Tips & Trik

Tips Menghilangkan Bau Jengkol yang Mengganggu

Vokalis Simple Plan, Pierre Bouvier pernah mengatakan “Jengkol is very nice”. Jengkol adalah sumber protein yang baik bagi tubuh, yaitu sebanyak 23,3 gram protein per 100 gram jengkol, jumlah ini jauh melebihi tempe yang hanya sekitar 18,3 gram per 100 gram. Kandungan protein yang tinggi pada jengkol berguna untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak dan membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Selain Proteinnya yang tinggi, jengkol juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan B2 yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, membantu penyerapan gizi dan membantu fungsi syaraf. Setiap 100 gram jengkol mengandung 4,7 gram zat besi yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah atau hemoglobin, sehingga membantu melancarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Namun bau mulut yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi jengkol membuat sebagian orang enggan mengkonsumsi makanan tinggi protein ini. Selain itu terlalu banyak makan jengkol juga dapat menyebabkan keracunan atau biasa disebut kejengkolan yang menyebabkan susah buang air kecil. Mengkonsumsi jengkol dapat menimbulkan bau mulut dan air seni menjadi bau.

Bau mulut yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi jengkol juga dapat mengganggu kenyamanan orang yang berada di sekitar kita. Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang suka makan jengkol namun takut dengan bau mulut yang ditimbulkan. Ada tips untuk menghilangkan bau jengkol yang mengganggu. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut karena mengkonsumsi jengkol.

 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Makan Jengkol

Cara menghilangkan bau mulut

(ArabwallsCom)

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut akibat makan jengkol. Bagi kamu yang suka makan jengkol, cara-cara berikut cukup efektif untuk menghilangkan bau agar kamu tidak merasa malu saat berbicara di dekat orang lain. Sehingga kamu bisa menikmati nikmatnya makan semur jengkol tanpa harus takut mulut menjadi bau jengkol.

1. Makan Timun Rebus

menghilangkan bau jengkol dengan mentimun

(TheplengCom)

Setelah mengkonsumsi semur jengkol, biasanya mulut dan air seni akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk menetralisir bau yang ditimbulkan, kamu bisa mencoba mengkonsumsi timun rebus. Makan timun rebus dapat membantu mengurangi bau mulut yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi jengkol berlebihan, selain itu timun dapat mendinginkan perut dan mencegah naiknya asam lambung.

2. Minum Kopi

Minum kopi dapat menghilangkan bau jengkol

(SatubantenCom)

Minum kopi dapat membantu mengurangi bau mulut akibat makan jengkol. Minumlah kopi 30 menit setelah mengkonsumsi jengkol dapat membantu menghilangkan baunya. Bubuk kopi mengandung aroma yang kuat sehingga dapat menetralisir bau mulut.

3. Minum Kecap

kecap manis dapat digunakan untuk menhilangkan bau jengkol

(viva.co.id)

Minum satu sendok makan kecap manis setelah makan jengkol dapat membantu mengurangi bau jengkol. Kecap terbuat dari kedelai hitam yang terbukti mampu mengurangi bau mulut setelah makan jengkol.

4. Minum Air Kelapa

Air kelapa dapat mnghilangkan bau jengkol

(KuncitipsCom)

Selain berfungsi untuk menggantikan ion tubuh, air kelapa juga berfungsi untuk menetralisir bau kencing setelah makan jengkol.

5. Mengosok Gigi

Menggosok gigi menghilangkan bau mulut

(CiricaraCom)

Menggosok gigi setelah makan jengkol terbukti efektif membantu mengurangi aroma jengkol di mulut. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu juga bisa menggunakan muothwash setelah menggosok gigi. Cara ini adalah cara yang paling banyak digunakan orang untuk menghilangkan bau jengkol.

6. Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda dapat mengatasi bau jengkol

(AsliindonesiaNet)

Minuman bersoda dapat membantu menghilangkan bau jengkol di mulut. Soda bersifat asam sehingga dapat menetralisir zat-zat yang menimbulkan bau di mulut seperti bau jengkol.

7. Jeruk Nipis, Garam dan Daun Sirih

jeruk nipis dapat menghilangkan bau mulut

(BeringazCom)

Berkumur-kumur dengan air perasan jeruk nipis, air hangat ditambah garam dan air rebusan daun sirih bisa membantu menghilangkan aroma jengkol yang mengganggu.

8. Makan Buah-buahan

makan buah dapat mengurangi bau mulut

(fruttalight.it)

Makan buah-buahan segar bermanfaat mentralisir bau jengkol. Buah seperti semangka, jeruk, strawberry, apel dan lain-lain mengandung banyak air dan aroma wangi buah-buahan yang bisa mengurangi aroma jengkol yang menyebabkan bau mulut. Atau kamu juga bisa menggunakan buah yang beraroma kuat seperti buah durian.

9. Menguyah Daun Mint

manfaat daun mint untuk menghilangkan bau mulut

(PassionmagzCom)

Daun mint bersifat dingin dan menyegarkan, berfungsi untuk mengurangi bau mulut atau aroma jengkol. Mengunyah dua lembar daun mint akan membantu menghilangkan bau jengkol di mulut.

10. Menguyah Beras

beras bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut

(SelasarCom)

Aroma jengkol yang kuat dapa dihilangkan dengan cara meletakkan beras di mulut. Beras memiliki sifat mudah menyerap air, jika beras diletakkan di mulut, maka beras akan menyerap air liur yang mengandung zat dari jengkol yang menyebabkan timbulnya bau mulut.

Cara-cara di atas ini bisa kamu gunakan untung menghilangkan bau jengkol yang mengganggu. Bagi kamu pecinta makanan jengkol, tidak perlu khawatir lagi akan bau mulut setelah makan jengkol, cara-cara di atas terbukti ampuh menghilangkan bau jengkol.

 

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau

cara mengolah jengkol agar tidak bau

(ResepmasakanbaruCom)

1. Rendam Jengkol dengan Air Kapur

Rendam jengkol yang masih mentah dalam air kapur dan diamkan selama semalam atau selama 8 jam. Setelah 8 jam bau jengkol akan hilang dan jengkol bisa lanjut untuk dimasak. Namun jika baunya belum hilang rebus jengkol menggunakan rebusan air kapur.

2. Rebus Jengkol dengan Daun Jeruk

Rebus jengkol menggunakan air mendidih dan tambahkan potongan daun jeruk secukupnya. Aroma daun jeruk yang kuat akan membantu mengurangi bau khas dari jengkol. Selain daun jeruk kamu juga bisa menggunakan daun jambu biji.

3. Rebus Jengkol dengan Abu Gosok

Rebus jengkol dengan abu gosok yang biasa digunakan untuk mencuci piring rebus hingga mendidih. Kemudian diamkan beberapa menit dan ganti dengan air bersih untuk didiamkan semalamam. Setelah semalaman jengkol baru bisa dimasak menjadi semur jengkol atau rendang jengkol.

4. Rebus Jengkol dengan Daun Salam

Masukkan jengkol dan beberapa lembar daun salam kedalam air mendidih, rebus kurang lebih selama 1 jam. Daun salam selain digunakan untuk memberi aroma wangi pada masakan juga berfungsi untuk menghilangkan aroma jengkol.

Demikian tadi beberapa tips untuk menghilangkan bau jengkol yang mengganggu dan cara menghilangkan bau jengkol sebelum dimasak. Agar lebih jelas tonton juga video cara memasak jengkol agar tidak bau di bawah ini.

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    Aku ngak suka jengkol jadi ngak bakalan bau hahaha

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>