Gambar Orang Utan dan Tingkah Laku Lucunya

Orang utan adalah satu-satunya spesies kera besar yang ada di Asia dan hanya bisa ditemukan di pulau Kalimantan dan Sumatera, Indonesia. Saat ini populasi orang utan di Indonesia semakin berkurang, ada banyak ancaman terhadap kelangsungan hidup orang utan di Indonesia. Ancaman utama adalah hilangnya habitat hutan hujan sampai 80% dari hutan yang ada di Indonesia selama 20 tahun terakhir.

Ancaman lain adalah perdagangan hewan ilegal dan perburuan terhadap orang utan. Diperkirakan populasi yang tersisa di alam liar adalah 16.000 sampai 65.000 ekor orang utan. Diperkirakan lebih dari 7.000 orang utan Sumatera dan 50.000 orang utan Borneo saat ini bertahan hidup di alam liar. Tingkat penurunan populasi dengan estimasi menunjukkan hilangnya antara 3.000 hingga 5.000 ekor orang utan setiap tahun.

Sedangkan orang utan memiliki tingkat reproduksi yang relatif lambat. Seekor orang utan betina akan siap kawin dan melahirkan saat berumur sekitar 14-16 tahun dan hanya akan melahirkan sekali setiap 8-10 tahun. Reproduksi orang utan juga dipengaruhi oleh ketersediaan makanan. Ketika persediaan makanan berkurang maka tingkat reproduksi orang utan juga akan berkurang.

Kelangsungan hidup orang utan akan menjadi lebih sulit tanpa adanya perlindungan yang efektif dari pemerintah Indonesia. Namun kita sebagai warga negara Indonesia juga harus mendukung pelestarian kelangsungan hidup hewan epidemik asli Indonesia ini. Berikut adalah fakta-fakta tentang orang utan dan tingkahnya yang lucu, yang akan membuatmu ingin melindunginya dari ancaman kepunahan.

 

1. Ketika Turun Hujan Orang Utan Tahu Bagaimana Cara Membuat Payung

gambar orang utan

(FineartamericaCom)

Saat hujan turun biasanya orang utan akan memetik daun dan cabang pohon untuk mereka gunakan sebagai payung yang melindungi mereka di tengah derasnya air hujan. Orang utan menghabiskan waktu mereka seharian duduk dan makan di atas pohon dengan kanopi. Mereka membangun sarang dari cabang-cabang pohon berdaun lebat dan menggunakannya untuk tidur di waktu malam.

2. Orang Utan Akan Merawat Anaknya Selama 6 Tahun Sebelum Anaknya Dapat Hidup Mandiri

greenjournalist.net

greenjournalist.net

orang utan dan anak orang utan

(WorldwildlifeOrg)

orangutan menggendong anaknya

(KompasForum)

orangutan sumatera

(WorldwildlifeOrg)

Orang utan adalah salah satu hewan yang merawat anak-anaknya dengan rentan waktu yang cukup lama, yaitu selama enam sampai tujuh tahun sampai anak-anak mereka dapat hidup mandiri di dalam hutan. Anak orang utan sangat bergantung pada induknya sampai mereka berumur enam sampai tujuh tahun.

Mereka bergerak dengan berayun dan bergantung pada dahan pohon untuk berpindah dari satu pohon ke pohon lain karena tubuh mereka terlalu berat untuk melompat. Setelah tujuh tahun, orang utan muda akan meninggalkan induknya dan membangun wilayah mereka sendiri.

3. Kekuatan Orang Utan Sama Dengan Kekuatan 6 Manusia Dewasa

gambar orang utan

(AlphacodersCom)

orang utan bergelantungan di antara pohon

(TheguardianCom)

Orang utan  atau yang juga dikenal dengan nama Red Ape, memiliki kekuatan yang sama dengan kekuatan enam manusia dewasa, memiliki 4 tangan dan rahang yang kuat, namun orang utan bersikap tenang dan tidak berbahaya asal tidak diganggu. Saat bertemu dengan pejantan lain, orang utan akan mencoba untuk menghindari perkelahian. Namun jika pejantan bertemu dengan betina, mereka akan melakukan perkawinan. (Orangutan Information Center)

4. Orang Utan Memiliki Kesamaan Genetik Hingga 97 % Dengan Manusia

gambar orang utan

(OrangutansCom)

orang utan dewasa

(BorneotropicaladventuresCom)

anak-anak orangutan

(AnimalworldCom)

Orang utan merupakan salah satu kerabat terdekat manusia, karena oran gutan adalah satu-satunya hewan yang memiliki tingkat kemiripan DNA dengan manusia sebesar 97 persen. Orang utan memiliki 4 tangan sebab kaki mereka dapat mencengkram dengan kuat layaknya sebuah tangan. Tangan mereka dapat tumbuh hingga 2 meter melebihi panjang kaki mereka.

Orang utan mamalia arboreal, memiliki bulu tebal berwarna oranye yang menutupi seluruh tubuhnya dengan kulit berwarna hitam keabu-abuan yang nampak di beberapa bagian pada tubuhnya. Orang utan juga memiliki periode kehamilan selama 9 bulan mirip seperti manusia. Orang utan bisa hidup hingga umur 35 tahun, namun bisa mencapai 50 tahun jika hidup di penangkaran.

5. Orang Utan Bisa Tertawa Terbahak-bahak

gambar orang utan sedang tertawa

(ImgkidCom)

Orang utan memiliki rasa empati yang tinggi sehingga saat melihat sesuatu yang mereka sukai, orang utan akan tertawa terbahak-bahak. Orangutan lebih memilih untuk hidup menyendiri (soliter). Orang utan jantan hanya akan bertemu dengan orang utan betina hanya saat mereka kawin saja.

6. Seekor Orang Utan yang Memiliki Kebiasaan Merokok

gambar orang utan sedang merokok

(Myfox8Com)

Seekor orang utan bernama Tori yang ada di kebun binatang Taru Jurug, Solo memiliki kebiasaan buruk seperti manusia yaitu suka merokok. Bayak pengunjung kebun binatang yang memberikan rokok kepada Tori, meskipun petugas kebun binatang sudah melarang pengunjung untuk memberikannya rokok.

7. Orang Utan yang Mendapatkan Hak Asasi Manusia

orang utan buenos aires

(YahooCom)

Orang utan bernama Sandra yang berasal dari kebun binatang Buenos Aires, adalah orang utan pertama di dunia yang mendapatkan hak asasi manusia.

8. Orang Utan Memiliki Kecenderungan untuk Banyak Tidur

gambar orang utan sedang tidur

(WordPressCom)

orang utan tidur di pohon

(FieldherpforumCom)

Orang utan tidak hanya tidur panjang di waktu malam, namun mereka juga tidur disela-sela waktu aktivitas siang mereka. Agar tidak digigit nyamuk orang utan menggunakan daun tarutung sebagai alas tidur mereka, karena daun tarutung adalah daun yang tidak disukai oleh nyamuk.

Orang utan menghabiskan hampir seluruh hidup mereka untuk beraktivitas di atas pohon. Tidak seperti kera besar lainnya yang beraktivitas dan mencari makan di vegetasi tanah, seperti gorila dan sinpanse.

9. Salah Satu Foto Terbaik ‘Nature and Wildlife’ Sony World Photography Awards 2015

orang utan 'Nature and Wildlife' Sony World Photography Awards

(IbtimesCoUk)

Pada ajang Sony World Photography Awards 2015 kategori ‘Nature and Wildlife’, foto dari Indonesia orang utan berpayung daun talas di tengah derasnya hujan masuk nominasi untuk foto terbaik.

10. Orang Utan Suka Makan Pisang

gambar orang utan sedang makan

(PinterestCom)

orang utan sedang makan pisang

(TimetravelturtleCom)

orang utan makan dedaunan

(GreenjournalistNet)

Orang utan merupakan hewan omnivora atau pemakan segala, namun makanan kesukaan orang utan adalah pisang dan buah-buahan seperti buah ara dan leci, namun mereka juga sering makan daun yang masih muda, bunga, kulit pohon dan serangga kecil seperti semut, jangkrik dan rayap.

11. Habitat Orang Utan

orangutan borneo

(WwfOrId)

orang utan di habitat aslinya

(NathabCom)

orang utan di alam liar

(OrangutanCom)

Habitat asli orang utan adalah hutan hujan tropis yang ada di pulau Kalimantan dan pulau Sumatera Indonesia. Orang utan lebih senang tinggal di habitat aslinya daripada di kebun binatang, walaupun mereka harus mencari makanan sendiri dan mendapat ancaman dari hewan buas lain seperti harimau.

Orang utan di kebun binatang Florida mahir menggunakan iPad untuk berkomunikasi dengan petugas kebun binatang. Mereka menggunakan iPad untuk meminta makanan yang mereka inginkan kepada penjaga kebun binatang. Ternyata orang utan tidak kalah dengan kita manusia yang merupakan kerabat dekat mereka.

Leave a Reply