Waduk Sermo di Kalibiru Kulon Progo dan 7 Tempat Keren di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY adalah provinsi di Indonesia yang masih menerapkan sistem pemerintahan kerajaan, yaitu Kesultanan Kadipaten Paku Alaman Yogyakarta. Nama Daerah Yogyakarta diambil dari dua kata Ayogya dan Karta, kata Ayogya memiliki arti ‘Kedamaian’ dan kata Karta memiliki arti ‘Kebaikan’ sehingga Yokyakarta berarti kota yang damai dan baik.

Provinsi Yogyakarta terletak di bagian ujung selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Terdapat banyak nama untuk menyebut kota Yogyakarta, antara lain Jogjakarta, Yogyakarta, Jogja, Yogya, Djogja, Ngayogyakarta dan Ngayogyakarta Hadiningrat. Jogja dan Jogjakarta sebenarnya adalah nama yang diucapkan oleh orang-orang Belanda karena tidak fasih mengucapkan kata Yogya maupun Yogyakarta.

Yogyakarta merukapan daerah tujuan wisata utama di Indonesia setelah Bali dan Bandung. Daerah istimewa ini memiliki tempat-tempat wisata yang menawarkan pengalaman berbeda dari tujuan wisata lain. Dan inilah 8 tempat keren tujuan wisata di Yogyakarta yang mungkin bisa masuk dari daftar liburan kamu minggu ini.

 

1. Waduk Sermo di Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta


Kalibiru adalah wisata alam yang terletak di kecamatan Kokap, perbukitan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta. Kalibiru berada pada ketinggian 450 meter di atas permukaan air laut, sekitar 45 menit dari pusat kota Jogja. Keindahan pemandangan hijau dari pohon-pohon pinus di bukit Menoreh dan keindahan Waduk Sermo danau di Indonesia bisa kamu lihat dari ketinggian.

Aktivitas favorit para wisatawan di Kalibiru adalah berjalan kaki sambil menikmati pemandangan, mengambil gambar dengan latar belakang pepohonan hijau dan waduk sermo, kemudian memanjat pohon pinus di Kalibiru yang fenomenal. Hanya dengan membayar Rp.3000,- saja kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

 

2. Jalan Malioboro di Yogyakarta

jalan malioboro

via nginepmana.com

Visit Jogja visit Malioboro, ada istilah tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Jogja tanpa mampir ke Malioboro. Lokasi ini sangat terkenal dan legendaris, banyak turis domestik maupun mancanegara yang bisa kamu temui disini. Sepanjang jalan Malioboro terdapat pedagang yang menjual olegh-oleh khas Yogyakarta. Kamu bisa berbelanja oleh-oleh sambil mendengarkan musik yang dimainkan oleh sekelompok musisi jalanan kota Gudeg. Suasana malam kota Jogja inilah yang membuatmu merasa nyaman, damai dan ingin kembali lagi ketempat ini. Kebahagiaan bisa datang dari hal-hal sederhana semacam ini.

 

3. Trick Eyes Museum di Yogyakarta

trick eyes jogja

via twitter.com

De Mata Trick Eyes merupakan Museum tiga dimensi (3D) yang berada di Yogyakarta dan satu-satunya museum 3D di Jawa Tengah. Museum Trick Eyes ini merupakan Museum 3D terbesar di dunia dengan koleksi ratusan gambar 3 dimensi yang terlihat seperti nyata. Terdapat lukisan-lukisan 3D sebanyak 120 buah dengan berbagai tema lukisan, mulai dari alam, tokoh, superhero, olahraga, ornamen dan masih banyak yang lain. Museum Trick Eyes ini diresmikan pada tanggal 22 Desember 2013 lalu, dan telah menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Museum 3D Terbesar.

 

4. Candi Prambanan di Yogyakarta

candi prambanan

via klikhotel.com

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia dan dibangun pada abad ke-9 masehi. Terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, yaitu di kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi Prambanan dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, dan sebagai candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Bentuk bangunan candi Prambanan tinggi dan ramping dengan candi Siwa sebagai candi utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter. Sebagai candi terbesar di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik destinasi bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

 

5. Kaliadem Yogyakarta

gunung merapi

via belajar-di-rumah.blogspot.com

Kaliadem merupakan wilayah bekas lahar Merapi yang sekarang menjadi lava tour Merapi kaliadem. Kamu dapat menyaksikan sisa-sisa material yang berasal dari kedasyatan letusan Gunung Merapi. Hamparan pasir dan bebatuan dengan berbagai ukuran serta tebing yang curam akan membuatmu merasakan pengalaman yang menarik, kamu akan tahu bagaimana kedahsyatan letusan Gunung Merapi kala itu. Di sepanjag jalan menuju Kaliadem kamu akan menemui penduduk sekitar yang menjual bunga edelwise kering dengan berbagai pilihan bentuk dan warna.

 

6. Embung Nglanggeran di Gunung Kidul Yogyakarta

Embung Nglanggeran

via www.njogja.co.id

Embung Nglanggeran adalah sebuah telaga buatan yang dulunya adalah Gunung Gandu, terletak di desa Ngalanggeran kecamatan Patuk Gunung Kidul Yogyakarta. Embung Nglanggeran merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset atau matahari tenggelam. Saat menjelang malam hari, telaga buatan ini memantulkan cahaya senja pada permukaan airnya, kamu pasti akan terpukau menyaksikannya.

 

7. Milky Way di Pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

milky way

via twitter.com

Untuk dapat melihat milky way kamu tidak harus mendaki gunung, Pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul terdapat tempat untuk menyaksikan milky way, seperti pantai Krakal, pantai Kukup, dan pantai Drini Gunung Kidul Yogyakarta. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang tidak suka mendaki gunung namun ingin melihat Milky Way. Kamu bisa menyaksikan keindahan bintang-bintang yang membentuk seperti aliran sungai di angkasa luar.

 

8. Gumuk Pasir Pantai Parang Kusumo Yogyakarta

gumuk pasir

via www.youtube.com

Gumuk pasir yang berada di pantai Parang Kusumo Yogyakarta ini sangat mirip dengan gurun pasir yang terdapat di Timur Tengah. Di hamparan pasir ini kamu bisa meluncur dengan snowboard, gumuk pasir di pantai Parang Kusumo ini adalah gumuk pasir satu-satunya di Indonesia dan hanya ada dua di dunia, yaitu di Meksiko. Selain digunakan untuk olahraga snowboarding tempat ini juga seting dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding.

Leave a Reply