Manfaat Buah Pala

Pala adalah tumbuhan yang berasal dari kepulauan Banda Maluku Indonesia dan tersebar luas di daerah tropika lain seperti Mauritius dan Karibia. Buah atau biji pala merupakan rempah-rempah yang memiliki nilai tinggi dan telah menjadi komoditas perdagangan sejak zaman eksplorasi Eropa.

Tumbuhan ini memiliki nama latin Myristica fragrans, buahnya berbentuk bulat lonjong dan berwarna kuning. Daging buah pala juga mengandung minyak atsiri, bijinya berwarna coklat dan terbungkus dengan fuli (salut biji) yang berwarna merah. Biji dan fuli inilah yang kemudian akan diperdagangkan.

Sebelum diperjual belikan biji dipisahkan terlebih dahulu dari fulinya, kemudian dikeringkan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari atau dengan cara diasap. Pengeringan dilakukan sampai biji pala menyusut. Tujuan dari pengeringan adalah agar biji pala bisa bertahan untuk waktu yang lama.

Biji pala mengandung minyak atsiri yang digunakan sebagai campuran parfum atau sabun. Dan bubuk biji pala digunakan sebagai bumbu dan penyedap makanan. Sedangkan fuli atau salut bijinya yang berwarna merah digunakan sebagain bahan untuk pruduk-produk kecantikan.

Tumbuhan pala termasuk tumbuhan yang langka, karena pala tidak bisa ditemukan di sembarang tempat. Di Indonesia sendiri tempat yang dikenal sebagai penghasil buah pala terbesar ada di kepulauan Banda, Maluku. Rempah-rempah pala sangat mudah dijumpai namun buah pala adalah termasuk buah yang langka (Info Tanaman).

 

Kandungan Nutrisi Buah Pala

PlusGoogleCom

PlusGoogleCom

Kandungan nutrisi buah pala per 100 gram dikalikan dengan % kebutuhan kalori harian:

Jumlah lemak total 36 g 55 %

Lemak Jenuh  26 g 130 %

Polyunsaturated fat 0,4 g

Lemak tak jenuh tunggal 3,2 g

Kolesterol 0 mg 0 %

Sodium 16 mg 0%

Kalium 350 mg 10 %

Jumlah Karbohidrat 49 g 16 %

Serat makanan 21 g 84 %

Gula 28 g

Protein 6 g 12%

Kalsium 18 %

Iron 16%

Magnesium 45%

Vitamin A 2 %

Vitamin C 5 %

Vitamin D 0 %

Vitamin B – 6 10 %

Vitamin B – 12 0 %

Nilai % harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Nilai harian kamu mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori kamu.

 

Manfaat Buah Pala

AhsanfileCom

AhsanfileCom

Menghilangkan Masuk Angin

Apa kamu sering mengalami masuk angin? Mengkonsumsi minuman yang terbuat dari rebusan buah pala dipercaya mampu menyembuhkan masuk angin. Buah pala memiliki manfaat sama seperti jahe, sebab minyak atsiri yang terkandung pada buah pala sama dengan jahe. Sehingga buah pala bisa menghangatkan perut yang kembung karena masuk angin.

Menghilangkan Insomnia

Banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur atau insomnia, salah satunya adalah stres. Insomnia adalah salah satu penyebab timbulnya berbagai macam penyakit karena kurangnya waktu tidur. Senyawa kimia yang terkandung pada buah pala bisa membuat kamu menjadi tenang dan membuatmu mendapatkan tidur yang berkualitas. Buatlah air rebusan pala dan minumlah sebelum tidur.

Menambah Nafsu Makan

Pala bisa digunakan untuk anak-nak yang susah makan karena pala bisa meningkatkan nafsu makan. Pala mengandung enzim lipase yang bermanfaat untuk menambah atau meningkatkan nafsu makan.

Melancarkan Pencernaan

Enzim lipase adalah enzim yang terdapat pada bagian mulut dan lidah manusia. Enzim ini berguna untuk memudahkan proses pencernaan yang berlangsung di dalam lambung. Enzim lipase juga terdapat pada minuman pala, sehingga mengkonsumsi minuman pala sebelum makan bisa membantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh.

Menghilangkan Rasa Mual

Buah pala memiliki sifat antiemetik yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual yang disebabkan oleh mabuk kendaraan. Minum air rebusan buah pala setengah jam sebelum melakukan perjalanan.

Menghilangkan Nyeri Haid

Selain menghilangkan rasa mual sifat antiemetik pada buah pala juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri haid pada wanita. Selain itu buah pala juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada penyakit rematik.

Meredakan Asam Lambung

Rasa perih dan juga mual yang ada di dalam perut adalah salah satu tanda bahwa asam lambung di dalam lambung meningkat. Untuk meredakannya kamu bisa menggunakan buah pala. Buah pala mengandung zat saponin yang berguna untuk menurunkan asam lambung berlebih yang diprokduksi oleh lambung.

Kamu bisa membuat sendiri minuman untuk meredakan asam lambung, caranya: Campurkan 100 ml air hangat dengan 1 sendok teh pala yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan 2 sendok teh buah pisang batu, aduk-aduk kemudian minum selagi hangat.

Menghilangkan Suara Parau

Buah pala juga bisa menghilangkan suara parau yang tidak nyaman di tenggorokan. Buah pala mengandung minyak esensial yang bermanfaat untuk menghilangkan suara parau. Buatlah pasta dengan menggunakan campuran pala, jahe dan cengkeh untuk menghilangkan suara parau tersebut.

Caranya; pertama-tama haluskan pala dan juga jahe, kemundian campur dengan 1 sendok teh cengkeh yang juga sudah dihaluskan dan tambahkan 3 tetes minyak kayu putih. Jika semua bahan sudah tercampur oleskan ke daerah sekitar leher dan diamkan selama 3 jam. Untuk hasil yang optimal lakukan cara ini secara rutin dua hari sekali.

Mengobati Rasa Sakit

Manfaat buah pala yang selanjutnya adalah untuk menetralisir rasa sakit yang diakibatkan oleh cedera, luka dan radang kronis. Karena di dalam buah pala terdapat senyawa kimia berupa mentol yang bisa menetralisir rasa sakit tersebut.

Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan miristin yang ada dalam Buah pala bermanfaat untuk mengurangi degradasi syaraf dan juga penurunan kognitif dari otak. Hal ini desebabkan karena buah pala mengandung senyawa kimia miristin. senyawa ini bermanfaat untuk mengurangi atau memperlambat degradasi saraf otak dan penurunan kognitif yang dialami oleh para penderita penyakit alzheimer, parkinson dan pikun.

Detoksifikasi Alami

Proses detoksifikasi adalah pengeluaran racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Senyawa kimia yang terdapat pada buah pala bisa membantu membersihkan racun atau toksin yang ada di dalam organ-organ tubuh. Racun yang mengendap di organ-organ tubuh tersebut akan dikeluarkan bersamaan melalui keringat, feses dan urin.

Menjaga Kesehatan Mulut

Mulut rentan terkena penyakit seperti bau mulut, radang, sariawan, gusi berdarah dan sakit gigi. Kandungan minyak atsiri yang terdapat pada pala bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut dan menyehatkan gigi dan gusi. Banyak obat kumur dan pasta gigi yang beredar saat ini yang terbuat dari ekstrak buah pala.

Mencegah Leukimia

Menurut penelitian senyawa kimia metanol yang terdapat pada buah pala bisa mencegah leukimia atau kanker darah. Namun bahan herbal yang terbuat dari buah pala untuk pencegahan leokimia belum terlalu dikenal karena belum banyak orang yang mengetahui tentang fakta ini. Konsumsi ekstra buah pala bisa mencegah meningkatnya sel darah putih di dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita leukimia.

Menyehatkan Kulit

Buah pala juga bisa membantu menyehatkan kulit, karena mengandung zat scolopetin yang bermanfaat untuk mengobati peradangan pada kulit. Selain menyehatkan kulit, buah pala juga bisa menghilangkan bekas luka, bekas jerawat dan noda-noda pada kulit.

Buatlah krim dari parutan buah pala yang dicampur dengan madu, oleskan pada bagian kulit yang diinginkan dan diamkan selama 30 menit. Gunakan beberapa kali dalam seminggu, sampai terlihat perubahannya dan kulit terbebas dari bekas luka atau noda.

Melancarkan Peredaran Darah

Buah pala mengandung kalium yang bisa melancarkan peredaran darah. Jika aliran darah lancar maka aliran oksigen ke seluruh tubuh juga akan lancar. Selain itu kalium juga bisa membantu mengoptimalkan prose penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Menormalkan Tekanan Darah

Selain melancarakan peredaran darah kandungan kalium yang terdapat pada buah pala bisa mengatur tekanan darah menjadi normal. Buah pala juga mengandung mineral dan kalium yang bisa meregangkan pembuluh darah sehinga bisa mengurangi tekanan darah tinggi pada penderita penyakit kardiovaskular.

Menyehatkan Tulang

Kandungan kalsium pada buah pala juga bermanfaat untuk menyehatkan tulang. Kalsium pada buah pala bisa memperbaiki syaraf tulang, menjaga pertumbuhan tulang dan menguatkan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis. Kamu juga bisa menggunakan buah pala sebagai cara meninggikan badan untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Buah pala yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C pada buah pala bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Mencegah Penyakit Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat pada buah pala bisa meningkatkan dan memperbaiki sel darah merah sehingga bisa mencegah gejala anemia atau kurang darah.

Mengobati Penyakit Diabetes

Senyawa kimia pada buah pala yang bernama macelignan memiliki manfaat sebagai bahan pembuatan obat anti diabetes. Senyawa kimia tersebut berguna untuk menurunkan kadar gula darah di dalam darah, membantu tubuh memproduksi insulin dan mencegah komplikasi lain yang disebabkan diabetes.

Menyehatkan Mata

Buah pala mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A berfungsi untuk menyehatkan organ pengelihatan yaitu mata. Konsumsi buah pala yang benar bisa membuat mata sehat dan menghidarkannya dari penyakit-penyakit mata seperti rabun jauh atau rabun dekat.

Menangkal Radikal Bebas

Senyawa kimia yang ada di dalam buah pala bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas ada di sekitar kita dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan.

Mengobati Sakit Gigi Dan Infeksi Gusi

Buah pala mengandung zat yang bernama samak yang bersifat mematikan kuman-kuman penyebab masalah mulut seperti sakit gigi dan gusi berdarah. Dengan mengkonsumsi minuman sari pala dapat menghindarkan kamu dari sakit gigi, infeksi gusi dan penyakit mulut lainnya.

Menambah Energi

Buah pala merupakan penambah energi alami. Di dalam buah pala terdapat berbagai macam kandungan yang bermanfaat untuk menghasilkan energi seperti zat pati, gula pati, energi dan karbohidrat. Minum minuman sari buah pala bisa menambah energi secara instan.

Menghilangkan Stress

Kandungan miristisin dalam buah pala bermanfaat untuk menghilangkan stress. Miristisin berfungsi sebagai penghambat protein monoamine oksidase yaitu protein yang menjadi penyebab timbulnya stress.

Menghilangkan Bau Badan

Kandungan limonene dan minyat atsiri yang ada di dalam buah pala bisa menghilangkan bau badan yang tidak sedap yang ditimbulkan dari keringat yang bercampur dengan bakteri.

Meringankan Gejala Flu

Buah pala bisa meringankan dan meredakan gejala flu yang disebabkan oleh virus influenza. Buah pala mengandung asam oleanolat yang bersivat anti inflamasi sehingga bisa membantu melawan dan membunuh virus influenza.

Mengobati Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis bisa diobati dengan mengkonsumsi sari pala. Kandungan asam oleanolat bersifat sebagai antivirus dan anti inflamasi sehingga bisa melindungi hati dari penyakit hepatitis.

No Responses

  1. Pingback: Cara alami meluruskan rambut 8 Oktober 2015

Leave a Reply