Ini Alasan Mengapa Lebih Baik Mandi Air Dingin Pada Pagi Hari

Mandi pagi adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa malas di pagi hari. Mandi memberikan lonjakan energi pada tubuh, sehingga tubuh menjadi segar dan bersemangat, terutama sesaat setelah kamu bangun dari tempat tidur. Orang yang rutin mandi pagi sebelum memulai aktifitas sebagai kegiatan pertama di pagi hari cenderung memiliki hari yang lebih produktif daripada orang yang tidak melakukannya.

Pukul 04.30 pagi sampai 05.00 pagi adalah waktu terbaik untuk melakukan aktifitas mandi, karena pada jam-jam tersebut tubuh merespon rasa dingin dari luar. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari mandi pagi adalah dengan menggunakan air dingin, bukan air hangat. Menurut ahli kesehatan mandi air dingin di pagi hari dapat menambah kesuburan dan melancarkan peredaran darah. Mandi pagi menggunakan air dingin juga dapat hilangkan stres, karena oksigen dapat masuh ke seluruh tubuh dengan optimal. Inilah alasan mengapa lebih baik mandi pagi dengan air dingin.

 

1. Merangsang Sistem Kekebalan Tubuh

Rutin mandi pagi dengan menggunakan air dingin bisa merangsang sistem kekebalan tubuh, karena tubuh memproduksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan kuman dan virus penyakit, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi kuat dan tubuh menjadi tidak mudah sakit.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Mandi menggunakan air dingi pada pagi hari bisa meningkatkan kewaspadaan, menghilangkan rasa malas dan lesu. Air dingin yang membasuh tubuh memberikan efek kesegaran sehingga tubuh kembali segar, berenergi dan semangat seharian. Sedangkan jika mandi dengan menggunakan air panas malah akan menambah rasa malas dan tidak bersemangat.

3. Mencegah Flu

Mandi pagi dengan air dingin bisa mencegah terserang flu, karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa membunuh virus influenza, sehingga tubuh kebal terhadap penyakit flu. Hindari mandi pagi dengan air hangat saat terserang flu karena malah akan menambah parah gejala flu.

4. Merangsang Hormon Antidepresi

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mandi pagi dengan menggunakan air dingin bermanfaat untuk meredakan gejala depresi, karena air dingin membuat aliran oksigen ke otak lebih lancar sehingga menghasilkan efek antidepresan, meningkatkan mood dan membuat merasa bahagia. Kamu juga bisa mandi sambil menyanyikan lagu kesukaanmu. Hindari mandi pagi dengan air hangat karena akan menambah kacau perasaan dan menghilangkan mood positif.

5. Mempercepat Metabolisme Tubuh

Salah satu penelitian yang dilakukan ahli kesehatan di Inggris menyimpulkan bahwa mandi pagi dengan air dingin terbukti meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh lebih lancar, sehingga membuat metabolisme tubuh juga menjadi lancar dan tubuh terasa bugar. Berbeda dengan mandi menggunakan air hangat, tubuh akan terasa malas, layu dan kurang bersemangat.

6. Membebaskan Pikiran

Mandi pagi dengan air dingin juga bisa membebaskan pikiran dari tekanan, seperti rasa lelah, sedih atau tekanan pekerjaan deadline, sebab air dingin yang membasahi tubuh di pagi hari bisa menyegarkan saraf-saraf di otak. Pergilah mandi bersihkan diri maka tubuh kamu akan lebih fress dan pikiran kembali jernih.

7. Mengencangkan Kulit

Mandi pagi dengan air dingin bisa mengencangkan kuti, mengecilkan pori-pori dan mencegah penyumbatan pori, membuatmu terhindar dari jerawat dan masalah kulit lain, sehingga dapat membantu menjaga penampilan. Sedangkan jika kamu mandi dengan air hangat kulit akan terasa kering dan kehilangan kekenyalannya, serta membuat kulit wajah terlihat lebih tua.

8. Mengurangi Rambut Rontok

Mandi air dingin di pagi hari juga bisa menyehatkan kulit kepala karena air dingin dapat mengecilkan pori-pori kulit kepala dan membersihkannya dari kotoran, sehingga terhindar dari rambut rontok berlebih, membuat rambut sehat berkilau, kuat dan mengembang.

Leave a Reply