Ini Dia Dampak Terlalu Lama Menatap Layar Komputer Bagi Kesehatanmu

Apakah kamu adalah tipe orang yang sering menghabiskan waktu di depan komputer atau laptop? Untuk sekedar bermain game, browsing, cating, menulis blog atau mengerjakan tugas kuliah? Atau kamu adalah pegawai kantor yang menghabiskan waktu 8 jam atau lebih di depan layar komputer setiap hari? Jika iya, kamu harus tahu dampak terlalu lama menatap layar komputer bagi kesehatanmu.

Kita sering lupa waktu jika sudah di depan komputer atau laptop dan kamu sering mengalami keluhan mata lelah atau kepala pusing. Ini adalah gejala awal mata yang mengalami penurunan fokus. Jika keadaan seperti ini dibiarkan lama-kelamaan kamu harus menggunakan kacamata untuk bisa melihat dengan jelas. Itu dikarenakan otot mata mengalami pengenduran akibat terlalu lama memfokuskan mata pada layar komputer.

Tapi terlalu lama di depan komputer bukan hanya menyebabkan gangguan kesehatan pada mata saja, kamu juga bisa mengalami gangguan kesehatan lain seperti sakit kepala, nyeri leher, sakit punggung dan jari tangan mati rasa. Tentu kamu tidak mau kan memakai kacamata sampai tua nanti? Karena kesehatan adalah investasi jangka panjang yang harus dijaga dari sekarang. Untuk itu lakukan langkah-langkah ini agar kamu tidak mengalami gangguan-gangguan kesehatan di atas.

1. Istirahatkan Mata.

flickr.com

Saat kamu mulai lelah bekerja di depan komputer usahakan mengistirahatkan mata sejenak. Biasakan untuk mengistirahatkan mata setiap dua puluh menit sekali. Caranya dengan memandang sebuah objek sejauh kurang lebih dua puluh meter selama kurang lebih dua puluh detik. Ini berfungsi untuk mengencangkan otot-oto pada mata, terutama pada otot siliaris yang berfungsi untuk menyesuaikan bentuk lensa sehingga memfokuskan pandangan mata.

Jangan lupa sesuaikan kecerahan layar monitor komputer kamu, sebaiknya tidak terlalu terang. Agar mata tidak mengalami kerusakan saat melihat monitor terlalu lama. Atau kamu juga bisa menggunakan kacamata anti silau untuk mengurangi kecerahan yang berlebihan pada monitor agar mata selalu terjaga dari paparan cahaya. Berikan jarak antara monitor dan tempat duduk kamu, atur posisimu senyaman mungkin agar kamu tidak kesulitan melihat objek tulisan pada monitor. Usahakan saat melihat monitor punggung dan leher tidak terlalu membungkuk.

Sering-sering berkedip adalah salah satu cara paling mudah agar mata senantiasa terjaga kesegarannya. Kedip-kedipkan mata setiap beberapa menit sekali atau setiap mata kamu sudah merasa lelah, maka mata akan kembali segar. Tidak ada salahnya kamu rutin memeriksakan kesehatan mata setiap beberapa bulan sekali. Supaya bila ada gangguan kesehatan pada mata, bisa segera terdeteksi dan segera melakukan pencegahan atau pengobatan. Jagalah kesehatan mata anda agar selalu berfungsi dengan optimal. Karena mata adalah indra yang paling penting.

2. Lakukan Peregangan dan Olahraga Ringan Jika Kamu Sudah Merasa Lelah.

widaku.com

Selain gangguan kesehatan mata banyak juga yang mengeluhkan gangguan kesehatan lain seperti sakit kepala, nyeri punggung, nyeri leher dan jari tangan mati rasa. Gangguan kesehatan tersebut mungkin tidak terlalu buruk tapi jika didiamkan bisa menyebabkan penyakit berbahaya lainnya. Untuk itu kamu bisa melakukan stretching atau peregangan untuk melemaskan otot yang kaku.

Kamu bisa memijat-mijat sendiri bagian kepala yang terasa nyeri, pijat perlahan dan rilekskan pikiran. Duduk tegak di atas kursi kemudian gerakan kepala ke atas dan ke bawah, ke kanan dan kiri. Gerakan ini untuk menghilangkan rasa kaku dan nyeri pada leher. Kemudian angkat dan renggangkan kedua tangan, gerakkan ke kanan dan kiri hitung sampai delapan hitungan dan ulangi lagi. Gerakan ini bisa kamu ulang-ulang untuk melemaskan otot-otot yang nyeri dan kaku. Setelah itu lakukan peregangan pada jari-jari tangan, luruskan siku dan istirahatkan sejenak dari keyboard komputer. Kamu akan merasa jari-jari tangan kembali terasa enak digerakan.

3. Perbanyak Minum Air Putih.

flickr.com

Minumlah air putih sekurang-kurangnya 8 gelas atau 2 liter perhari, karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, maka untuk menjaga metabolisme tubuh agar senantiasa bekerja dengan baik kamu harus minum air putih yang banyak. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, banyak sekali manfaat air putih bagi tubuh. Seperti untuk melembabkan kulit, melancarkan pencernaan, menjaga berat badan, meringankan kerja ginjal dan masih banyak manfaat air yang lain. Jadi biasakanlah minum air putih yang banyak setiap harinya

4. Letakkan Tanaman Kaktus di Dekat Komputermu.

flickr.com

 

Memang belum ada penelitian yang terpercaya, namun beberapa sumber yang pernah saya baca menerangkan tanaman kaktus dapat mengurangi radiasi laptop yang bisa memicu penyakit kangker otak. Tidak ada salahnya kamu mencoba cara ini untuk melindungi otak dari radiasi yang di timbulkan oleh laptop. Selain itu tanaman kaktus juga bisa mempercantik meja kerjamu dan memberikan sentuhan alami di ruang kerjamu.

Demikian langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika kamu harus bekerja setiap hari duduk di depan layar komputer. Untuk mencegah meningkatnya resiko penyakit yang lebih serius karena kebiasaan buruk di depan komputer. Jika kamu melakukan poin-poin di atas, akan lebih mudah bagimu menjaga kesehatan.

Leave a Reply