Cara Menambah Berat Badan/Bulking yang Benar

“Aku udah makan banyak tapi beratku kok nggak nambah-nambah ya?”

Kenapa kamu nggak nambah berat badan, walaupun kamu sudah makan banyak tapi tetap susah untuk naik berat badan. Apa kalian pernah mencoba bulking tapi susah banget untuk naik berat badan? Tenang guys, hari ini kami akan menjelaskan penyebab kenapa kalian susah untuk menambah berat badan.

Tapi sebelumnya akan kami jelaskan apa itu bulking yang sebenarnya. Bulking adalah waktu dimana kita mencoba untuk naik berat badan sehingga otot kita jadi semakin gede tapi dengan bodyfat seminimal mungkin. Dan inilah 5 penyebab kenapa kalian susah dalam melakukan bulking.

1.Kamu nggak Punya Timbangan

alicdn.com

Kamu mungkin sudah punya nutrition plan tapi kamu nggak tau apakah kamu benar-benar makan sesuai nutrition plan tersebut. Di nutrition plan setiap gram itu penting sehingga kita harus timbang makanan yang kita makan sesuai plan. Jadi kalau kamu mau sungguh-sungguh dalam fitness, kamu harus beli timbangan.

2. Kamu Makan Banyak Tapi nggak Cukup Nutrisi

metrotvnews.com

Kamu berpikir kalau kamu sudah makan banyak tapi sebenarnya masih kurang nutrisi untuk membentuk otot. Kita nggak boleh hanya memakai feeling untuk benar-benar mencukupi kebutuhan nutrisi kita. Jadi kalau kita nggak memberikan tubuh kita cukup protein dan karbohidrat maka otot kita nggak akan jadi gede. Pakailah kalori kalkulator supaya kamu tau standard metabolic great kamu dan makanlah 300 sampai 500 kcal lebih lebih dari itu.

Contoh, jika kebutuhan kalori harianmu adalah sekitar 2500 kcal, maka kamu harus makan 2800-3000 kalori per hari supaya kamu sukses dalam bulking.

3. Kamu nggak Makan Teratur

sehatnatural.co.id

Kamu menunggu terlalu lama sampai sampai merasa lapar baru kamu makan. Padahal otot kamu selalu butuh dicukupi dengan nutrisi. Makanlah setiap 2 sampai 3 jam sekali dan bawalah bekal ke tempat kerja atau kuliah kalian supaya kalian nggak telat makan.

4. Kamu Menganggap Suplemen Lebih Penting dari Nutrisi

caramembentukotot.com

Jika kamu menganggap suplemen adalah yang terpenting, itu berarti kamu berpikir bahwa kamu nggak usah makan atau peduli lagi dengan makanan kamu, karena sudah ada suplemen. Ingat 90% dari sukses dalam fitness itu tergantung pada nutrisi makananmu, dan hanya 10% dari suplemen. Jadi pakailah uangmu lebih dahulu untuk membeli makanan yang berkualitas sebelum membeli suplemen yang mahal itu.

5. Kamu Makan Terlalu Banyak Fastfood

www.foodamentals.com

Jika kamu suka makan fast food, berarti kamu terlalu banyak makanan yang mungkin enak tapi nggak baik untuk membentuk otot kamu. Contoh: Fast food, warteg dan ind*mie. Ingat “fast food not good“. Tentukan satu hari dalam satu atau dua minggu sekali untuk makan makanan kesukaanmu. Jadi kalian hanya boleh makan fast food seminggu sekali.

Itulah 5 penyebab kenapa kamu susah sekali dalam menambah berat badan. Ikutilah saran di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan berat badan yang kalian inginkan.

Leave a Reply