Daur Hidup Kecoa

Kecoa adalah serangga yang memiliki tubuh berbentuk oval dan pipih, warnanya cokelat pekat dengan panjang sekitar 5 cm. Kecoa memiliki satu mata tunggal dan dua mata majemuk dengan kepala yang berada di bawah pronotum. Kecoa jantan/betina memiliki sepasang sayap yang bisa terbang.

Kecoa merupakan salah satu serangga yang bisa ditemui dimana saja, di rumah, di sekolah, di kantor, di kamar mandi dan di tempat-tempat lain. Kecoa biasa hidup di tempat-tempat kotor, lembab dan tempat-tempat yang memiliki banyak sumber makanan. Kecoa dianggap serangga hama karena tempat hidupnya yang kotor dan membawa penyakit bagi manusia.

Kecoa adalah salah satu hewan yang aktif di malam hari, mereka suka tempat-tempat gelap seperti di kolong tempat tidur atau di dalam lemari. Kecoa merupakan indikasi kebersihan di suatu tempat, jika terdapat banyak kecoa bisa dipastikan tempat tersebut tidak terjaga kebersihannya. Berikut penjelasan mengenai daur hidup serangga paling dibenci manusia ini.

1. Telur Kecoa

(globalhygiene.co)

(globalhygiene.co)

Fase pertama dari daur hidup kecoa dimulai dari telur. Telur kecoa memiliki ukuran yang keci, bentuknya seperti kapsul dan berwarna cokelat kehitaman. Telur kecoa tidak mudah pecah karena memiliki cangkang yang keras. Kecoa biasa bertelur di tempat-tempat kotor seperti di dekat tempat sampah, atau tempat-tempat yang tersembunyi seperti di balik lemari.

Tempayak

(blogspot.com)

(blogspot.com)

Setelah kecoa betina bertelur, kecoa jantan akan membuahi telur tersebut. Telur yang telah dibuahi akan menetas menjadi tempayak atau bayi kecoa. Tempayak memiliki ukuran tubuh yang kecil dan berwarna putih.

2. Nimfa

(aexpi.com)

(aexpi.com)

Pada fase ini, tempayak akan berkembang menjadi nimfa atau kecoa remaja. Nimfa memiliki ukuran hampir sebesar kecoa dewasa. Perbedaan nimfa dengan kecoa dewasa adalah, nimfa tidak memiliki sayap yang digunakan untuk terbang seperti kecoa dewasa.

3. Imago (Kecoa Dewasa)

(satujam.com)

(satujam.com)

Sebelum menjadi kecoa dewasa nimfa akan berganti kulit, kemudian sayapnya akan tumbuh dan berangsur menjadi Imago atau kecoa dewasa. Pada fase ini keoco sudah memiliki tubuh yang sempurna dan dapat terbang di udara. Kecoa dewasa akan bertelur dan memulai kembali daur hidup kecoa.

Leave a Reply