengandung vitamin C, serat dan nutrisi penting lainnya.

Sirsak adalah tumbuhan yang berasal dari benua Amerika tepatnya dari Karibia. Didatangkan pada abad ke-19 oleh kolonial Belanda ke Indonesia. Sirsak sendiri diambil dari bahasa Belanda zuurzak yang memiliki arti kantung asam. Pohon sirsak bisa tumbuh di mana saja dan tingginya bisa mencapai 9 meter lebih.

Buah sirsak mengandung fruktosa, karbohidrat, vitamin C, vitamin B1 dan B2. Daging buah sirsak berwarna putih dengan tekstur lembut dan berserat, bijinya banyak dan berwarna hitam. Biji buah sirsak beracun sama seperti biji srikaya, namun bisa dimanfaatkan sebagai insektisida atau pengusir serangga alami.

Tapi pemanfaatan tanaman sirsak hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena belum ada pengetahuan yang membuktikan manfaat daun sirsak. Padahal daun sirsak telah lama dikenal sebagan tanaman herbal untuk mengobati penyakit kanker.

 

Manfaat Daun Sirsak Untuk Membunuh Sel Kanker

Khasiat daun sirsak ternyata jauh lebih baik mengobati dan menghentikan pertumbuhan sel kanker daripada pengobatan kemoterapi. Daun sirsak efektif membunuh dan menghancurkan sel-sel kanker yang ada pada tubuh manusia.

Daun sirsak mengandung antioksidan yang tinggi, antioksidan sendiri berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Kandungan antioksidan yang tinggi ini juga bisa ditemukan pada buah manggis dan buah delima.

Selain antioksidan yang tinggi daun sirsak ternyata banyak mengandung zat yang berguna untuk pengobatan herbal. Antara lain senyawa acetogenins, annocatalin, annomuricin, anonol, gensitic acid, linoleic acid, annocatacin, annohexocin, annonacin, anomurine, caclaurine, gigantetronin dan murikapentocin.

Menurut penelitian senyawa tersebut dapat membunuh berbagai jenis penyakit kanker sperti kanker paru-paru, pankreas, usus besar, prostat dan payudara.

Selain menghambat pertumbuhan sel kanker, daun sirsak juga berkhasiat untuk menjaga stamina tubuh, menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem imun atau kekebalan sehingga tubuh tidak mudah sakit dan mencegah infeksi karena dapat menghambat pertumbuhan virus dan bakteri.

Dikalangan masyarakat daun sirsak sudah dirasakan manfaatnya untuk mengobaiti penyakit kanker. Namun harus diingat bahwa pengobatan herbal hanya bersifat penunjang alias komplementari, bukan sebagai pengganti pengobatan medis atau praktek kedokteran lainnya.

 

Buatlah Teh Rebusan daun Sirsak Untuk Diminum

Untuk kamu yang ingin mencoba manfaat daun sirsak, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Caranya adalah:

  • Ambil beberapa lembar daun sirsak yang berwarna gelap dan cuci bersih.
  • Masukkan ke dalam wadah dan tambahkan 3 gelas air matang.
  • Rebus selama kurang lebih 15 menit, hingga air rebusan tersisa 1 gelas.
  • Tuangkan kedalam gelas, tunggu sampai air rebusan tidak terlalu panas dan minumlah.
  • Untuk pencegahan minumlah air rebusan daun sirsak setiap hari sekali.

Sejatinya sebagian besar penyakit kanker bisa dicegah, tentunya dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan dini atau skrining secara continue.

Dengan mengadopsi gaya hidup sehat yaitu hindari stres, tidak merokok, tidak minum alkohol, istirahat yang cukup, olahraga dan makan makanan yang bergizi dan berimbang. Hindari makan makanan yang tidak sehat seperti makanan instan dan junk food. So selamat mencoba!

Leave a Reply