Jualan, Tips & Trik

Cara Membuat Dreamcatcher Sendiri di Rumah

Dreamcatcher atau penangkap mimpi adalah suatu kerajinan tangan yang berasal dari Amerikan dan dibuat oleh suku Indian Ojibwe. Dreamcatcher dipercaya oleh suku Indian sebagai jimat pengusir mimpi buruk dengan cara meletakkannya di atas tempat tidur, Sehingga hanya mimpi baik saja yang menghiasi tidur kita.

Dreamcatcher mulai diminati sejak kemunculannya pada drama Korea The Heirs. Bentuknya yang unik dan menarik membuat dreamcatcher cocok untuk dijadikan sebagai aksesoris atau sekedar hiasan kamar. Awalnya dreamcatcher terbuat dari bagian luar batang pohon willow yang dibentuk menjadi lingkaran kemudian dibuat semacam jaring pada lingkaran tersebut.

Makna dari lingkaran ini adalah sebagai perjalanan roh bulan atau giizis dari langit. Orang-orang Indian Ojibwe percaya bahwa dengan meletakan dreamcatcher di atas tempat tidur dapat menyaring aura-aura negatif yang dibawa roh bulan pada mimpi seseorang. Sehingga orang yang menggunakan dreamcatcher saat tidur hanya akan mendapatkan aura positif dan mimpi yang indah saja.

Sedangkan aura negatif atau mimpi buruk yang terjerat pada jaring-jaring di tengah lingkaran dreamcatcher akan terhapus saat terkena sinar matahari pagi. Namun semua itu hanyalah mitos, dreamcatcher sekarang tidak lagi menjadi jimat pelindung saat kita tertidur.

Dreamcatcher lebih disukai karena bentuknya yang unik dan menarik, sehingga banyak dijual sebagai aksesoris sehari-hari seperti kalung, gelang, gantungan kunci atau untuk dekorasi ruangan. Di Indonesia sendiri masih jarang tempat-tempat yang menjual benda unik ini karena peminatnya yang masih sedikit. Tapi kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, kali ini Inzanami akan berbagi tutorial cara membuat dreamcatcher untuk kamu, berikut tahap-tahap cara membuatnya.

Cara Membuat Dreamcatcher:

1. Alat dan Bahan Untuk Membuat Dreamcatcher

alat dan bahan untuk membuat dramcatcher

via borneo-be.com

Sebelum membuat dreamcatcher, sediakan dulu alat dan bahannya. Karena aksesoris dreamcatcher ini berasal dari suku Ojibwe Indian, tentu bahan-bahannya tidak mudah didapatkan. Seperti kayu willow yang yang jarang terdapat di tempat kita, kamu bisa menggantinya dengan ring besi atau rotan. Pertama-tama siapkan alat-alat dan bahan untuk membuat dreamcatcher seperti berikut ini;

  • Guntin untuk memotong tali dan jarum untuk merajut jaring pada bagian tengah ring
  • Lem untuk merekatkan tali pada ring
  • Ring besi atau ring kayu rotan sebagai bahan utama membuat dreamcatcher
  • Tali kulit untuk melapisi ring agar terlihat cantuk
  • Benang woll sebagai jaring yang dirajut di bagian tengah ring
  • Bulu sebagai penghias aksesories tambahan
  • Manik-manik sebagai penghias jaring

2. Langkah-langkah Membuat Dreamcatcher

A. Langkah Pertama

via borneo-be.com

via borneo-be.com

Langkah pertama siapkan ring, lem dan tali kulit, gunakan ring besi atau rotan jika kamu tidak mendapatkan kayu willow sebagai ring. Kemudian lumuri bagian dalam ring dengan lem cair yang sudah disiapkan. Buat simpul mati pada bagian awal lilitan ring agar tali kulit tidak bergeser dan tetap pada tempatnya. Kemudian mulailah melilit ring yang sudah kamu persiapkan dengan menggunakan tali kulit atau kamu juga bisa menggantinya tali pita atau benang lainnya.

B. Langkah Kedua

via borneo-be.com

via borneo-be.com

Pastikan setiap permukaan ring tertutup rapat dengan tali yang kamu lilitkan, tarik perlahan agar hasilnya terlilit dengan kuat. Rapikan bagian yang kurang tertutup dengan menekan-nekan lilitan tali sampai dirasa tertutup dengan baik. Jika masih kurang puas dengan lilitan yang kamu buat, kamu bisa mengulanginya lagi dari awal.

C. Langkah Ketiga

via borneo-be.com

via borneo-be.com

Jika semua bagian ring sudah tertutup tali kulit dengan baik, sisakan kurang lebih 2cm tali pada bagian akhir lilitan untuk membuat gantungan pada dreamcatchernya. Tunggu hingga lem mengering baru kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

D. Langkah Keempat

via borneo-be.com

Langkah selanjutnya adalah membuat jaring atau rajutan pada bagian tengah lingkaran dreamcatcher. Ini adalah bagian paling penting dari sebuah dreamcatcher. Mulailah membuat simpul pada ring seperti pada gambar, rajut hingga membentuk seperti jaring. Atau kamu bisa membuat jaring dengan bentuk simpul yang lain sesuai bentuk yang kamu inginkan.

E. Langkah Kelima

via borneo-be.com

via borneo-be.com

Kamu bisa menambahkan manik-manaik pada jaring untuk mempermanis tampilan dreamcatcher. Namun jangan gunakan terlalu banyak hiasan pada jaring, karena akan terlihat tidak bagus. Satu atau dua manik-manik sudah cukup untuk memperindah jaring dreamcatcher.

F. Langkah Keenam

via borneo-be.com

via borneo-be.com

Lanjutkan merajut jaring seperti pola pada gambar hingga semua bagian lingkaran ring tertutup oleh rajutan jaring. Perhatikan pola merajutnya dengan baik-baik, jika terjadi kesalahan kamu masih bisa mengulanginya dan memperbaiki rajutannya.

G. Langkah Kedelapan

via borneo-be.com

via borneo-be.com

Jika ring dan jaring sudah jadi maka kamu bisa menambahkan hiasan lain seperti bulu dan manik-manik lain di bagian bawah, samping kanan dan samping kiri sesuai yang kamu inginkan.

H. Langkah Kesembilan

via borneo-be.com

via borneo-be.com

Buatlah tiga helai ikatan pada bagian bawah dan samping ring menggunakan sisa tali kulit yang kamu pakai sebelumnya. Setelah itu, tempel dan ikat bulu-bulu yang sudah kamu siapkan pada bagian ujung tali. Tambahkan beberapa manik-manik, satu atau dua sudah cukup. Atur posisinya agar terlihat menarik.

3. Hasil Akhir

via borneo-be.com

via borneo-be.com

Dreamcatche sudah jadi dan siap untuk dipakai sebagai aksesories. Membuatnya susah-susah gampang, diperlukan ketelatenan dan ketelitian, terutama saat membuat rajutan jaring di bagian tengah ring. Namun juka kamu sudah mencoba membuatnya, akan lebih mudah bagimu untuk membuatnya lagi di lain waktu.

Selain tutorial cara membuat dreamcatcher di atas, kamu juga bisa mencoba membuat bentuk jaring yang lebih menarik dan lebih rumit. Penambahan material seperti manik-manik dan juga bulu bisa kamu sesuaikan dengan bentuk jaring yang kamu buat. Namun jangan menambahkan aksesoris terlalu banyak, karena dreamcatcher akan jauh terlihat lebih menarik jika bentuknya lebih sederhana.

 ***

Jual Dreamcatcher

Bagi suku Ojibwe, dreamcatcher adalah jimat untuk melindungi seseorang dari mimpi buruk. Kita sebagai umat muslim tidak boleh mempercayai benda-benda semacam ini. Namun tidak ada salahnya kita menggunakannya sebagai aksesoris untuk mempermasis penampilan terutama untuk perempuan. Selain dibuat untuk hiasan dinding kamu juga bisa menggunakannya untuk aksesoris seperti anting, gelang atau kalung. Kami menjual kalung dreamcatcher dangan kualitas terbaik:

Nama Barang : Dreamcatcher

Merek : Borneo Be

ID Barang : Mestika Dreamcatcher

Kategori : Kalung (bisa untuk hiasan kamar/gantungan mobil)

Diameter Ring : 6 cm

Panjang : 75 cm

Stok : Tersedia

 

1. Sylva Dreamcatcher (New)

Sylva Dreamcatcher

(IDR : 130K)

2. Tamar Dreamcatcher (Hot Item)

Tamar Dreamcatcher

(IDR : 120K)

3. Tea Dreamcatcher (Hot Item)

Tea Dreamcatcher

(IDR : 130K)

4. Thilda Dreamcatcher (New)

Thilda Dreamcatcher

(IDR : 130K)

5. Trilby Dreamcatcher (Hot Item)

Trilby Dreamcatcher

(IDR : 130K)

6. Vanory Dreamcatcher (New)

Vanory Dreamcatcher

(IDR : 130K)

7. Vevay Dreamcatcher (New)

Vevay Dreamcatcher

(IDR : 130K)

8. Violencia Dreamcatcher (Hot Item)

Violencia Dreamcatcher

(IDR : 130K)

9. Vitto Dreamcatcher (New)

Vitto Dreamcatcher

(IDR : 130K)

10. Aretha Dreamcatcher (Hot Item)

Aretha Dreamcatcher

(IDR : 130K)

11. Avera Dreamcatcher (New)

Avera Dreamcatcher

(IDR : 110K)

12. Sila Dreamcatcher (New)

Sila Dreamcatcher

(IDR : 110K)

13. Nara Dreamcatcher (New)

Nara Dreamcatcher

(IDR : 110K)

14. Elon Dreamcatcher (New)

Elon Dreamcatcher

(IDR : 120K)

15. Lary Dreamcatcher (New)

Lary Dreamcatcher

(IDR : 85K)

 

Pesan Sekarang :

  • SMS : 0857 1176 5576
  • Whatsapp : 0857 1176 5576
  • Pin BB : 52A7E9F4
  • Email : adhimaspamuji@gmail.com

Promo : Gratis ongkir untuk wilayah pulau Jawa!

Artikel terkait : Jual Dreamcatcher

 

Selain untuk aksesoris, kamu juga bisa membuat dreamcatcher untuk hiasan dinding. Berikut video tutorial cara membuat dreamcatcher untuk dekorasi kamar dengan ukuran yang lebih besar. Selamat mencoba!

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>