Daur Hidup Katak

Katak adalah hewan yang hidup di dua alam (amfibi) sehingga katak bisa hidup di air (tawar) dan di darat. Katak merupakan pemakan serangga, tubuhnya licin dan berwarna hijau. Katak pandai melompat karena memiliki kaki belakang yang lebih panjang. Katak juga pandai berenang karena kakinya memiliki selaput yang membantunya dalam berenang di air.

Katak tidak sama dengan kodok, kodok memiliki kaki belakang yang pendek sehingga kebanyakan kodok tidak pandai dalam melompat. Tubuhnya berwarna merah kecoklatan, kulitnya kering dan berbintil-bintil. Kodok lebih sering menghabiskan waktunya di daratan daripada di dalam air. Ukuran tubuh kodok kebanyakan lebih besar daripada ukuran tubuh kodok.

Katak adalah hewan yang mengalami fase metamorfosis pada siklus hidupnya. Daur hidup katak dimulai dari telur, berudu (kecebong), katak muda, kemudian menjadi katak dewasa. Berikut penjelasan singkat dari setiap fase yang terjadi pada daur hidup katak.

Telur Katak

(pixabay.com)

(pixabay.com)

Daur hidup katak dimulai dari telur, dalam sekali bertelur induk katak dapat menghasilkan telur sebanyak 5 sampai 20 ribu butir telur. Namun tidak semua telur dapat bertahan, menetas dan menjadi katak. Banyak faktor yang menjadi penyebab telur katak tidak dapat bertahan sampai menetas, salah satunya adalah pemangsa. Setelah 21 hari, telur katak yang bisa bertahan akan menetas menjadi berudu.

Berudu (Kecebong)

(blogspot.com)

(blogspot.com)

Di fase selanjutnya, telur katak akan menetas menjadi berudu (kecebong). Berudu yang baru menetas masih memiliki cadangan makanan berupa kuning telur yang ada di bagian bawah perutnya. Berudu yang telah berumur 1 minggu akan mulai mencari makanan sendiri berupa alga yang ada di air.

Kecebong bernapas dengan mengunakan insang, sampai kecebong berumur 4 minggu, kakinya akan mulai terbentuk dan kecebong akan mulai bernapas menggunakan paru-paru. Pada fase ini kecebong mulai memakan cacing dan jentik nyamuk. Setelah minggu ke 9, kecebong akan berubah menjadi katak muda.

Katak Muda

(blogspot.com)

(blogspot.com)

Setelah berusia 3 bulan, kecebong akan berubah menjadi katak muda yang memiliki kaki yang sempurna. Katak muda masih memiliki ekor kecebong, namun tidak sepanjang ekor kecebong, ekor katak hampir tidak terlihat. Pada fase ini katak muda sudah mulai bernapas menggunakan paru-paru, dan mulai berburu serangga sebagai makanan utamanya.

Katak Dewasa

(pirojok.net)

(pirojok.net)

Katak dewasa adalah katak yang berumur sekitar 4 bulan dan sudah memiliki bentuk tubuh yang sempurna. Katak dewasa lebih sering menghabiskan waktunya di darat untuk mencari makanan. Pada fase ini katak dewasa akan melakukan perkawinan dan akan menghasilkan telur-telur yang nantinya akan kembali mengalami daur hidup katak.

Leave a Reply