Ponsel-ponsel Nokia yang Pernah Menjadi Teman Baikmu

Masih ingatkah kamu pada ponsel pertamamu? Kita yang tumbuh di tahun awal 2000-an pasti punya cerita dengan ponsel Nokia. Yup, Nokia yang yang berasal dari Finlandia ini memang pernah jaya dimasanya. Sebuelum ada Blackberry, Android dan iOS, kita masih memakai ponsel yang menggunakan operating system symbian ini. Tidak ada sepesifikasi wah seperti smartphone yang beredaran saat ini. Tidak ada layar sentuh, kamera dengan resolusi tinggi, multimedia yang lengkap dan fitur-fitur canggih lain seperti prosesor quad core dan layar retina display.

Walau hanya bisa untuk menelepon dan berkirim SMS, Tapi setiap orang pasti punya cerita dengan ponsel Nokianya, kamu pasti ingat dengan game ular-ularan Snake. Memang sederhana, tapi saat itu kamu pasti merasakan manisnya menggunakan ponsel yang namanya di ambil dari sebuah sungai yang ada di Finlandia. Banyak desain ponsel Nokia yang unik yang sampai sekarang masih dicari oleh peminatnya, karena banyak cerita di balik sebuah perangkat ini.

Nokia memang bukan yang pertama menciptakan ponsel, tapi Nokia pernah menyandang gelar sebagai rajanya ponsel selama enam tahun. Nokia pernah mencapi pangsa pasar 41% di tahun 2007 silam. Ini adalah pencapaian yang luar biasa dan sulit untuk diikuti vendor lain, bahkan sampai sekarang pun Samsung belum bisa menyamai pencapaian Nokia. Tapi sekarang Nokia sudah tidak berkuasa seperti dulu, setelah diakuisisi Microsoft, Nokia tidak lagi memakai symbian  dan lebih memilih windows phone sebagai operating systemnya.

Nokia adalah ponsel yang masih memiliki penggemar hingga saat ini meskipun banyak smartphone canggih bermunculan. Berikut adalah 7 ponsel Nokia yang menjadi favorit saya hingga saat ini, apa salah satunya adalah favoritmu juaga?

 

1. Nokia 3310

flickr.com

Situs teknologi TechRadar pernah menobatkan Nokia 3310 sebagai ponsel terbaik sepanjang massa.  Pada masanya handset ini adalah terfaforit dikelasnya karena spesifikasi dan harga yang ditawarkan sangat menarik untuk pasar. Dengan bentuk yang menarik dan sederhana, ditambah keyboard yang nyaman untuk berkirim pesan.

Selain itu, untuk kamu pecinta game, ponsel ini sudah dilengkapi dengan permainan Snake dari Nokia yang legendaris. Walaupun baterainya hanya 900 mAh tapi diklaim bisa bertahan selama 260 jam. Nokia 3310 sudah terjua sebanyak 126 juta unit, sejak dirilis pada september tahun 2000 silam. Ini sebabnya ponsel ini dijuluki ponsel sejuta umat.

2 Nokia N-Gage Classic

flickr.com

N-Gage lahir pada 7 oktober 2003, perangkat ini sudah menggunakan symbian OS 6 dengan java support. Ponsel ini sudah memiliki banyak fitur untuk multimedia, menyimpan foto memutar video dan bermain game. Meski belum memiliki fitur kamera sehingga tidak bisa untuk mengambil gambar.

Desainnya yang unik dan sesuai genggaman tangan membuatnya terasa solid dan enak digenggam saat digunakan bermain game. Dilengkapi juga dengan fitur MP3 dan ACC player, bluetooth, stereo FM radio, build-in handsfree speaker, Hi-Fi stereo headset. Selain untuk bermain game, yang saya sukai dari perangkat ini adalah music player-nya, suara yang dihasilkan mirip seperti saat berada di dalam studio musik.

3. Nokia N-Gage QD

flickr.com

N G-Gage QD lahir setahun setelah kakaknya N-Gage Classic, tampil dengan bentuk lebih kecil dan beberapa perbaikan dari pendahulunya, untuk meningkatkan performa gaming. Seperti tombol OK yang dipisahkan, tidak ada nya tombol music player dan radio FM, serta letak sidetalking yang diubah. Sedangkan spesifikasi lain tidak banyak berbeda dengan sang kakak.

4. Nokia 7610

flickr.com

Ini adalah ponsel pertama Nokia yang menggunakan kamera beresolusi megapixel. Saat pertama kali diluncurkan desain Nokia 7610 ini langsung memukau banyak orang. Di Indonesia sendiri ponsel ini dijuluki dengan Nokia Ketupat, Karena menurut sebagian orang bentuknya mirip seperti ketupat. Spesifikasinya meningkat dengan fitur yang telah diupdate dan juga lebih banyak aplikasi. Nokia 7610 dapat berdiri saat dimiringkan karena permukaan kedua sisinya yang didesain rata.

5. Nokia N73

flickr.com

Nokia N73 adalah ponsel pintar yang diluncurkan pada tahun 2006 dan berbasis 3G. Memiliki dua kamera, depan dan belakang. Yaitu kamera depan VGA dan kamera belakang yang beresolusi 3,4 megapixel. Memory internal 64MB dan ada slot memory yang biasa ditambahkan hingga 2GB. Desainnya cukup apik dengan adanya pelindung di bagian kamera belakang yang bisa dibuka tutup.

6. Nokia N81

flickr.com

Menurut saya ini adalah desain Nokia N series yang terbaik. Memakai konsep untuk bermain game seperti N-Gage, Nokia N81 mempunyai kelebihan dalam permainan atau gaming. Letak keyboard yang didesain memang untuk bermain game. Music player juga salah satu yang saya sukai dari perangkat ini. Memiliki memeori internal 8GB yang saat itu tidak ada perangkat lain yang menggunakan kapasitas penyimpanan sebesar ini.

7. Nokia N95

flickr.com

Saat pertama kali melihan N95 saya cukup kaget karena ternyata lebih bagus dari yang saya perkirakan sebelumnya. Terbagi atas dua varian warna, hitan dan juga silver. Tapi tidak ada perbedaan berarti dari keduanya selain warna dan kapasitas memory yang digunakan. Spesifikasi tidak jauh berbeda dari N81, hanya saja N81 memang didesain untuk bermain game. Menurut saya ini adalah versi lain dari Nokia N81. Dan daya tarik terbesar dari ponsel ini adalah kameranya yang beresolusi 5 megapixel dengan auto fokus.

Masih banyak seri ponsel nokia yang tidak kalah unik. Bahkan sampain sekarang mungkin masih ada yang menyimpannya dan setia menggunakan ponsel yang sempat menjadi raja ini. Siapapun kamu, apapun ceritamu, Nokia adalah temanmu.

Leave a Reply