Fungsi Warna Makanan untuk Kesehatan

Tahukah kamu? Buah dan sayuran memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan warna yang terdapat pada buah dan sayuran tersebut. Kamu bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayuran sesuai dengan warna dan kegunaannya. Penting utuk rutin mengkonsumsi beragam sayuran dan buah-buahan untuk mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jangan memilih makanan hanya berdasar  kandungan nutrisi tertinggi saja.

Misalnya, anthocyanin yang menyebabkan blueberry berwarna ungu kebiruan berfungsi untuk menjaga pikiran tetap fokus, lycopene yang memberikan warna merah pada semangka dan tomat dapat membantu melindungi tubuh terhadap pertumbuhan sel-sel kanker, dan beta karoten yang memberikan warna oranye pada wortel dan ubi jalar dapat membantu menjaga tulang tetap kuat, menyehatkan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Alam telah menyediaka semua kebutuhan hidup kita, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Warna yang terkandung pada buah dan sayur bukan hanya sekadar untuk membedakan antara jenis buah dan sayur yang satu dengan yang lain. Warna pada buah dan sayur adalah informasi tentang nutrisi yang terkandung di dalamnya, kenali fungsi buah dan sayur dari warnanya berikut ini.

Warna Putih

buah dan sayur berwarna putih

educlasfpdiet.blogspot.com

Buah dan sayuran berwarna putih berfungsi sebagai dukungan untuk sistem kekebalan tubuh. Warna putih pada buah dan sayur umumnya mengandung Anthoxanthins, Sulfur dan Quercetin, zat-zat ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mereka adalah anti-virus, anti-jamur dan anti-inflamasi, yang membantu tubuh melawan infeksi. Contoh makanan berwarna putih antara lain; bawang putih, daun bawang, kembang kol, jamur dan lobak.

Warna Hijau

buah dan sayur berwarna hijau

zhubneteonline.cz

Buah dan sayuran berwarna putih berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh, buah dan sayur hijau mendapatkan warnanya dari zat klorofil. Berfungsi sebagai pembersih darah alami yang membantu kerja hati dan ginjal dalam detoksifikasi racun. Selain mengandung banyak nutrisi lain, makanan hijau juga mengandung vitamin K yang tinggi, yang diperlukan untuk pembekuan darah dan membangun tulang yang kuat. Contoh makanan hijau antara lain; kale, brokoli, bayam, kacang hijau, seledri, kiwi, anggur hijau dan kubis.

Warna Kuning

buah dan sayur berwarna kining

pletenje.mk

Buah dan sayuran berwarna kuning berfungsi untuk kecantikan, buah dan sayur berwarna kuning mengandung banyak vitamin C, yang membantu mengurangi peradangan, mencegah alergi, dan menjaga kesehatan kulit, serta memiliki kemampuannya untuk melawan radikal bebas. Buah dan sayur berwarna kuning juga mengandung bioflavanoids yang membantu produksi kolagen pada kulit sehingga kulit menjadi sehat dan kencang. Contoh buah dan sayur berwarna kuning antara lain; lemon, nanas, paprika kuning, jeruk dan semangka kuning.

Warna Oranye

buah dan sayur berwarna oranye

www.amwayconnections.com

Buah dan sayuran berwarna oranye berfungsi sebagai pencegahan kanker, buah dan sayur berwarna oranye mengandung beta-karoten yang tinggi, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan antioksidan. Nutrisi ini membantu dalam pencegahan pertumbuhan sel kanker, penyakit jantung dan infeksi, dengan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu membran mukosa. Beta-karoten juga membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Contoh buah dan sayur berwarna oranye antara lain; wortel, melon, ubi jalar, labu dan jeruk orange.

Warna Merah

buah dan sayur berwarna merah

www.euroffice.it

Buah dan sayuran berwarna merah berfungsi untuk kesehatan jantung. Buah dan sayur berwarna merah mengandung banyak fitonutrien likopen dan antosianin, yang membantu melancarkan sirkulasi darah dan fungsi organ sehingga baik untuk kesehatan jantung. Buah dan sayur berwarna merah juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dari matahari. Contoh buah dan sayur berwarna merah meliputi; tomat, semangka, bit, paprika merah dan ceri.

Warna Ungu

buah dan sayur berwarna ungu

spatrendonline.hu

Buah dan sayuran berwarna ungu berfungsi sebagai longevity, buah dan sayur berwarna ungu mengandung antioksidan paling tinggi dari semua warna buah dan sayur. Itu sebabnya buah dan sayur berwarna ungu berkontribusi terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, pencegahan penyakit, dan berhubungan dengan umur yang panjang. Buah dan sayur berwarna ungu juga bisa meningkatkan HDL atau kolesterol baik, dan membantu menjaga kesehatan otak. Contoh buah dan sayur berwarna ungu antara lain; anggur, blackberry, anggur merah, raspberry, blueberry dan terong ungu. 

No Responses

  1. Pingback: Cara alami meluruskan rambut 8 Oktober 2015

Leave a Reply