Kamu Sering Cegukan? Coba Cara Ini untuk Mengatasinya!

“hiks hiks hiks” Apakah kamu sering mengalami cegukan? Cegukan atau hiccup merupakan gejala akibat adanya kontraksi otot-otot diafragma yang tidak terkendali, tidak disengaja dan berulang-ulang. Diafragma sendiri adalah otot yang membantu manusia untuk bernapas yang terletak di antara dada dan perut.

Menurut ahli kesehatan, cegukan yang terlalu sering dan tiba-tiba bisa menandakan bahwa kamu sedang mengalami stres. Selain itu terlalu banyak bersendawa juga akan menyebabkan cegukan, makan terlalu cepat dan berlebihan, minum alkohol, menelan udara, merokok, minum-minuman panas dan diikuti oleh minuman dingin.

Taukah kamu? Cegukan ternyata juga sudah dialami oleh janin yang masih ada di dalam kandungan, kondisi ini biasa disebut fetal hiccups. Cegukan terlama dipegang oleh Charles Osborne yang mengalami cegukan selama enam puluh sembilan tahun tanpa henti, itu berarti dia mengalami cegukan sepanjang hidupnya.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk meredakan cegukan. Seorang gadis bernama Kievman Mallory 13 tahun menemukan sebuah obat untuk orang yang sering mengalami cegukan, obat tersebut diberi nama Hiccupop yang merupakan permen lolipop. Selain itu cara-cara di bawah ini juga bisa kamu lakukan untuk meredakan cegukan.

 

Cara Ampuh Mengatasi Cegukan

1. Meminum Segelas Air Dingin Sambil Menoleh ke Arah Kanan

www.hipwee.com

www.hipwee.com

Salah satu cara yang paling sering digunakan oleh banyak orang saat mengalami cegukan adalah dengan minum segelas air. Agar lebih efektif minumlah segelas air sambil menoleh ke arah kanan.

2. Larutkan Madu ke dalam Air Hangat

www.liputan6.com

www.liputan6.com

Cara berikutnya adalah dengan melarutkan madu ke dalam dalam air hangat. Larutan madu dan air hangat ini berfungsi untuk menggelitik saraf vagus yang menyebabkan cegukan, sehingga dapat menghilangkan cegukan dengan cepat.

3. Menelan Gula Pasir

www.selasar.com

www.selasar.com

Cara termudah meredakan cegukan adalah dengan menelan 1 sampai 2 sendok teh gula pasir. Butiran gula pasir berfungsi untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang. Menelan 1 sendok teh gula pasir kering terbukti ampuh membantu menyembuhkan cegukan.

4. Kunyah Seiris Lemon Segar

waroeng-kucing.blogspot.com

waroeng-kucing.blogspot.com

Dengan mengunyah seiris kecil lemon segar bisa membantu menredakan cegukan dengan cepat. Asam lemon membantu menenangkan syaraf vagus yang tegang akibat cegukan.

5. Makan 1 Sendok Selai Kacang

duniasejutawarna.blogspot.com

duniasejutawarna.blogspot.com

Menelan 1 sendok selai kacang dapat membantu merangsang saraf vagus dan menghentikan cegukan, cara ini sangat praktis dan mudah, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

6. Menahan Napas Selama 30 Detik

www.dokter.id

www.dokter.id

Menahan napas adalah cara yang paling mudah untuk membantu menghilangkan cegukan. Kamu dapat menghentikan cegukan dengan cara menahan napas selama kurang lebih 30 detik. Jika setelah menahan napas belum meredakan cegukanmu cabalah tarik napas melalui mulut, telan air liur kemudian hembuskan napas melalui hidung secara perlahan-lahan, cara ini efektif menyembuhkan cegukan.

7. Bernafas dalam Kantong Kertas

portuguese.alibaba.com

portuguese.alibaba.com

Cobalah bernapas menggunakan kantong kertas, cara ini bisa meredakan cegukan sebab dengan bernapas menggunakan kantong kertas akan meningkatkan kadar CO2, sehingga otot diafragma yang kejang akan kembali tenang.

8. Menjulurkan Lidah

www.ant1iwo.com

www.ant1iwo.com

Dengan menjulurkan lidah, bisa membantu meredakan cegukan. Julurkan lidah dan tahan selama beberapa detik, tidak lama cegukan kamu akan mereda. Namun cara ini sedikit memaluka, jadi jangan digunakan saat berada di depan umum.

9. Menggelitik Langit-langit Mulut dengan Cottonbud

www.tokopedia.com

www.tokopedia.com

Dengan menggelitik langit-langit mulut dapat menghilangkan cegukan, daerah yang digelitik adalah di sekitar permukaan rahang bagian atas hingga hingga bagian belakang tenggorokan.

10. Mencubit Kulit di Atas Otot Deltoid/Pundak untuk Merangsang Syaraf Frenikus

Get surprising

Get surprising

Mencubit kulit diatas otot deltoid atau otot pundak dapat merangsang syaraf frenikus sehingga dapat meredakan cegukan.

11. Mengagetkan Orang yang sedang Cegukan

tituslive.com

tituslive.com

Mengagetkan orang yang sedang mengalami cegukan dapat menghentikan cegukannya, terkejut akan merangsang saraf penyebabn cegukan dan dengan segera akan menenangkannya.

 

Jika cara di atas masih belum bisa meredakan cegukan kamu, cobalah cara mengatasi cegukan ala Masha and the Bear di bawah ini!

Leave a Reply