Rahasia Menambah Tinggi Badan dengan Hasil yang Permanen

Mengapa kamu perlu menambah tinggi badan? Tinggi badan merupakan faktor yang bisa menambah percaya diri baik dari segi penampilan, olahraga maupun karir. Dengan tinggi badan yang proporsional bisa membantu seseorang meningkatkan kepercaya dirinya, dengan badan yang tinggi maka penampilan akan lebih terlihat menarik.

Tubuh dengan tinggi yang proporsional juga bisa membantu seseorang untuk lebih mudah mendapat pekerjaan. Perusahaan-perusahaan seperti perhotelan, penerbangan, restoran dan lain-lain mayoritas menjadikan tinggi badan menjadi salah satu persyaratan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Belum lagi seperti angkatan atau militer yang juga bersyarat mutlak dengan tinggi badan yang memadai.

Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan

Pasanagn yang memiliki tubuh tinggi akan melahirkan anak-anak dengan tubuh yang tinggi pula

BbcCom

Postur tubuh seseorang cenderung dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Sehingga bila kita melihat suatu pasangan yang tinggi maka biasanya akan menghasilkan anak-anak yang tinggi juga. Faktor gizi juga sangat berpengaruh, terutama pada masa-masa pertumbuhan seperti pada umur dibawah 18 tahun. Jika pada masa pertumbuhan ini terjadi kekurangan kalsium, fosfor dan magnesium maka pertumbuhan tulang tidak akan maksimal.

Masalah kekurangan mineral fosfor sanagt jarang ditemukan, namun lain halnya dengan masalah kekurangan kalsium yang sangat sering ditemukan. Hal ini disebabkan karena mineral kalsium hanya terdapat dalam bahan pangan yang lebih terbatas. Di negara Amerika tidak ada masalah pada kekurangan kalsium karena memiliki pola makanan yang sudah mampu memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan seperti susu, keju dan telur.

Sebelum memulai latihan-latihan di bawah ini, perhatikan apakah kamu memiliki riwayat kecelakaan yang mengakibatkan cidera, patah atau kelainan pada tulang. Bila kamu pernah mengalami suatu kecelakaan yang berpengaruh pada susunan tulang terutama pada tulang punggung dan tulang kering, ada baiknya bagimu untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu guna menghindarkan efek yang tidak diinginkan pasca latihan.

Biasanay tulang akan terhenti pertumbuhannya pada umur 20an tahun. Namun bila kamu sekarang berumur lebih dari 20 tahun, latihan ini bisa untuk menambah tinggi badanmu. Latihan ini berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan tumpukan cakram pada tulang rawan atau intervertebral discs yang terdapat pada tulang belakang yang teksturnya lebih lunak dari tulang pada umumnya.

Bagaimana Cara Menambah Tinggi Badan?

cara menambah tinggi badan dengan berolah raga

ThesunIe

Tulang belakang berfungsi untuk menopang tiap ruas tulang punggung yang jumlahnya 33, yaitu tujuh buah pada tulang leher, dua belas buah pada tulang punggung, sepuluh buah pada tulang pinggang dan tulang kelangkang dan empat buah pada tulang ekor. Latihan ini bertujuan untuk menstimulasi tulang punggung yang berfungsi sebagai peredam kejut dalam aktivitas kita sehari-hari, sehingga membentuk tulang punggung yang lebih panjang dan menghasilkan penambahan tinggi badan.

cakram tulang rawan akan bertambah massanya setelah bangun tidur

BlogspotCom

Komponen tulang ini cukup lunak dan lentur, sehingga tubuh bisa menoleh, membungkuk dan lain sebagainya, unsur tersebut adalah material yang berpotensi dalam tulang punggung kita untuk sedikit diperpanjang melalui latihan-latihan dibawah. Dari 12 ruas tulang punggung yang tiap ruas terdapat tulang rawan dengan ketebalan minimal ¼ inch. Dengan latihan dibawah ketebalannya akan bertambah sekitar ¼ inch lagi, sehingga ¼ inch dikali 12, maka tinggi badan akan bertambah 3 inch atau sekitar 8 cm.

Penambahan ketebalan cakram bisa lebih tebal dari ¼ inch, sehingga masih berpotensi untuk lebih tinggi dari 8cm. Pada waktu-waktu tertentu seperti baru bangun tidur cakram tulang rawan manusia menebal, itu sebabnya tubuh sedikit lebih tinggi setelah bangun tidur. Namun ketika digunakan untuk beraktivitas ketebalannya kembali menciut. Itulah salah satu pengaruh dari penebalan tulang rawan pada tulang punggung manusia.

Olahraga Untuk Menambah Tinggi Badan

Latihan dibawah bertujuan untuk membuat bagian tulang rawan semakin menebal dengan dibantu makanan penunjang yang berfungsi agar cakram tersebut makin kuat, tebal, solid dan tidak kembali menciut. Ada beberapa latihan yang dapat mempertebal tulang cakram seperti streching/peregangan, postural exercise/latihan postur, kicking/menendang, dan hanging/bergantungan.

1. Peregangan (Stretching)

pereganagan sebaiknya dilakukan pagi hari setelah bangun tidur

BodyroomRu

Hadapkan tubuh dan bersandarlah pada tembok, angkatlah kedua tangan setinggi tingginya seperti hendak meraih sesuatu yang tinggi, kepala mendongak ke atas dengan kaki menjinjit. Tahan posisi tersebut dalam hitungan 8 lalu berdiri kembali. Lakukan sebanyak sepuluh kali, selama peregangan pastikan kamu merasakan bahwa tulang belakang memanjang, ini bertujuan sebagai sugesti untuk penambah massa cakram.

2. Latihan Postur (Postural Exercise)

Latihan Postur berguna untuk menambah massa tulang rawan

GreatistCom

Latihan postur dapat disebut juga dengan yoga. Bagi orang-orang yang belum terbiasa dengan yoga, pada awalnya mereka akan mengalami kesulitan dan ketidak nyamanan dalam setiap gerakan. Namun setiap usaha butuh kesabaran dan ketekunan bila ingin membuahkan hasil. Mungkin kamu akan merasa kesulitan diawal, namun bila hal ini sudah menjadi rutinitas sehari-hari maka aktivitas ini seolah-olah akan menjadi kebutuhan kamu.

Yoga merupakan olahraga untuk mengolah tubuh, mental dan spiritual. Dengan mental yang baik maka akan berpengaruh kepada metabolisme tubuh yang baik. Bila seseorang sedang menjalani suatu program latihan, namun dalam menjalaninya mengalami stress dan depresi, maka tidak akan mendapat hasil optimal. Latihan yoga bertujuan untuk menstimulasi cairan tulang belakang agar massa tulang cakram bertambah sekaligus mengurangi stress dan depresi, sehingga berpotensi untuk membantu pertumbuhan tinggi badan.

Saat mengambil nafas hiruplah melalui hidung dan hembuskan lewat mulut dan menutup mata selama melakukan latihan agar dapat lebih rileks dan fokus. Setelah melakukan gerakan-gerakan yoga berbaringlah dan rasakan tubuh dan mental menjadi lebih bugar. Lakukan gerakan-gerakan yoga 3 jam sebelum atau setelah makan. Waktu terbaik untuk melakukan gerakan yoga ini adalah di pagi hari setelah bangun tidur, karena pada saat tersebut cakram tulang punggung sedang mengalami pemuaian. Setelah latihan minumlah segelas air yang dicampur dengan satu sendok teh gula dan ¼ sendok teh garam.

1. Rotating Pelvis

Duduk bersila dengan tangan diatas lutut, putarkan tubuh bagian atas secara rotasi seperti gerakan terhuyung. Lakukanlah dengan perlahan dan serileks mungkin. Ulangi putaran tersebut sampai sebanyak 25 kali. Gerakan ini berfungsi untuk membuka energi pada tulang belakang dan memberikan energi pada organ dalam tubuh.

2. Spinal Flexibility

Masih dalam posisi duduk bersila, pegang pergelangan kaki  kemudian ambil nafas dalam-dalam dengan punggung tegap kemudian hembuskan lewat mulut. Saat mengambil nafas rasakan seolah-olah energi masuk menuju ke tulang belakang dan saat menghembuskan nafas rasakan energi tersebut keluar dari tubuh. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali. Gerakan ini berfungsi untuk meregangkan tulang cakram punggung bagian bawah dan menstimulasinya.

3. Spinal Flex on Heels

Ubah posisi duduk menjadi duduk diatas tumit, kemudian letakkan tangan diatas paha dan lakukan olah nafas seperti posisi spinal flexibility. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali, gerakan ini berfungsi untuk menstimulasi dan meregangkan tulang cakram punggung bagian tengah.

4. Spinal Twist

Duduk diatas kedua tumit kemudian letakkan kedua tangan di pundak, dengan posisi ibu jari di belakang dan jari lainnya berada didepan. Tarik nafas kuat-kuat dan putarkan tubuh dan kepala kekiri lalu hembuskan nafas. Ulangi menarik nafas kemudian putarkan tubuh dan kepala anda kekanan dan hembuskan nafas perlahan. Selama melakukan gerakan tersebut fokuskan fikiran pada tulang belakang dan rasakan putarannya. Lakukan berulang gerakan ini sebanyak 20 kali. Gerakan ini berfungsi untuk menstimulasi dan meregangkan tulang cakram punggung bagian atas.

5. Elbow Bends

Kembali duduk dengan posisi bersila kemudian letakkan kedua telapak tangan di bagian belakang kepala dengan posisi terkunci. Lengkungkan tubuh kekiri sambil mengambil nafas perlahan kemudian lengkungkan tubuh ke kanan sambil menghembuskan nafas lewat mulut. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali. Usahakan siku pada posisi serendah mungkin saat melengkungkan tubuh. Gerakan ini berfungsi untuk menstimulasi organ vital seperti hati, pankreas, lambung dan usus. Gerakan ini juga dapat meningkatkan kelenturan tulang belakang.

6. Shoulder Shrug

Posisi tubuh masih dalam keadaan bersila dan letakan tangan di lutut, kemudian angkat kedua bahu sambil mengambil nafas yang dalam, setelah itu turunkan bahu sambil menghembuskan nafas lewat mulut. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 20 kali dan akhiri gerakan shoulder shrug dengan mengambil nafas, tahan hingga hitungan ketiga lalu hembuskan perlahan. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan efek rileks pada bahu dan punggung bagian atas.

7. Neck Rools

Posisi tubuh masih dalam keadaan bersila dan tubuh tegap kemudian putar kepala ke kanan 90º selama kurang lebih 30 detik, lalu ganti memutarnya ke kiri, lemaskan leher saat melakukan putaran. Gerakan ini bertujuan untuk menghilangkan ketegangan pada otot-otot leher dan menstimulasi kelenjar tiroid.

8. Snaking

Posisikan tubuh telungkup diatas lantai dengan telapak tangan menopang tubuh seperti posisi push up. Tarik nafas dalam-dalam dan naikkan punggung secara perlahan, disusul dengan menaikan kepala. Angkatlah kepala hingga posisi setinggi mungkin sambil menahan nafas, lalu hembuskan lewat mulut. Ulangi sebanyak 3 kali, gerakan ini bertujuan untuk menguatkan punggung bagian bawah.

9. Rolling Spine

Posisikan tubuh berbaring diatas punggung dengan menggunakan matras dan tekuklah kedua kaki dengan bantuan kedua tangan, arahkan lutut ke dagu, lalu ayunkan tubuh ke atas dan ke bawah dengan lekukan tulang punggung agar terjadi efek memijat dari punggung bagian atas hingga bagian bawah. Lakukan gerakan ini sekitar 2 menit, gerakan ini berfungsi untuk mengalirkan energi pada tulang belakang.

10. Head up and down

Posisikan tubuh tengkurap dengan seperti merangkak, kemudian ambil nafas dengan kepala mendongak sambil merendahkan punggung dengan posisi tangan tegak lurus. Kemudian hembuskan nafas dengan kepala merunduk sambil menaikkan punggung keatas. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali dan setelah selesai duduklah dengan rileks diatas tumit. Gerakan ini berfungsi untuk menstimulasi kelenturan tulang belakang.

11. Split Stretch

Duduk di lantai dengan kedua kaki terbuka lebar dan peganglah kaki pada posisi dimana tangan dan kaki tetap lurus. Ambil nafas dan turunkan kepala serendah-rendahnya kesebelah kiri sambil menghembuskan nafas dengan posisi punggung lurus. Ambil nafas dan turunkan kepala serendah-rendahnya ke sebelah kanan sambil menghembuskan nafas. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali dan akhiri dengan menyatukan kedua kaki sambil memijatnya.

12. Nerve Stretch

Duduklah dengan posisi telapak kaki kanan menyentuh paha kiri, kemudian pegang jari kaki dengan tangan, kaki kiri harus lurus dan rata dengan lantai. Ambil nafas, tahan sejenak, lalu hembuskan dan ulangi gerakan dengan menukar posisi kaki. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali dan akhiri dengan menyatukan kedua kaki sambil memijatnya untuk merilekskan otot kaki dan punggung bagian bawah.

13. Lift up

Ambil posisi berbaring diatas punggung kemudian ambil nafas dan hembuskan. Tekuklah lutut dan pegang kedua kaki dengan kedua tangan, kemudian perlahan-lahan angkat tubuh sambil mengambil nafas dengan posisi dada membusung. Lalu turunkan tubuh perlahan-lahan sambil menghembuskan nafas memalui mulut. Lakukan gerakan ini dan ulang sebanyak 10 kali untuk mengendurkan keteganagan pada otot-otot perut.

Setelah semua gerakan diatas selesai kamu lakukan, berbaringlah dan nikmati energi yang masuk kedalam tubuh. Dengan melakukan gerakan diatas secara rutin setiap hari kemungkinan tulang rawan menebal meningkat sebanyak 11%. Selain itu tubuh akan lebih sehat, segar dan bugar. Bila sudah terbiasa maka gerakan di atas akan membuatmu merasa lebih positif secara mental dan lebih bersemangat dari sebelumnya.

3. Menendang (Kicking)

Latihan menendang bisa membuat tulang memanjang

WikipediaOrg

Program ini dibuat tidak hanya sekedar menambah massa cakram intervertebral pada tulang punggung saja, ada juga jenis tulang rawan lainnya yang berpotensi untuk dipertebal dengan latihan gerakan menendang. Garis epifisis sebagai tempat lempeng pertumbuhan yang terdapat pada paha, tempat melekat tendon pada tulang tungkai bawah yang berfungsi sebagai peredam kejut diantara persendian. Atlet Taekwondo yang sering melakukan gerakan tendangan, berpotensi mengalami pemanjangan tulang paha dari semestinya.

Lakukan pemanasan selama 15 menit dengan melakukan strecthing atau peregangan dengan merangkul kaki dalam posisi berdiri, selama beberapa menit. Berlari di tempat dengan mengangkat kaki setinggi tingginya selama 3 menit. Kemudian lakukan gerakan menendang sebanyak 15 repetisi secara bergantian. Ulangi gerakan menendang hingga masing-masing kaki menendang sebanyak 60 kali. Agar anda lebih mudah dan nyaman, berpegangan kepada suatu benda di sekitarmu.

Lakukan gerakan menendang ini pada pagi dan malam hari agar menciptakan suatu microfracture atau keguncanagn pada garis epifisis tibia, sehingga tubuh secara otomatis akan memproduksi sel untuk memperbaiki epifisis yang terguncang dan berpotensi mempertebal epifisis. Seprti dalam dunia binaraga penambahan sel pada otot disebabkan oleh keguncangan pada otot yang diperoleh dari mengangkat beban berat. Bedanya dalam otot terbangun dari unsur protein, sedangkan tulang dari unsur kalsium, posfor dan magnesium.

4. Bergantung (Hanging)

Bergelantungan atau hanging untuk menstimulasi pertumbuhan tulang belakan

Keller-sportsFr

Didalam tulang punggung terdapat cakram intervertebral yang dapat merenggang sehingga berpotensi menambah tinggi badan. Latiahn bergantung atau berayun sangat berpengaruh untuk membuka ruas cakram intervertebral ini. Latihan ini cukup mudah, dengan bergantung selama 15 detik kemudian turun, bernafas dan ulangi lagi. Atau kamu bisa meningkatkan repetisinya dari 15 detik menjadi 20-30 detik. Berayunlah dengan hitungan 4 kemudian istirahat sejenak, kemudian tingkatkan jumlah ayunan menjadi 8 atau lebih. Untuk menghindari cidera otot hindari meningkatan jumlah ayunan secara sekaligus.

Kombinasi Latihan

Tidak semua orang dapat melakukan semua latihan penambahan tinggi badan dari mulai stretching, Postoural Exercise dan lainnya. Keterbatasan waktu dan aktivitas sehari-hari adalah alasan utamanya. Namun ada beberapa kombinasi latihan yang dapat dilakukan setiap hari tanpa perlu memaksakan untuk melakukan seluruh latihan-latihan di atas.

  1. Stretching atau peregangan, Postural Exercise-Split Stretch, kicking ataugaya menendang.
  2. Hanging atau bergantung dan berayun, Postural Exercise-Snaking-Rolling Spine-Head up and down-Spinal Flexibility.
  3. Kicking atau gaya menendang, Postural Exercise-Split Stretch, skipping atau lompat tali 30 menit.

Lakukan latiahan di atas secara rutin pagi dan malam hari selama 3 bulan dan lihat hasil yang kamu dapatkan.

Makan Makanan Berkalsium Tinggi

Makanan berkalsium tinggi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tulang

MerdekaCom

Selain semua latihan fisik di atas, asupan nutrisi untuk pembentuk tulang merupakan hal yang sangat penting. Tanpa makan pembentukan sel tulang, latihan di atas akan terasa sia-sia. Seperti halnya pada latihan body building, sesering apapun melakukan latihan beban berat tanpa asupan makanan berprotein dan berkalori tinggi, maka latihan berat yang dilakukan justru akan menghabiskan massa otot. Antara asupan makanan dan latihan haruslah seimbang.

Coba perhatikan, mengapa orang-orang Eropa cenderung memiliki tubuh yang tinggi dibandikan dengan orang-orang Asia? Banyak yang mengatakan bahwa hal tersebut adalah faktor genetik. Namun bila dilihat dari kebiasaan pola makan mereka ternyata orang Eropa lebih banyak mengkonsumsi dairy products dibandingkan masyarakat asia. Dairy products merupakan jenis makanan yang berbahan susu seperti keju dan butter. Susu merupakan bahan makanan yang banyak mengandung kalsium, posfor dan magnesium. Menurut ahli gizi kalsium susu adalah jenis kalsium yang mudah diserap oleh tubuh. Itu sebabnya mayoritas orang Eropa lebih tinggi dari rata-rata tinggi badan orang Asia.

Makanan yang praktis, dengan bahan yang mudah didapat dan cukup membantu dalam program menambah tinggi badan tentunya harus diiringi latihan-latihan fisik di atas. Makanan untuk sarapan sebaiknya mengkonsumsi zat-zat penting seperti karbohidrat, protein, mineral, lemak, vitamin dan tentu saja kalsium. Lebih baik makan roti pada pagi hari, karena roti lebih baik daripada cereal. Dalam roti gandum mengandung lebih tinggi protein daripada cereal yang kebanyakan berbahn jagung. Roti gandum sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kabrohidrat dan protein nabati.

Banyak sekali minuman instant yang mengandung protein dan kalsium tinggi. Namun semua itu tidak sebaik bila kamu mengkonsumsi dari natural source atau sumber nutrisi alami.  Untuk minumannya, kamu bisa membuat minuman yang nikmat dan bergizi tinggi, caranya, hangatkan susu segar atau susu skim tinggi kalsium (Anlene, HiLo dsb.) sekitar 250 ml, tambahkan satu sendok makan madu dan satu kuning telur ayam kampung mentah atau setengah matang, kemudian tambahkan perasan jeruk lemon secukupnya. Aduk-aduk dan jangan diblender agar tidak membusa.

Dari minuman tersebut kamu akan mendapatkan asupan protein hewani, kalsium, posfor, mineral, lemak, vitamin C, D dan B complex. Kalsium susu lebih mudah diserap oleh tubuh daripada sumber kalsium lainnya. Madu sangat baik untuk proses detoxify atau menetralisir racun dalam tubuh. Disamping latihan-latihan fisik diatas usahakan untuk mengkonsumsi minuman tersebut pada pagi hari setelah sarapan dan sebelum tidur. Namun bila kamu tidak sempat membuat minuman diatas, untuk sementara kamu bisa mengkonsumsi supplement kalsium tambahan seperti Calcium-D-Redoxon, sehingga asupan kalsium harianmu tetap konsisten.

Sedangkan untuk makan siang kamu bisa mengkonsumsi makanan dari air rebusan tulang sapi atau soup yang berguna untuk mengoptimalkan regenerasi sel tulang rawan. Jangan lupa untuk minum segelas fresh milk atau susu cair segar setelah makan siang. Dengan menu makanan tersebut kamu tidak perlu khawatir akan menjadi gemuk, karena dengan latihan-latihan seperti berayun, menendang dan postural exercise sudah cukup untuk membakar kalori harianmu. Sehingga dapat menstimulasi tulang rawan agar bertambah kepadatannya.

Untuk lebih memaksimalkan dalam penyerapan kalsium, berjemur di bawah matahari pagi dimana pro-vitamin D diubah menjadi vitamin D sehingga membantu penyerapan kalsium kedalam tulang. Berjemur sebaiknya dilakukan sebelum pukul 9 agar tidak terkena dampak negatif dari sinar ultra violet.

Posisi Tidur yang Baik

Tidur dengan posisi yang benar dapat membantu dalam latihan menambah tinggi badan

RoberthamiltonOrg

Ketika kita tidur tulang cakram pada punggung akan megalami pemuaian atau memanjang, kamu bisa membuktikan dengan mengukur tinggi badan sebelum dan setelah bangun tidur. Namun karena adanya gaya gravitasi, maka pertambahan tinggi cakram tersebut hanya bersifat sementara. Hindari menggunakan bantal saat tidur, hal ini bertujuan untuk meluruskan tulang punggung agar tidak membentuk round shoulder atau putaran bahu.

Pola tidur yang baik bisa membantu dalam pengembangan tulang cakram, dengan dibarengi latihan-latihan fisik di atas untuk memperkuat dan mempertahankan massa tulang. Saat menjalani latihan di atas tidak dianjurkan untuk mengangkat barang-barang berat karena akan mengkompres dan menghambat pertumbuhan tulang rawan itu sendiri. Keberhasilan tidak datang sekaligus, melainkan datang secara bertahap, selamat mencoba!

4 Comments

  1. Iskandar 24 Oktober 2015
  2. Pingback: Manfaat kacang panjang 24 Oktober 2015
  3. Pingback: Buah pala 24 Oktober 2015
  4. Pingback: Khasiat Pisang dan Tomat | Inzanami 24 Oktober 2015
  5. Pingback: Beberapa Penyebab Susah Tidur | Inzanami 24 Oktober 2015
  6. Erny 10 April 2016
  7. Vina Winata 2 September 2016

Leave a Reply