Baju Batik Indonesian Dipakai Artis Hollywood

Batik adalah kain bermotif yang dibuat secara handmade dengan terlebih dahulu menggambarkan pola pada kain dengan menggunakan cairan malam, kemudian kain yang sudah memiliki pola dari malam diberi warna tertentu kain memiliki motif yang khas. Kata batik sendiri diambil dari bahasa Jawa yaitu Amba dan Titik, kata Amba memiliki makna menulis dan kata Titik memiliki makna titik, sehingga batik memiliki arti menggambar titik-titik. Menurut ahli sejarah di Indonesia, batik diperkirakan pertama kali dibuat pada zaman kerajaan Majapahit, tepatnya pada abad ke-12 masehi.

Sejak tanggal 2 Oktober 2009 lalu, batik Indonesia telah ditetapkan oleh Unesco sebagai warisan budaya dunia. Selain itu kain batik Indonesia juga populer di luat negeri. Taukah kamu kalau Ratu Elizabeth II, Ratu Juliana, dan Bill Clinton memakai baju batik karya seorang desainer Indonesia bernama Iwan Tirta. Klub sepak bola asal Inggris Manchester United pernah membuat jersey away yang bermotifkan kain batik di tahun 1990-1991 saat disponsori oleh Adidas. Youngji Kara terlihat memakai batik Seohyun saat melakukan pemotretan untuk album Girl’s Story, sedangkan Yoona dan Tiffany SNSD pernah memakai Baju dan dompet brmotif kain batik Indonesia.

Di negara2 barat dan di Afrika selatan, dikenal istilah kemeja Bapak Mandela atau Madiba Shirt yang tidak lain adalah kemeja batik dari Indonesia. Morgan Freeman yang memerankan Nelson Mandela di film Invictus terlihat mengenakan kemeja batik kesukaan tokoh yang sedang diperankannya dalam film tersebut. Top Big Bang pernah mengenakan kemeja batik saat menghadiri acara After Party yang berada di Hongkong. Aktris Hollywood Jessica Alba pernah mengenakan pakaian batik bermotif parang saat menghadiri salah satu ajang bergengsi.

 

1. Pemain Sepak Bola

skuad arsenal

Pemain Arsenal pakai baju Batik, menjelang tur pramusimnya ke Jakarta Wojciech Szczesny, Olivier Giroud, Per Mertesacker, Tomas Rosicky, Mikel Arteta dan Lukas Podolski berpose menggunakan kemeja batik yang tentunya batik buatan Indonesia dan dikirim ke Inggris untuk dikenakan para skuad The Gunners tersebut.

Olivier Giroud

Olivier Giroud terlihat sedang bersiap memakai kemeja batik untuk foto tur pramusim timnya di Jakarta.

2. Karakter Anime

god enel

Karakter God Enel pada serial One Piece memakai celana bermotif batik. God Enel adalah seorang dewa yang memiliki kekuatan listrik.

uchia itachi

Karakter Uchia Itachi pada serial Naruto memakai jubah bermotif batik. Jubah ini digunakan juga oleh anggota Akatsuki lain dalam serial anime Naruto di jepang.

 

3. Tokoh Dunia

Rudolf G Smend

Di Koln Jerman terdapat museum batik milik Rudolf G. Smend yang merupakan museum batik terbesar dan terlengkap di Eropa. Rudolf G. Smend adalah salah satu dari sekian banyak oranng Jerman yang terobsesi pada batik Indonesia, sampai-sampai dia membuat museum khusus untuk batik Indonesia di kawasan Mainzerstra pusat kota Koln Jerman.

nelson mandela

Nelson Mandela adalah seorang pengkoleksi kemeja batik Indonesia. Mantan presiden Afrika Selatan ini terkenal gemar memakai kemeja batik Indonesia. Bukan hanya saat berkunjung ke Indonesia, saat berkunjung ke negara lain pun Mandela sering mengenakan kemeja batik kesukaannya.

Bill Gates

Bill Gates terlihat mengenakan kemeja batik saat kunjungan perdananya ke Indonesia tahun 2008 lalu. Pemilik Microsoft ini memakai baju batik pada acara Presidential Lecture Featuring Bill Gates di JCC. Bill Gates tampil dengan mengenakan kemeja batik berwarna coklat keemasan bermotif pisang bali mangar.

 

4. Artis Hollywood

westlife

Shane, Kian, Nicky dan Mark (Westlife) mengenakan kemeja batik Indonesia.

 

Tom Cruise terlihat memakai baju batik di film Mission Impossible 5 yang dibintanginya.

Leave a Reply