Amalan untuk Orang Miskin yang Pahalanya Sama dengan Bersedekah

Saya Tidak Punya Harta untuk Bersedekah

Suatu ketika dantang orang miskin kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah orang kaya itu menyenangkan, mereka banyak mendapat pahala, mereka sholat seperti kamipun sholat, mereka berpuasa kamipun juga berpuasa, akan tetapi kelebihan orang kaya adalah mereka bisa bersedekah dengan harta yang mereka miliki sementara kami tidak memiliki harta”.

Ini adalah kecemburuan yang positif, bukan kecemburuan negatif, yaitu mereka hendak belomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Orang miskin melihat orang kaya berpuasa, melihat orang kaya sholat, melihat orang kaya bersedekah. Sementara orang miskin bisa berpuasa bisa solat namun tidak bisa bersedekah karena tidak memiliki harta.

Maka Nabi SAW memberitahu “Bukankah Allah menjadikan untuk kamu wahai orang miskin amalan yang kamu diganjar sama dengan bersedekah seperti orang kaya” kata mereka “Apa itu wahai Rasulullah?” Rasulullah SAW menjawab, “Satu tasbih satu sedekah, satu takbir satu sedekah, satu tahlil satu sedekah, satu tahmid satu sedekah” maka jika kalian tidak bisa bersedekah dengan harta, bersedekahlah dengan dzikir. Subhanallah walhamdulillah wallailahailallah waullahuakbar.

Mendengar hal itu kaum fakir miskin gembira sekali, karena apa, mereka bisa menyaingi orang kaya dalam urusan bersedekah namun dengan bertasbih dan berdzikir kepada Allah SWT. Orang kaya mendengar orang miskin bersedekah dengan berdzikir kepada Allah SWT, maka orang kaya pun ikut berdzikir pula.

Kemudian orang miskin kembali bertanya kepada Rasulullah SAW, kata baginda Rasulullah SAW “Ini adalah satu bagian nasib yang sudah Allah SWT tentukan kepada segolongan manusia yang tidak ada pada yang lain”. Kalau semua orang kaya siapa yang akan bekerja? Kalau semua orang miskin siapa yang akan memberikan gaji? Pastilah ada kelebihan pada segolongan dan kekurangan pada segolongan lain. Karena hidup ini adalah saling melengkapi satu dengan yang lain. Kalau tidak ada orang miskin bagaimana orang kaya akan bersedekah?

 

Konten terkait:

Balasan Bagi Orang yang Bersedekah dengan Ikhlas

Jangan Bersedekah dengan Barang yang Kurang Baik

Bersedekahlah Dengan Harta Yang Kamu Cintai

Siapa yang Lebih Berhak Menerima Sedekah?

No Responses

  1. Pingback: Keutamaan Sedekah 30 September 2015

Leave a Reply