Maknai Hari Kemerdekaan 17 Agustus dengan 17 Perlombaan Ini!

Waktu cepat berlalu, sepertinya baru kemarin kita memperingati hari kemerdekaan RI, sekarang sudah 17 Agustus lagi aja, tapi nggak kemaren-kemaren juga sih hahaha. 70 tahun sudah Indonesia merdeka, setiap tanggal 17 Agustus kita selalu memperingati hari kemerdekaan indonesia. Mulai dari upacara bendera, peringatan detik-detik proklamasi sampai upacara penurunan bendera.

Dikalangan masyarakat tidak lengkap rasanya jika memperingati kemerdekaan tanpa adanya perlombaan-perlombaan yang diselenggarakan. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa turut berpartisipasi untuk memeriahkan suasana perlombaan. Semua larut dalam suasana perlombaan yang meriah.

Pada dasarnya perlombaa yang diselenggarakan oleh masyarakat adalah untuk memperingati perjuangan para pahlawan yang berjuang untuk meraih kemerdekaan. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perjuangan para pahlawannya. Dan kita sebagai warga negara Indonesia yang bangga dengan pejuangan pahlawan kita, seyogyanya ikut memeriahkan perayaan yang digelar setahun sekali ini. Berikut beberapa perlombaan yang mungkin bisa menjadi referensi perlombaan yang diselenggarakan di tempatmu.

 

1. Panjat Pinang

Lomba panjat pinang biasanya hanya khusus diikuti oleh kaum adam atau bapak-bapak. Dinamakan panjat pinang karena menggunakan pohon jambe (pinang) yang batangnya dilumuri dengan pelumas. Peserta akan saling bahu-membahu berlomba untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik di bagian atas pohon yang sudah disiapkan oleh panitia perlombaan. Batang pinang yang digunakan tingginya bisa mencapai 7 meter. Perlombaan ini mengingatkan kita tentang betapa sulitnya pejuangan para pahlawan saat menurunkan bendera musuh kemudian menggantinya dengan bendera sang Merah Putih.

 

2. Tarik Tambang

Lomba tarik tambang melibatkan dua tim dengan 5 sampai 6 orang peserta. Tiap tim memegang erat bagian tali tambang mereka dan di bagian tengah terdapat garis pembatas, masing-masing tim akan saling menarik hinggaa salah satu tim melewati garis pembatas. Tim yang melewati garis dinyatakan kalah. Lomba tarik tambang adalah lomba yang populer diadakan setiap 17 Agustus karena untuk mengingat betapa sulitnya para pahlawan mempertahankan tiap jengkal tanah dari para penjajah.

3. Balap karung

Semua peserta diharuskan memasukkan kakinya kedalam karung dan bersiap di garis start, kemudian berlomba dengan melompat-lompat sampai ke garis akhir. Yang pertama menyentuh garis akhir yang akan menjadi pemenangnya. Perlombaan ini sudah ada sejak dahulu dan hampir selalu diperlombakan di setiap peringatan hari kemerdekaan.

4. Balap Bakiak

Lomba balap bakiak adalah salah satu perlombaan yang cukup sulit karena dibutuhkan kekompakan untuk memenangkannya. Satu tim terdiri dari 4-5 peserta yang berlomba adu cepat sampai ke garis akhir. Seringkali peserta terjatuh karena tidak kompak saat mengangkat kaki dan seringkali mengundang tawa penonton.

5. Perang Bantal

Dua orang peserta duduk berhadap-hadapan di sebuah batang yang berada di atas air sambil membawa bantal sebagai senjatanya. Kemudian kedua peserta saling pukul menggunakan bantal sampai salah satu diantara mereka terjatuh kedalam air. Yang tetap bertahan di atas dinyatakan sebagai pemenangnya. Perlombaan ini sangat seru dan sering juga mengundang tawa penonton yang melihatnya.

6. Sepak Bola Sarung

Seperti sepak bola pada umumnya, kedua tim saling berusaha memasukkan bola kedalam gawang lawan. Yang menjadi pembeda disini adalah semua pemain wajib memakai sarung saat bermain bola. Dan inilah yang menjadi kesulitan para pemain untuk menggiring atau menendang bola. Sehingga sangat sulit untuk mencetak goal.

7. Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk adalah lomba yang paling umum di setiap perayaan 17 agustus. Setiap peserta harus adu cepat memakan kerupuk yang digantung dan tidak boleh menggunakan tangan. Peserta yang paling cepat menghabiskan kerupuknya akan keluar sebagai pemenang. Lomba ini bisa lebih enak kalau makan kerupuk sama nasi dan pakai sambal hahaha.

8. Gigit Koin

Peserta harus mengambil koin dengan menggunakan giginya. Koin-koin tersebut ditancapkan pada buah kelapa atau semangka yang dilumuri dengan coklat atau krim. Peserta yang berusaha mengambil koin pada buah kelapa, wajahnya akan kotor oleh coklat dan krim. Peserta yang paling banyak mengumpulkan koinlah yang menjadi pemenang.

9. Lari Kelereng

Peserta harus adu cepat memindahkan kelereng dari wadah A ke wadah B dengan menggunakan sendok kemudian menggigitnya. Peserta berjalan cepat sambil menjaga keseimbangan agar kelereng yang ada pada sendok tidak jatuh. Apabila kelereng jatuh tidak boleh diambil dan harus kembali ketempat semula untuk mengambil kelereng yang baru. Pemenangnya ditentukan dari jumlah kelereng yang berhasi dikumpulkan.

10. Memindahkan Belut

psy5

Perlombaan ini cukup sulit karena tubuh belut sangat licin sehingga susah dipegang. Pesertah harus memindahkan belut dari wadah A ke wadah B dengan menggunakan tangan, belut yang jatuh boleh diambil kembali. Peserta yang mengumpulkan belut paling banyak yang akan menang.

11. Menangkap Ikan

Sebelum mengadakan perlombaan ini panitia harus menyiapkan kolam yang cukup besar, peserta dibagi menjadi 2 tim atau lebih. Setiap tim bekerja sama untuk mengumpulkan ikan yang ada di dalam kolam. Peserta harus menangkap ikan menggunakan tangan. Tim yang berhasil mengumpulkan ikan paling banyak berhak menjadi pemenang.

12. Menangkap Bebek

Lomba ini mengharuskan peserta untuk menangkap bebek dengan mata tertutup, tentu ini sulit. Menangkap bebek dengan bisa melihatnya saja sudah sulit apalagi dengan mata tertutup. Tapi justru disinilah letak tantangannya, peserta yang lebih dulu menangkap bebek yang disediakan panitia akan dinyatakan sebagai pemenang.

13. Memasukan Paku kedalam Botol

Sebuah paku digantung dan diikatkan pada pinggang, untuk bisa melihat pakunya kamu harus setengah jongkok kemudian masukan paku perlahan kedalam botol. Butuh kesabaran untuk memasukkan paku, sedikit saja bergerak paku akan goyang dan akan sulit memasukkannya ke dalam botol. Peserta yang paling cepat memasukkannya yang akan menang.

14.  Balap Egrang

Untuk yang sudah mahir memakai egrang, balapan egrang mungkin tidak terlalu sulit. Tapi bagi para pemula, kamu harus bisa menjaga keseimbangan agar bisa tetap di atas egrang. Peserta harus beradu cepat dengan menggunakan egrang untuk sampai di garis akhir. Peserta yang paling cepat dan tidak jatuh berhak menjadi pemenang.

15. Merias dengan Mata Tertutup

Peserta diwajibkan menutup matanya saat merias, hasil riasan peserta akan dinilai oleh juri panitia. Bagi yang riasanya paling rapilah yang dinyatakan sebagai pemenang. Jangan mengaku pandai merias jika tidak bisa merias dengan mata tertutup.

16. Pecah Balon

Satu persatu peserta akan diberikan sebuah balon, peserta hanya tinggal meniup balon tersebut sampai balon tidak bisa menampung udara dan kemudian pecah. Sesederhana itu, peserta yang berhasil memecahkan balonnya paling cepat akan dinyatakan sebagai pemenangnya.

17. Joget Balon

Mungkin lomba ini terlihat mudah dibandingkan dengan perlombaan lain, tapi sebenarnya lomba ini tidak kalah menarik dari perlombaan lain. Dua orang peserta harus menjepit balon diantara kedua dahi sambil bejoget. Peserta yang menjatuhkan balonnya dinyatakan gugur. Dan peserta yang berhasil menahannya sampai musik berhenti yang akan menjadi pemenang.

 

Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk ikut berpartisipasi memeriahkan perlombaan 17 Agustus di sekitar tempat tinggalmu. Kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini adalah berkat perjuangan para pahlawan yang ingin kita anak cucunya tidak merasakan penjajahan bangsa asing. Sudah seharusnya kita menghargai perjuangan para pahlawan dengan memaknainya sebagai rasa terimakasih.

Leave a Reply