Bagaimana Memilih Bahan Kulit yang Berkualitas?

Kulit Merupakan Bahan yang sering digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam produk seperti, sepatu, tas, ikat pinggang, dompet, jaket dan produk-produk kerajinan lainnya. Di Indonesia Banyak berbagai macam produk kerajinan yang terbuat dari bahan kulit. Kelebihan bahan kulit terletak pada tampilannya yang terlihat berkelas, bernilai tinggi, kuat dan tahan lama.

Namun tidak semua produk-produk yang dijual di pasaran terbuat dari kulit asli berkualitas. Banyak produk imitasi yang menggunakan bahan kulit tiruan. Bagi sebagian orang mungkin pernah membeli produk-produk yang menggunakan bahan, seperti sepatu kulit, tas kulit atau jaket kulit. Lalu bagaimana cara membedakan produk berbahan kulit asli berkualitas atau produk yang menggunakan bahan tiruan atau dari kulit asli namun kualitasnya rendah.

Tidak banyak orang yang bisa membedakan atau mengetahui produk asli yang berkualitas dengan produk KW (tiruan). Ada cara-cara tertentu yang biasa kamu lakukan untuk membedakan antara kulit asli dengan kulit tiruan, kulit berkualitas kurang bagus, sedang atau sangat bagus.

Di negara kita, produk berbahan kulit tiruan lebih mendominasi daripada produk dengan bahan kulit asli. Hal ini disebabkan karena harga produk kulit tiruan lebih murang dibandingkan dengan produk kulit asli. Karena harganya yang mahal, banyak pengrajin yang menggunakan bahan tiruan untuk produk-produk mereka.

Disamping itu, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menjangkau harga produk dengan kulit asli berkualitas tinggi. Yang perlu diwaspadai disini adalah produk dengan bahan tiruan atau bahan kulit kualitas rendah namun dijual dengan harga yang sama dengan kulit kualitas tinggi.

Apabila membeli sebuah produk yang menggunakan bahan kulit, sebaiknya kamu memilih toko yang terpercaya dan bisa memberikan jaminan atau garansi bahwa produk yang kita beli merupakan produk yang bagus dan berkualitas. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membedakan produk berbahan kulit berkualitas baik atau tidak.

1. Dibakar dengan Api Kecil

Kulit asli yang berkualitas cukup baik adalah kulit yang tidak mudah terbakar. Gunakan korek api gas dengan api kecil untuk membakar bagian permukaan kulit. Jika tidak ada kerusakan yang berarti maka bahan produk tersebut merupakan kulit asli, begitu juga sebaliknya.

2. Lihat dari Permukaan atau Lapisan Luar Kulit

Lihat dari lapisan atau permukaan kulit luar, kulit dengan kualitas baik memiliki permukaan yang rata, halus, tidak pecah-pecah atau cacat. Saat dibakar akan menimbulkan bau yang khas, namun ada beberapa bahan kulit yang tidak menimbulkan bau saat dibakar.

3. Dilipat

Lipat bahan kulit menjadi dua lipatan, kmudian gosok bagian lipatan tersebut dengan ujung jari. Kulit berkualitas taidak akan rusak atau meninggalkan bekas. Selain itu kulit berkualitas juga kuat dan tidak mudah rusak walaupun dijahit dengan mesin jahit portable sekalipun.

4. Kulit Bagian Terluar

Kulit bagian luar adalah kulit dengan kualitas terbaik. Ada beberapa produk bahan kulit yang menggunakan kulit bagian dalam dan diolah sedemikian rupa sehingga mirip seperti kulit bagian luar. Kulit bagian dalam ini biasanya mudah rusak dan harganya lebih murah dari kulit berkualitas baik.

5. Pengolahan & Penyimpanan

Dengan proses pengolahan kulit yang baik akan menghasilkan kulit dengan kualitas yang baik pula. Kulit kualitas terbaik sekalipun harus dibarengi dengan perawatan dan penyimpanan yang baik pula. Harus sering dibersihkan dan disimpan di tempat yang tidak terlalu lembab untuk menghindari kerusakan dan jamuran pada bahan kulit.

6. Kulit Hewan Sehat

Kulit hewan yang sehat adalah bahan dengan kualitas terbaik, untuk mendapatkan kulit berkualitas harus diperhatikan dari perawatan dan pemeliharaan hewan semasa hidupnya.

Setiap membeli produk dengan bahan kulit pastikan harganya sesuai dengan kualitasnya. Harga kulit berkualitas yang wajar adalah tidak terlalu murah karena bahan yang digunakan adalah bahan kulit pilihan. Pintar-pintarlah memilih dan membeli produk dan cintailah produk-produk buatan lokal. Karena selain kualitasnya yang baik, kita juga ikut membantu perkembangan industri di dalam negeri.

One Response

  1. santigi 21 Maret 2016

Leave a Reply