Batu Marmer Tulungagung yang Mendunia

Batu marmer merupakan batuan kristalin kasar yang berasal dari dolomit (batu kapur). Batu marmer murni memiliki warna putih karena tersusun dari mineral kalsit. Batu marmer digunakan sebagai komponen bangunan dan perabotan seperti lantai, meja kursi dan perabotan rumah lainnya. Selain itu batu marmer merupakan salah satu bahan baku pembuatan karya seni bernilai tinggi seperti patung, prasasti, papan nama dan juga piala.

Di Tulungagung Jawa Timur, tepatnya di kecamatan Campurdarat dikenal sebagai salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia. Lokasinya terletak di sekitar desa Besole kecamatan Besuki yang hingga kini rutin melayani permintan dari luar negeri.

Di salah satu pabrik marmer yang ada di Tulungagung Jawa Timur, Batu marmer murni yang tersusun dari mineral kalsit masih berbentuk bongkahan besar untuk kemudian dipotong dengan mesin gerinda sesuai deangan ukuran yang diinginkan.

Selain pabrik penghasil batu marmer, di Tulungagung Jawa Timur juga ada sebuah industri yang mengolah batuan kristalin batu gamping atau dolomit menjadi barang kebutuhan dengan bentuk yang lebih beragam.

Mulai dari kebutuhan rumah tangga seperti gelsas dan piring, hiasan patung dengan ukuran yang besar, papan catur dengan bidak hitam dan putihnya, hingga beraneka ragam model kap lampu

Seluruh kerajinan marmer tersebut dibuat dari jenis marmer yang berbeda, ada yang berasal dari marmer murni, atau jenis onix yang berwarna sedikit kuning dan dapat ditembus cahaya.

Di Indonesia jenis marmer onix lebih digemari karena bentuknya yang memiliki lebih banyak detail ukiran. Sedangkan di manca negara marmer minimalis tanpa hiasan lebih disukai.

Umumnya pasar internasional lebih memanfaatkan marmer sesuai fungsi daripada memperhatikan nilai artistiknya. Sehingga untuk pasar manca negara dibuat kerajinan marmer yang lebih sederhan tanpa banyak ukiran. Seringkali pemesan dari luar negeri menyesuaikan warna marmer dengan musim yang sedang terjadi di sana.

Hingga saat ini tulungagung menjadi pemasok batu marmer yang dikenal dalam dan luar negeri. Adapun pasar lokal dari marmer tulung agung antara lain adalah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Jogjakarta. Sedangkan untuk pasar ekspor marmer Tulungagung adalah negara-negara Eropa hingga Amerika.

Dengan memanfaatkan potensi daerah yang kaya akan hasil marmernya, kini Tulungagung dikenal sebagai salah satu tempat dengan kerajinan marmer terbaik. Maka bukan tak mungkain jika daerah lain menggali potensi alam serupa agar produksi tanah air menyebar ke seluruh dunia.

Jual marmer terbaik produksi Tulungagung.

One Response

  1. Nindya 13 Februari 2017

Leave a Reply