Tips Meluruskan Rambut Ikal Bergelombang Secara Alami

Rambut sangat menentukan penampilan seseorang, namun tidak semua orang memiliki rambut yang bagus. Banyak orang yang memiliki rambut bergelombang menginginkan rambut yang sehat, lurus dan berkilau. Untuk mendapatkan rambut yang lurus dan sehat banyak cara yang digunakan.

Salah satu cara yang dilakukan adalah rebonding dan catok, cara tersebut memang bisa menghasilkan rambut yang lurus dan indah secara instan. Namun penggunaannya secara berlebihan dan berkelanjutan malah dapat merusak rambut itu sendiri, rambut menjadi kering, patah-patah dan bercabang. Sehingga kamu harus melakukan perawatan rutin dengan biaya yang tidak sedikit.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat rambut lurus dan sehat dengan cara yang alami. Selain aman dan bahannya yang murah cara alami meluruskan rambut juga mudah untuk dipraktekkan sendiri di rumah. Dengan menggunakn bahan-bahan alami kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang, cukup membeli bahan-bahannya dipasar dan melakukan perawatan sendiri di rumah.

Ahli kesehatan lebih pmenganjurkan penggunaan bahan alami karena lebih tahan aman dan tidak menyebabkan kerusakan pada rambut. Dengan menggunakan bahan alami ini akan memberikan nutrisi yang lebih pada rambut. Berikut 4 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk meluruskan rambut ikal dan bergelombang  secara alami.

 

Santan Kelapa dan Jeruk Nipis

cara alami meluruskan rambut

PrimaradioCoId

Santan kelapa dan jeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk meluruskan rambut. Buatlah campuran santan kelapa dengan jeruk nipis, parut kelapa dan ambillah lebih kurang segelas santan kelapa dan tambahkan dengan 2 sendok makan perasan air jeruk nipis. Kemudian aduk-aduk campuran tersebut dan letakkan di kulkas selama 5 menit hingga campura tersebut mengental dan berubah menjadi krim.

Setelah campuran santan dan jeruk nipis mengental, ambil dan balurkan sampai rata ke seluruh bagian rambut hingga akar rambut. Lakukan pemijatan pada bagian kulit kepala dan sisir perlahan rambut. Kemudian tutup rambut dan kepala dengan mengunakan shower cap dan diamkan selama 20 menit sampai dirasa agak mengering. Setelah 20 menit bilas rambut dengan air sampai bersih, setelah itu kamu bisa membentuk rambutmu sesuai dengan keinginanmu. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Daun Seledri

cara alami meluruskan rambut

BlogphunuVn

Selain menggunakan santan kelapadan jeruk nipis, kamu juga bisa menggunakan daun seledri untuk meluruskan rambut. Cara ini cukup mudah dilakukan, pertama siapkan beberapa batang daun seledri segar, kemudian cuci hingga bersih, tumbuk daun seledri hingga halus dan tambahkan sedikit air, kemudian peras tumbukan daun seledri tersebut dan ambil sarinya.

Setelah sari seledri terkumpul, masukkan ke dalam wadah botol dan biarkan selama 1 malam. Sari seledri yang sudah didiamkan semalaman bisa kamu gunakan sebagai crembath alami. Aplikasikan pada rambut dan kulit kepala sambil melakukan pemijatan dan ratakan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Kemudian bilas dengan air sampai bersih dan keringkan dengn handuk.

Susu Cair

cara alami meluruskan rambut

SolusisehatkuCom

Bahan selanjutnya adalah susu, selain enak diminum bermanfaat bagi kesehatan tubuh, susu juga dapat digunakan sebagai bahan untuk meluruskan rambut. Susu yang digunakan disini adalah susu sapi cair, kamu bisa mendapatkannya di pasar atau supermarket. Cara adalah campurkan air dan susu cair dengan perbandingan 1:2. Yaitu satu gelas air dicampur dengan setengah gelas susu cair. Kemudian masukkan campuran susu tadi ke dalam botol semprot.

Semprotkan campuran susu tersebut pada rambut yang diinginkan, biarkan selama 1 jam hingga meresap ke dalam rambut. Setelah kering bilas dengan air dan gunakan shampo. Lakukan perawatan 2 hari sekali ini secara rutin agar hasil yang didapat optimal.

Minyak Zaitun

cara alami meluruskan rambut

MencegahpenyakitCom

Kamu juga bisa meluruskan rambut dengan minyak zaitun. Caranya adalah panaskan minyak zaitun terlebih dahulu, tunggu hingga minyak zaitun hangat, kemudian oleskan ke seluruh bagian rambut hingga rata. Pijat-pijat dan sisir rambut secara rapi, tutup dengan handuk panas dan diamkan selama 30 menit. Cara ini bertujuan untuk memberi kelembaban pada folikel rambut, sehingga rambut yang ikal dan bergelombang dapat menjadi lurus.

Demikianlah beberapa tips, cara alami meluruskan rambut ikal dan bergelombang yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Lakukan perawatan rambut di atas secara teratur dan berkelanjutanuntuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Manfaat Buah Pala

Fungsi Warna Makanan untuk Kesehatan

7 Bumbu Dapur yang Bisa Digunakan Sebagai Antibiotik Alami

Khasiat Pisang dan Tomat

Leave a Reply