Desain Kamar Tidur yang Unik & Beda

Kamar tidur adalah salah satu bagian rumah yang sangat personal, oleh karena itu selain memperhatikan faktor kenyamanan, kamar tidur juga sedapat mungkin didesain sesuai dengan keinginan sang pemilik. Dengan mengamati pilihan warna, konsep kamar dan desain interior yang digunakan, kamar tidur dapat mencerminkan karakter dan kepribadian dari pemiliknya.

Bosan dengan desain kamar yang anda gunakan? Kali ini kami akan memberikan informasi berbagai desain kamar tidur dengan tema yang berbeda-beda. Berikut ini adalah berbagai macam karakter kamar yang mungkin bisa menginspirasi anda dalam mendesain kamar tidur.

1. Desain Kamar Tidur Bergaya Pop Art

minimalisrumah.web.id

minimalisrumah.web.id

Jika anda adalah seorang yang berjiwa muda dan selalu ingin menyalurkan energi anda, pasti anda menyukai desain kamar yang satu ini. Begitu anda memasuki kamar bertema pop art ini, perhatian anda akan langsung teralihkan oleh tanda-tanda lalu lintas yang ditempelkan di dinding kamar tidur.

Dari gambar bertuliskan motorcycles, tanda parkir, sampai gambar lalu lintas yang berwarna-warni. Gambar dengan aneka warna tersebut matching dengan bantal berbagai warna yang menambah kesan dinamis dan energik. Pemilihan pernak pernik pun tidak berlebihan, hanya hiasan bertuliskan ‘smile‘ atau ‘laugh‘ yang ditulis dengan gaya grafiti.

Serta yang paling menarik adalah aksesoris berupa sepatu yang diletakkan begitu saja. Mengingat space yang terbatas, rak, meja dan kursi pun dibuat ringkas sehingga kamar pun tidak terlihat berantakan.

2. Desain Kamar Tidur untuk Relaksasi

youtube.com

youtube.com

Namun jika anda adalah orang yang sibuk dan ingin segera beristirahat setelah bekerja, maka kamar yang satu ini bisa menjadi pilihan anda. Didominasi dengan warna biru yang lembut, warna kamar ini menciptakan suasana yang dingin, sehingga menjadikannya pas sebagai tempat untuk relaksasi.

Anda dapat memilih beristirahat di tempat tidur atau hanya sekedar duduk-duduk di sofa yang terlihat sangat nyaman ini.

3. Desain Kamar Tidur untuk Anak Perempuan

youtube.com

youtube.com

Kamar dengan konsep feminim yang satu ini juga bisa menjadi alternatif untuk anda. Detail dari berbagai aksesoris menunjukkan bahwa sang pemilik sangat suka kelembutan. Kamar ini juga merupakan solusi yang tepat bagi anda yang memiliki anak perempuan dan masih bingung dalam menjatuhkan pilihan kamar untuk si buah hati.

Dengan kamar seperti ini, anak-anak anda dijamin akan betah dengan kamar yang menggambarkan kepribadian girly, manis dan ceria. Furniture meja dan rak yang berwarna putih ditambah dengan pernak-pernik seperti mini teddy bear dan kelinci juga semakin mempermanis tampilan kamar.

4. Desain Kamar Tidur Bertema Musik

youtube.com

youtube.com

Tidak hanya sebagai tempat untuk melepas lelah, kamar juga bisa menjadi tempat yang menginspirasi bagi anda, termasuk inspirasi dalam bermusik. Contohnya saja kamar yang satu ini, kamar ala musisi ini dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris musikal seperti hiasan mini musik instrumen, gambar band legendaris The Beatles, plus lengkap dengan partitur lagu mereka dan juga melodi di dinding yang membuat ruangan ini terasa begitu groovies.

5. Desain Kamar Tidur Bernuansa Alam

youtube.com

youtube.com

Lain lagi jika anda seorang pecinta alam yang ingin selalu merasa segar setiap kali membuka mata di pagi hari, anda dapat mencoba desain kamar yang satu ini. Nuansa alam sangat terasa melalui pemilihan warna untuk dinding, wallpaper, bedcover, bantal, hingga karpet yang digunakan.

Warna hijau sendiri diaplikasikan untuk membantu menciptakan suasana yang lebih santai, menyegarkan mata sehingga sangat baik untuk waktu istirahat anda. Penggunaan cermin yang cukup besar di pojok ruangan dimaksudkan untuk memberi kesan ruangan yang lebih luas, sehingga pemilik kamar pun merasa lebih lega di dalam kamar.

6. Desain Kamar Tidur Olive Tree

youtube.com

youtube.com

Kamar ini mengusung tema reduce, reuse dan recycle. Desain kamar tidur sangatlah sederhana, dominasi warna hijau dari dinding kamar menimbulkan nuansa tenang dan sejuk. Tempat tidur di kamar ini didesain menyerupai kereta dorong dengan 4 buah roda sebagai penyangganya.

Dengan adanya roda tersebut dapat memudahkan kita ketika ingin mengubah layout kamar. Hanya ada sedikit aksesoris yang menghiasi kamar ini. Diantaranya ada dua kotak buah yang dimanfaatkan sebagai pengganti meja. Selain itu ada juga kotak kayu sebagai tempat hiasan dari botol dan kaleng yang sudah tidak terpakai.

Hanya dengan menambahkan peralatan jahit seperti benang, meteran dan kancing baju ke dalam botol sudah cukup untuk mempercantik kamar. Untuk menetralkan warna cokelat agar tidak terkesan kaku, diletakkan sebuah lukisan yang terbuat dari gabungan teks lagu bekas, potongan gambar dari majalah serta kain perca.

7. Desain Kamar Tidur Walnut Tree

youtube.com

youtube.com

Desain kamar tidur yang satu ini dibuat dengan tema industrialis. Finishing interiornya didominasi oleh material kayu dan besi. Salah satu dinding kamar sengaja diekspos material batu batanya. Kemudian diperkuat dengan penambahan detail seperti plat besi serta baut sehingga membantu menghadirkan atmosfer industrial namun sekaligus hangat dan nyaman.

Rangka tempat tidur berwarna yang dikontraskan dengan kasur dan spray warna putih ditambah adanya miniatur mesin dipojok ruangan seolah menggambarkan keadaan di pabrik. Kehadiran lampu meja dengan pilihan material metal juga menimbulkan kesan kuat dan kokoh. Kamar ini cocok bagi anda yang ingin merasakan sensasi tinggal di area pabrik.

8. Desain Kamar Tidur Mulberry Tree

youtube.com

youtube.com

Berbeda dengan beberapa kamar sebelumnya, di kamar yang bernama mulberry tree room, anda dapat merasakan nuansa negeri Ratu Elizabeth. Salah satu ciri khasnya pastilah bendera Britania Raya atau yang sering disebut union jack yang diaplikasikan pada bantal dan kaleng tempat remote televisi.

Tidak heran jika warna yang dominan di kamar ini adalah warna biru dan merah. Warna biru digunakan untuk melapisi seluruh dinding kamar. Sedangkan warna merah diaplikasikan pada meja kecil serta pernak-pernik hiasan dinding yang khas untuk memperkuat nuansa yang diinginkan.

Untuk membuat atmosfer Britanian semakin terasa pemilik kamar sengaja memilih hiasan yang terinspirasi dari segala hal yang menjadi icon Britania Raya. Diantaranya ada miniatur bus tingkat khas London bertuliskan London Evening News. Selain itu ada juga miniatur kotak surat yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan uang koin. Serta yang tak kalah khasnya ada miniatur box telepon umum yang terasa UK sekali bukan.

Tips Mendesain Kamar Tidur:

  1. Banyak alternatif yang bisa dipilih untuk mendesain kamar yang sesuai dengan kepribadian anda. Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah menentukan tema untuk tempat tidur anda, apakah tempat tidur anda akan bergaya minimalis, victorian, retro, japanese style, kontemporer, itu semua tergantung pada preferensi anda.
  2. Pilihlah warna favorit untuk kamar tidur anda, pemilihan warna menjadi hal yang penting karena menentukan suasana pada kamar. Seperti perpaduan warna biru dan hijau muda yang memberikan efek sejuk dan menenangkan pada kamar. Atau perpaduan warna ungu dan putih yang balance di kamar anda.
  3. Pilihlah furniture dan aksesoris yang tepat untuk kamar anda tentu saja yang harus sesuai dengan tema kamar anda. Sebagai contoh rak kayu dan lukisan-lukisan untuk kamar bergaya jepang, atau furniture-furniture unik yang pas jika diletakkan di kamar bergaya retro.

Jenis Tempat Tidur Untuk Ruang yang Sempit

Tempat tidur adalah bagian penting dalam sebuah ruangan, bagaimana tidak saat beristirahat dan melepas lelah membutuhkan tempat yang nyaman dan mampu mengembalikan kesegaran tubuh kita. Tapi bagaimana jika ukuran kamar kita tidak terlalu luas atau sempit, tempat tidur seperti apa yang cocok?

Berikut adalah informasi mengenai berbagai jenis desain tempat tidur dalam kamar yang sempit namun tetap terasa nyaman saat kita gunakan untuk beristirahat. Tempat tidur atau ranjang minimalis memiliki beberapa jenis menurut kapasitasnya, yaitu single bed atau satu ranjang kecil untuk ditempati satu orang. Double bed atau satu ranjang besar untuk ditempati dua orang. Dan twin bed atau dua ranjang terpisah untuk dua orang.

Tempat tidur memiliki beberapa perhitungan tersendiri serta ketentuan khusus, apalagi jika berada pada kamar yang sempit. Biasanya ranjang yang digunakan adalah jenis ranjang single bed, namun bukan hanya ukuran ranjang yang mempengaruhi kenyamanan beristirahat, desain ranjang pun dapat kita pilih sesuai dengan mood si penghuni kamar.

1. Tempat Tidur Single Bed Unik

youtube.com

youtube.com

Sebagai contoh single bed dengan kapasitas satu orang ini memiliki desain yang unik. Ranjang ini didesain dengan bentuk bergelombang pada bagian kasurnya. Pola gelombang pada kasur berlanjut ke bagian sandaran kepala atau yang dikenal dengan headboard.

Headboard pada ranjang ini berlanjut sampai ke plafon kamar tidur yang membuat seolah dimensi ranjang menjadi lebih lebar. Pemilihan warna putih juga membuat kamar ini terlihat luas dan bersih, yang tentunya cocok untuk anda yang menyukai kebersihan.

Kesan luas kamar juga diperkuat karena pemilihan kaki ranjang yang dilapisi cermin. Untuk menunjang kenyamanan bantal yang digunakan adalah bantal bulu yang sangat lembut, dengan begitu anda akan lebih rileks saat berada di sini.

2. Tempat Tidur Dengan Headboard Rak

youtube.com

youtube.com

Contoh kedua ada pada kamar tidur ini, ranjang ditempatkan pada ujung kamar yang mengakibatkan kesan lapang karena ukuran kamar yang dipakai termanfaatkan dengan baik. Ranjang yang digunakan tetap jenis single bed, namun dengan permainan striping warna yang cerah pada wall cover dan senada dengan bed cover yang membuat suasana kamar menjadi lebih segar.

Dengan menempatkan rak pada headboard anda dapat menyimpan berbagai benda kesayangan anda di sini tanpa harus beranjak dari ranjang, nyaman bukan?

3. Tempat Tidur Bertema Jepang

youtube.com

youtube.com

Jenis ranjang yang lain tidak kalah menarik, mengusung tema Jepang ranjang ini dibuat rendah atau dengan nama lain futon bed. Kasur yang digunakan juga merupakan jenis dari single bed. Walaupun alas kasur berukuran setengah dari ukuran kamar namun tidak menjadikan ranjang ini terlihat sempit.

Pada headboard dibuat dengan pola memanjang ke atas seperti susunan bantal yang akan membuat anda semakin nyaman jika menyandarkan badan ke bantalan headboard. Konsep seperti ini biasanya dipakai oleh anak laki-laki, hal tersebut terlihat dari gayanya yang simple serta pemilihan warna yang didominasi oleh warna hitam.

Make Over Bedroom Ala Dsign

Untuk mendekorasi sebuah kamar sesuai dengan tema yang kita inginkan tidak perlu menggunakan pernak pernik yang terlalu banyak, kunci utamanya adalah dengan mengetahui ciri khas suatu tema dan mengaplikasikannya dengan tempat pada interior kamar seperti video di atas.

Untuk menyiasati kamar yang sempit anda dapat menggunakan ranjang dengan jenis single bed. Dan agar anda tetap merasa nyaman, anda bisa menambahkan beberapa elemen dekorasi menarik pada ranjang anda. Contohnya pada headboard dan pemilihan warna.

Tunggu apa lagi? Mulailah mendesain kamar tidur sesuai dengan kepribadian anda sehingga anda pun merasa betah dan nyaman di dalamnya. Jika anda memiliki bagian ruangan favorit di rumah anda, kirimkan foto ruangan tersebut melalui email kami desainaladekorasi@gmail.com, mungkin kami akan menampilkannya pada artikel-artikel kami selanjutnya. Semoga tips dekorasi kamar tidur di atas bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk mendesain kamar tidur di rumah anda. So selamat mencoba!

Leave a Reply