Beberapa Penyebab Susah Tidur

Tidur secara umum memberi kesempatan tubuh untuk beristirahat dan secara khusus mengurangi rasa stres dan mengurangi rasa sakit. Setiap orang membutuhkan tidur yang cukup dan berkualitas untuk me-recharge kembali tenaga yang sudah digunakan seharian.

Namun apakah kamu seorang Lychnobite? Yaitu sebutan untuk orang yang aktif di malam hari dan tidur di siang harinya? Padahal tidur malam lebih berkualitas, karena tubuh jauh lebih aktif memperbaiki sel-sel yang rusak pada malam hari.

Kualitas tidur yang baik sangat berdampak bagi kesehatan tubuh dan juga berpengaruh untuk tinggi badan. Namun seringkali kita tidak bisa memejamkan mata saat sudah waktunya tidur. Inilah beberapa benyebab yang membuatmu susah tertidur di malam hari.

 

1. Kedinginan atau Kepanasan

Kamu pasti sering tidak bisa tidur karena udara di kamarmu terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu ruangan yang nyaman untuk tertidur adalah antara 22-24 derajad celcius. Saat musim dingin kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan selimut untuk menghangatkan tubuh sehingga kamu nyaman untuk tidur. Dan saat musim panas kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kipas angin. Hindari menggunakan pendingin ruangan atau AC karena tidak baik untuk kesehatan dan juga lingkungan. Buatlah suhu kamarmu senyaman mungkin.

2. Kelaparan

Kelaparan di malam hari adalah hal yang sering dialami oleh banyak orang, biasanya dikarenakan tidak sempat makan malam sebelumnya. Jika kamu tidak punya stok makanan untuk mengganjal perut atau sudah terlalu larut untuk keluar membeli makanan, ahli gizi menyarankan cara aman dan mudah yaitu dengan minum air hangat. Air minum hangat dapat mengatasi rasa lapar di tengah malam tanpa bikin gemuk. Atau kamu juga bisa minum segelas susu, susu mengandung asam amino yang bisa membuatmu tidur lebih nyenyak.

3. Kesendirian

Manusia lebih bahagia saat berada disekitar teman-teman dan keluarganya. Kesendirian membuatmu susah tidur karena secara dramatis membuatmu merasa kesepian dan tidak memiliki teman. Contoh orang yang mengalami kesendirian adalah anak kost yang jauh dari keluarga. Cobalah untuk menginap di tempat temanmu atau kamu juga bisa mengundang temanmu ke tempatmu.

4. Terlalu Banyak Berpikir

Saat kamu sedang berpikir keras tentang suatu hal, maka otak akan bekerja lebih aktif. Inilah yang salah satu penyebab seseorang terjaga di malam hari. Cobalah menulis pada diary book hal yang membuatmu senang hari ini, itu bisa membuatmu merasa tenang dan mendapatkan tidur yang lebih baik.

5. Terlalu Banyak Kenangan

Salah satu hal yang membuatmu susah tidur adalah kenangan bersama orang yang pertama kali kamu pikirkan setelah membaca kalimat ini. Merindukan seseorang terbukti menyebabkan terjaga di malam hari, karena perasaan kehilangan seseorang yang spesial membuatmu sulit tertidur. Cobalah menerima yang sudah terjadi, kamu mungkin kehilangan sesuatu yang baik, tapi kamu juga mungkin mendapatkan hal yang lebih baik.

6. Internet

Terlalu asyik berselancar di internet membuatmu lupa waktu dan sering terjaga sampai larut malam. Padahal waktu tidur terbaik adalah jam 10 malam, karena pada saat itu tubuh sedang melakukan proses detoksifikasi, sangat baik untuk vitalitas tubuh, kesehatan kulit dan mood yang positif. Maka dari itu letakkan gadgetmu, dan tidurlah jika sudah waktunya untuk tidur

 

Tidur yang cukup dan makan makanan yang bergizi adalah kunci kesuksesan prestasi seseorang. Tidur cukup juga membantumu lebih dapat mengendalikan emosi. Orang yang jam tidurnya teratur cenderung memiliki harapan hidup yang lebih panjang. Posisi tidur yang baik adalah tubuh miring ke kanan, tangan kiri sebagai bantal dan kaki kiri ditekuk. Tidurlah secara magnetic polar, yaitu tidur searah kutub Utara dan Selatan, kepala di utara atau sebaliknya.

Dulu saya punya penyakit susah tidur atau biasa disebut insomnia. Tapi semenjak saya berobat ke klinik Tong-Seng. Alhamdulillah sekarang saya jadi susah bangun. #becandaya

Leave a Reply