Jual Tepung Ikan

Sesuai namanya, tepung ikan adalah tepung yang terbuat dari ikan yang diolah melalui proses pengeringan dan penggilingan untuk menghasilkan produk berprotein tinggi. Selain tinggi protein, tepung ikan juga kaya akan mineral, sehingga para peternak menggunakan tepung ikan sebagai bahan pembuat pakan untuk ternak mereka.

Tepung ikan yang tinggi protein dan mineral merupakan sumber pakan yang baik bagi ternak. Kandungan asam lemak tak jenuhnya dapat membuat ternak menjadi gemuk dan sehat. Sehingga berperan penting dalam memperbaiki kualitas hewan ternak tersebut.

Tepung ikan mengandung banyak asam lemak esensial eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexanoic acid (DHA) yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hewan ternak. Tepung ikan sendiri memiliki kandungan EPA sebesar 5,8 gram/kilogram dan DHA sebesar 9,84 gram/kilogramnya.

Tepung ikan yang berkualitas baik harus bebas dari kontaminasi bakteri/mikroorganisme pathogen, jamur dan juga serangga. Dalam pembuatan pakan ternak, tepung ikan merupakan bahan baku yang sangat baik untuk menunjang kualitas atau produktivitas hewan ternak yang anda miliki.

Tepung Ikan untuk Pakan Ayam

infonasa.com

infonasa.com

Pada dasarnya, ayam membutuhkan pakan dengan sumber protein terbaik untuk mendapatkan kualitar yang baik pula. Dan tepung ikan merupakan salah satu bahan baku pembuat pakan ayam yang memiliki sumber protei terbaik. Tepung ikan umumnya memiliki kandungan protein tinggi yaitu sekitar 40% hingga 60% yang sangat bagus bagi pertumbuhan hewan ternak.

Selain proteinnya yang tinggi, tepung ikan juga kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang tentu sangat dibutuhkan oleh ayam untuk pembesaran maupun untuk ayam petelur. Untuk membuat pakan ayam, cukup campurkan sedikit saja tepung ikan dengan bahan pakan ayam yang lain, yaitu sekitar 10% sampai 15% saja.

Kualitas Pakan Ternak yang Menggunakan Tepung Ikan

Dalam proses pembuatan tepung ikan terdiri dari 2 tahap, yaitu tahap pengeringan (manual/menggunakan mesin oven), kemudian tahap penggilingan dimana ikan yang sudah dikeringkan dihaluskan dengan mesin penggiling menjadi tepung ikan. Proses pembuatan tepung ikan harus memenuhi standar produksi agar menghasilkan tepung ikan berkualitas baik.

Kualitas tepung ikan yang baik berbanding lurus dengan kualitas hewan ternak yang mengkonsumsinya. Seperti yang dirilis The International of Fish Manufacture yang mengklasifikasikan kualitas tepung ikan menjadi empat jenis, antara lain:

  • Kandungan protein standar (600-639g/kg protein)
  • Kandungan protein regular (640-679g/kg protein) dengan kandungan minyak rendah (60g/kg)
  • Kandungan protein regular (640-679g/kg protein) dengan kandungan minyak (130g/kg)
  • Kandungan protein tinggi (>680g/kg) dengan kandungan minyak (<90g/kg)

Hasil produksi dari tepung ikan rata-rata memiliki kandungan protein sebesar 55% atau tidak lebih dari 4gram per kilogramnya. Selain itu kriteria lain yang bisa digunakan sebagai patokan kualitas tepung ikan adalah kandungan nitrogen, efisiensi protein, lysin dan metioni yang seimbang.

Dan kandungan zat sulfoksida yang terdapat pada tepung ikan berkaitan dengan kualitas tepung yang kurang baik. Sebab kandungan zat sukfoksida ini mengindikasikan bahwa telah terjadi proses oksidasi pada tepung ikan, biasanya ini terjadi karena terlalu lama dalam proses penyimpanan, atau penyimpanan yang kurang baik.

Standar Bahan Baku Pakan Ternak

Dalam memberikan paka berkualitas pada hewan ternak, harus memenuhi syarat kelayakan dari bahan baku pakan ternak itu sendiri. Ada beberapa poin yang harus diperhatikan.

1. Memenuhi Kebutuhan Gizi

Dalam pemberian pakan terhadap hewan ternak, tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana agar kebutuhan gizi hewan ternak dapat terpenuhi. Pemilihan pakan yang tinggi akan protein penting untuk menunjang pertumbuhan hewan ternak. Oleh sebab itu peternak harus mengetahui kandungan gizi pakan serta bahan yang terkandung di dalamnya.

2. Harga Pakan yang Terjangkau

Konsentrat di pasaran dibandrol dengan harga yang cukup mahal, sehingga meningkatkan biaya produksi untuk peternak. Untuk menurunkan biaya produksi namun tidak menurunkan kualitas produk, para peternak bisa menggunakan tepung ikan sebagai bahan campuran untuk pakan ternak. Hal ini tentu akan meningkatkan margin atau keuntungan dan kualitas produk pun tetap terjaga.

3. Gunakan Bahan yang Mudah Didapatkan

Pilihlah bahan yang mudah dicari dan mudah didapatkan dan yang memiliki banyak stok di daerah sekitar kita. Atau anda juga dapat mencarinya lewat internet di toko-toko online yang terpercaya dan menyediakan barang yang anda cari. Dengan begitu anda bisa menjaga persediaan pakan untuk hewan ternak anda.

4. Pastikan Bahan Pakan dalam Kondisi Baik

Tentu anda sudah tidak heran dengan praktek pemalsuan bahan baku pakan yang banyak dilakukan oleh pihak-pihak yang hanya mencari keuntungan. Hal ini disebabkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam menjalankan bisnisnya. Sehingga akan menyebabkan kerugian bagi para peternak yang membeli bahan baku pakan ternak tersebut.

Oleh karenanya, perlu adanya pengetahuan tentang kualitas bahan yang akan digunakan. Anda bisa meminta contoh sample untuk memastikan bahan pakan yang akan kita beli dalam kondisi baik (tidak berjamur atau terkontaminasi dengan zat-zat lain). Disamping itu perlu juga adanya penyuluhan tentang bahan yang mengandug zat antinutrisi di dalamnya.

Komposisi Pakan Ayam dengan Tepung Ikan

infonasa.com

infonasa.com

Banyak informasi yang bisa anda dapatkan di internet tentang teknologi baru berternak yang bagus. Disini saya akan sedikit membagikan tentang hal-hal yang sering terlupakan dalam betrnak ayam oleh pengusaha/peternak.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal sesuai dengan apa yang diinginkan, kita harus memenuhi kebutuhan terbesar dalam beternak, yaitu kebutuhan konsumsi atau bahan pakan ternak. Bagaimana cara untuk mengoptimalkan pahan pakan yang ada menjadi bahan pakan yang berkualitas? Akan saya bahas pada akhir tulisan ini.

Cara Mengoptimalkan Tepung Ikan Menjadi Bahan Campuran Pakan Ayam

Pada dasarnya, kita tahu bahwa bahan dasar untuk membuat bahan pakan ternak antara lain adalah konsentrat, jagung, purr, bekatul dan juga tepung ikan. Namun yang menentukan kualitas dari pakan ternak itu sendiri adalah komposisi yang ada di dalamnya. Sehingga akan berdampak pada nutrisi yang dibutuhkan oleh hewan ternak (ayam).

  • Ayam usia 0 – 4 minggu PK 21-23%, sk 3-6, fat 4-7, em3000-3100
  • Ayam Usia 5 – 8 minggu PK 16-19%, sk 3-6, fat 4-7, em 2600-3000

Masing-masing orang memiliki resep racikan pakan ternak yang berbeda-beda, namun kali ini kami akan mencoba sedikit membagikan resep yang kami dapat dari peternak ayam yang sudah berpengalaman. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

  • Jagung
  • Bekatul
  • Tepung Ikan
  • Konsentrat 144 phokpand
  • Konsentrat 511 phokpand
  • Konsentrat 551 phokpand
  • Konsentrat 124 phokpand

Cara mencampur bahan pakan ternak:

  • Konsentrat 124 15%, jagung 55%, katul 13%, tepung ikan 17% = menjadi PK 20,068,EM 2975. harga = 4680
  • Konsentrat 511 20%, jagung 45%, dedak 20%, tepung ikan 15% = menjadi PK 18,31,EM 2893. harga = 4550
  • Konsentrat 551 20%, jagung 45%, dedak 20%, tepung ikan 15% = menjadi PK 18,11,EM 2893. harga = 4800
  • Konsentrat 144 15%, jagung 55%, dedak 15%, tepung ikan 15% = menjadiPK 19,21,EM 2949. harga = 4600
  • Konsentrat 511 50%, jagung 50% = menjadi PK 14,75, EM 3175 harga = 5450
  • Konsentrat 124 35%, jagung 50%, dedak 15% = menjadi PK 17,1, EM 2872 harga = 5175
  • KBR 30%, jagung 60%, dedak 10% = menjadi PK 18,8 EM 2928. harga = 5025

Seperti yang sudah saya sampaikan tadi, setiap peternak memiliki resep atau racikan untuk pakan ternak yang berbeda-beda. Contoh di atas hanya satu dari sekian banyak racikan bahan pakan ternak yang digunakan oleh para peternak. Semoga bermanfaat!

Jual Tepung Ikan dan Berbagai Macam Tepung Pakan Ternak Lainnya

Kami menyediakan tepung ikan dan berbagai macam tepung khusus untuk pakan ternak. Untuk pengiriman minimal 8 ton kami bebaskan ongkos kirim, untuk pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan.


Jual Tepung Ikan

Untuk pemesanan tepung ikan, silahkan hubungi:

Telp./SMS/WA : 0857-1176-5576 (Adhi Maspamuji)

Email : layanannasa@gmail.com

Desa Ngadirejo RT 4 RW 2 Kec. Kawedanan Kab. Magetan Jawa Timur


 

Leave a Reply