Cara Membuat Susu Almond

Bagi anda yang alergi dengan susu sapi mungkin sering mengkonsumsi susu kedelai/sari kedelai sebagai pengganti susu sapi. Namun susu kedelai tidak bisa menggantikan rasa dan tekstur susu sapi yang creamy, meskipun dari segi nilai gizi sudah cukup baik.

Sehingga susu almond menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang alergi dengan susu sapi. Susu dari kacang almond diklaim lebih sehat bagi tubuh dibandingkan dengan susu sapi dan rasanya lebih enak daripada susu kedelai atau soya milk. Susu almond banyak mengandung kalsium, vitamin dan mineral yang bisa menggantikan susu sapi.

Namun ada satu kekurangan yang dimiliki oleh susu almond, yaitu harganya yang sangat mahal. Di supermarket, 1 liter susu sapi dijual dengan harga 15 ribu rupiah. Sedangkan 1 liter susu almond harganya bisa mencapai 80 ribu rupiah, jauh lebih mahal dibandingkan susu sapi.

Namun bagi anda yang melakukan gaya hidup sehat, anda tetap bisa mengkonsumsi susu almond ini dan tetap menghemat uang belanja. Caranya adalah dengan membuat sendiri susu almond tersebut di rumah. Selain sehat, anda juga bisa memastikan bahwa susu yang anda buat sendiri lebih aman karena tanpa bahan pengawet.

Proses untuk membuat susu almond sangatlah mudah, bahan baku kacang almond juga tidak sulit didapat karena banyak yang menjual kacang almond murah di supermarket atau anda juga bisa membelinya secara online.  Berikut cara membuat susu almond sendiri dirumah:

1. Cuci kacang almond hingga bersih dan rendam kacang almond dalam air matang selama 8 jam atau semalaman

ardisaz.com

ardisaz.com

2. Siapkan bahan tambahan lain seperti vanili untuk menambah aroma

ardisaz.com

ardisaz.com

3. Masukkan kacang almond ke dalam blender, tambahkan air, vanili dan sedikit garam

ardisaz.com

ardisaz.com

4. Selanjutnya Blender kacang almon dengan air matang selama beberapa menit. Dengan perbandingan 125 gram kacang almond untuk 500ml air (atau anda bisa menyesuaikan dengan selera)

ardisaz.com

ardisaz.com

5. Saring kacang almond dengan saringan khusus untuk memisahkan sari kacang almond dengan ampasnya

ardisaz.com

ardisaz.com

6. Peras hingga airnya habis dan ampasnya kering. Jangan buang ampasnya karena dapat dimanfaatkan kembali menjadi almond butter.

ardisaz.com

ardisaz.com

7. Jadilah susu almond yang siap diminum

ardisaz.com

ardisaz.com

Anda bisa langsung mengkonsumsi susu almond yang baru saja dibuat tanpa harus melalui proses pemanasan, sehingga kandungan vitamin dan mineralnya tetap terjaga. Selain rasa original, anda juga bisa menambahkan rasa lain seperti kurma, green tea dan coffe.

Susu almond sangat sensitif dengan perubahan suhu, karena tidak melalui proses pasteurisasi seperti susu sapi. Sehingga susu almond bisa cepat basi jika tidak di simpan pada lemari pendingin dan bisa bertahan selama satu minggu di dalam freezer. Nah, dengan membuat sendiri susu almond di rumah, anda bisa tetap menikmati gaya hidup sehat sekaligus menghemat uang belanja. Semoga bermanfaat & salam sehat!

Sangat baik mengkonsumsi kacang-kacangan dan jenis kacang terbaik adalah kacang kenari. Anda bisa melihat informasinya di jual kacang kenari. So, semoga informasi di atas bisa menjadi inspirasi anda dalam melakukan diet hidup sehat.

One Response

  1. Chandra 18 Juli 2016

Leave a Reply