LDR Itu Apa Sih?

Apa sih LDR itu? Bagi kamu yang masih belum tahu tentang istilah LDR dan sering mendengarkan orang lain menggunakan istilah ini di sosial media, maka disini akan dijelaskan pengertian tentang LDR. LDR adalah singkata dari Long Distance Relationship atau hubungan jarak jauh. LDR adalah ketika kamu dan pasanganmu sedang menjalani hubungan namun terpisah oleh jauhnya jarak dan perbedaan waktu.

Misalnya kamu berada di Sabang dan pacar kamu berada di Merauke namun kamu dan pasanganmu tetap berkomitmen untuk menjalani suatu hubungan, itulah pengertian dari LDR. LDR adalah hubungan yang sering dihindari oleh banyak orang dalam menjalin suatu hubungan. Banyak orang yang merasa takut apabila harus menjalani hubungan jarak jauh karena rawan akan perselingkuhan.

Rasa khawatir kerena tidak bisa sering bertemu atau bahkan tidak bisa saling bertukar kabar karena kesibukan, hingga rasa rindu yang datang menyerang. Namun hubungan jarak jauh tidak selamanya berdampak negatif, ada juga hal positif yang bisa diambil dari hubungan jarak jauh tersebut. Misalnya kamu bisa lebih berhemat karena tidak perlu pergi nonton atau makan di restoran.

Namun tidak jarang juga dari hubungan LDR tersebut muncul masalah-masalah dari masalah sepele hingga masalah besar. Masalah-masalah tersebut biasanya timbul karena tidak bisa saling berkomunikasi dengan baik. Kurangnya memberi kabar karena kesibukan atau perbedaan waktu, kurangnya perhatian yang diberikan, tingkat kejenuhan yang meningkat hingga munculnya keraguan akan adanya pihak ke tiga.

Berikut ini adalah poin-poin yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan jarak jauhmu bisa tetap bertahan sampai akhir nanti.

 

1. Selalu Menjaga Komunikasi

jaga komunikasi dengan baik

mashable.com

Komunikasi adalah kunci utama dari setiap hubungan, khususnya bagi hubungan jarak jauh. Di zaman yang semuanya sudah serba mudah ini komunikasi dapat dilakukan dengan banyak cara. Sediakan waktu luang untuk berkirim pesan, chating, video call, berkirim foto atau video dengan pasanganmu agar hubungan yang terjalin semakin hangat.

Bersikaplah terbuka kepada pasangan sebagai bukti bahwa dia adalah prioritas dalam hidupmu. Jika muncul keraguan atau kepercayaan mulai pudar utarakan langsung pada sang kekasih. Meskipun tidak bisa sering bertemu, mendengar suaranya dan melihat wajahnya sudah sangat cukup untuk mengobati kerinduanmu. Dengan komunikasi yang terjalin dengan baik kamu akan selalu mengingat dia yang kamu cintai.

Tidak ada salahnya sesekali menggunakan cara kuno yaitu berkirim surat lewat pos. Selain lebih personal, kamu juga bisa memberikan wangi parfum pada surat tersebut yang akan membuatnya bernostalgia sehingga akan selalu ingat dengan kamu. Mendapat surat dari pos lebih menyenangkan daripada mendapat pesan email atau dari sosial media lainnya, selain itu selain itu surat juga tidak dapat dihapus seperti pesan elektronik lainnya.

 

2. Berikan Kejutan tak Terduga

kasih hadiah kejutan

wordpress.com

Sesekali berikan kejutan untuk menyegarkan hubungan dan membuatnya merasa diperhatikan. Mengirimkan rangkaian bunga dapat menjadi pengobat kerinduan yang romantis, karena jarak yang jauh kamu bisa menggunakan jasa pengiriman.

Ambil cuti untuk beberapa waktu dan kejutkan dia dengan datang ke tempatnya secara diam-diam. Sesuaikan jadwal kedatanganmu dengan kesibukannya, jangan sampai kamu datang saat dia sedang sibuk, kedatanganmu pasti akan menjadi pengobat kerinduannya selama ini.

 

3. Buat Peraturan yang Disepakati Bersama

aturan yang bisa menjadi rujukan hubungan

lifehacker.com

Untuk menghindari kesalah paham dan hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya membuat beberapa peraturan yang kalian sepakati bersama. Misalnya, harus memberikan kabar di manapun, kapanpun dan dalam keadaan apapun. Bertemu langsung setiap beberapa bualn sekali, harus menelepon setiap malam, harus menceritakan hal-hal apa saja yang dialami seharian, atau peraturan lainnya yang lebih sederhana sesuai kesepakatan bersama.

 

4. Bersiap Menghadapai Kemungkinan yang Datang

selalu siap dengan perubahan

www.stephanspeaks.com

Dalam mennjalin hubungan jarak jauh, selalu ada masalah-masalah yang datang menghampiri. Banyak faktor-faktor diluar rencana yang akhirnya menjadi sebuah masalah. Kamu sudah susah-susah membuat rencana untuk saling bertemu, ketika sudah membuat janji, pacar kamu ada kepentingan mendadak atau kamu yang tidak bisapergi bertemu dia karena ada tugas dari kantor yang arus segera kamu selesaikan.

 

5. Dasar Sebuah Hubungan Adalah Rasa Saling Percaya

percaya kepada pasangan

www.lifehack.org

Kepercayaan pada pasangan adalah dasar yang harus dimiliki seseorag yang sudah berkomitmen menjalin hubungan jarak jauh. Bila kamu tidak memiliki rasa percaya kepada pasanganmu, sebaiknya kamu berpikir lagi sebelum melanjutkan hubungan jarak jauh tersebut. Karena kamu akan merasa capek sendiri disiksa kecurigaan dan kecemburuan karena tidak bisa selalu berada di dekatnya. Apabila perasaan gelisah dan curiga ini muncul jangan di pendam sendiri karena hanya akan menjadi masalah. Ada baiknya kamu langsung mengungkapkan kepadanya.

Selalu bersikap sabar dan mengontrol emosi jika rasa kesal muncul dan menyebabkan sebuah masalah baru. Bagi pasangan yang menjalin hubungan jarak jauh, kesabaran adalah hal yang sangat dibutuhkan. Saat berada dalam hubungan LDR seperti ini, emosi antara satu sama lain mudah meledak. Jika sudah seperti ini, salah satu di antara kalian harus mengalah, belajar dewasa untuk memahami keinginan pasangan.

Karena itu sanagt penting untuk selalu bersikap sabar menghadapi pasangan yang sedang emosi. Ingat, jika emosi dilawan dengan emosi hanya akan menyebabkan kamu menyesal di kemudian hari, harus ada salah satu dari kalian yang harus mengalah. Ucapkan maaf jika kamu bersalah dan ucapkan kata sayang agar dia merasa sebagai orang yang paling penting dalam hidupmu.

 

6. Pertimbangkan Baik dan Buruk dari Hubungan yang Kamu Jalani

tidak semua hunbungan LDR berjalan sesuai harapan

yourtango.com

Tidak semua pasangan bisa berhasil dalam menjalani hubungan jarak jauh. Perlu banyak pengertian dan kesabaran agar hubungan LDR bisa tetap bertahan. Pertimbangkan baik dan buruk hubungan yang tengah kamu jalani bersamanya, apakah selama ini kamu dan pasanganmu sudah merasa bahagia? Apakah kamu lebih sering menghabiskan waktu untuk beretngkar daripada membicarakan masa depan? Apakah kamu benar-benar bisa menjalin hubungan LDR? Coba pertimbangkan lagi.

Jika lebih banyak hal baik yang kamu dapatkan dari hubungan tersebut, maka itu adalah alasan yang cukup untuk melanjutkan hubungan jarak jauhmu dengannya. Namun jika lebih banyak dampak buruk yang timbul dari hubungan tersebut, jangan terburu-buru untuk mengakhiri hubungan.

Bicarakan baik-baik dengan pasanganmu dan berikan alasan yang tepat untuk mengakhiri hubungan kalian. Tidak ada orang yang terus-terusan merasa sedih dan menderita karena cinta. Kecuali jika kamu dan dia bisa menemukan jalan keluar.

 

7. Bicarakan Masa Depan Dengannya

bicarakan hal yang membuat kalian merasa dekat

hipwee.com

Kamu harus memiliki tujuan yang jelas dengan pasanganmu, sesekali bicaralah tentang masa depan kalian agar kamu dan pasanganmu lebih semangat menjalaninya. Jika memang sudah saatnya tidak ada salahnya untuk menguatkan komitmen dan mengutarakan hal serius.

Jangan  sekali-kali menghindar saat membicarakan hal tersebut, tunjukan bahwa kamu benar-benar serius dengan dirinya. Berikan dia alasan kenapa kalian bisa bertahan dalam LDR hingga sejauh ini.

 

8. Jarak Bukanlah Sebuah Penghalang

jangan jadikan jarak sebagai halangan

welovebuzz.com

Kamu dan pasanganmu harus sependapat bahwa jarak bukanlah suatu masalah, karena dengan kemajuan teknologi yang sudah semakin canggih sekarang ini kamu tidak akan kesulitan untuk menghubunginya. Misalnya dengan menggunakan BBM, Whatsapp, Line, Skypea dan mesenger lainnya. Intinya selalu berikan kabar diri atau tanyakan kabarnya, jangan sampai kehilangan momen-momen penting seperti hari ulang tahunnya.

Jangan merasa sedih karena terpisah jarak dengan pasangan, pasalnya banyak pasangan yang padahal dekat dan sering ketemu namun sering bertengkar dan tidak menikmati hubungan mereka. Jadi buat kamu yang kebetulan sedang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR, ini adalah kesempatanmu untuk menunjukan rasa cinta tidak akan berkurang walaupun jarak memisahkan.

 

9. Selalu Berbaik Sangka

memikirkan hal yang baik tentang pasangan

info-menarik.net

Kepercayaan di atas segalanya ada kunci kesuksesan suatu hubungan. Dengan rasa percaya yang tinggi kepada pasangan, kamu tidak akan berpikir yang tidak-tidak ataupun berburuk sangka kepada pasanganmu. Berburuk sangka dan menduga-duga hanya akan menyebabkan menderita. Lebih baik berbaik sangka dan memantapkan hati untuk percaya dan setia hanya kepadanya.

Namun jangan menutup mata, kamu harus benar benar mengetahui karakter dan sifat dari pasanganmu. Pastikan bahwa dia bukanlah tipe orang yang mudah berpindah ke lain hati. Saling percaya bukan berarti kamu harus percaya semua yang dia katakan.

 

10. Berkomunikasi Secara Rutin

jangan lupa menelpon sang pujaan hati

www.lifehack.org

Jika sudah memiliki rasa saling percaya bukan berarti komunikasi menjadi jarang dilakukan dengan pasangan. Apalagi sekarang perkembangan teknologi semakin memudahkan dalam berkomunikasi, bisa bisa mengobrol di telepon, webcam atau Skype sebelum tidur. Sehingga kamu bisa melihat wajahnya secara langsung dan merasa tidak memiliki jarak dengannya. Usahakan untuk rutin menghubunginya pada waktu-waktu tertentu.

 

11. Walaupun Sendiri Banyak Hal yang Bisa Dilakukan

menyibukkan diri lumayan juga

spdi.eu

Hal paling menyebalkan saat berada pada zona LDR adalah bete sendirian saat malam minggu tiba. Dimana semua teman-teman sedang sibuk pergi bersama pasangannya masing-masing. Rasa bosan dan kesepian berkecamuk di dalam diri.

Namun jangan pernah berpikir untuk pergi dengan orang lain, lebih baik kamu melakukan hal-hal positif yang bisa kamu lakukan. Misalnya dengan mendengarkan musik, melakukan olah raga seperti bersepeda, membaca novel, nonton film di laptop atau menulis di blog. Hal tersebut dapat membuatmu melupakan kesedihan karena jauh darinya.

 

12. Kirimkan Foto Terbarumu

jangan lupa mengirimkan foto terbarumu

piknikdong.com

Selain selalu menjaga komunikasi jangan lupa untuk saling bertukar foto terbaru sebagai penawar rindu. Dengan saling berkirim foto terbaru, kalian akan tahu perkembangan dan aktivitas apa saja yang dilakukan pasanganmu. Kamu juga bisa mengetahui perubahan fisik yang dialami pasanganmu, apakah jerawatnya bertambah atau badannya makin ndut, mungkin kamu akan senyum-senyum sendiri saat melihat fotonya.

 

13. Berkunjung atau Minta Dikunjungi

kunjungi dia, kalau benar-benar tidak bisa mintalah untuk dikunjungi

seputarpernikahan.com

Luangkan waktu untuk bisa mengunjungi sang pujaan hati, atau mintalah dia untuk menjengukmu. Tidak masalah jika kamu seorang wanita, namun lebih baik bila si lelaki yang datang untuk menjenguk. Cari waktu yang tepat untuk datang mengunjunginya, seperti saat libur panjang. Pasti dia akan merasa senang bisa menyambut kedatanganmu, tapi jangan terlalu memaksa jika kamu atau dia tidak memiliki waktu untuk saling mengunjungi.

 

14. Jangan Mudah Berkata Putus

sedikit-sedikit jangan minta putus

chicamala.pl

Mungkin kamu pernah atau sering bertengkar dalam menjalani hubungan jarak jauh. Bisa karena dia mendengar hal-hal yang tidak benar tentang kamu atau kamu yang mendengar gosib tentang dia. Sehingga menyebabkan kamu bertengkar dengannya. Kalau sudah seperti ini, jangan cepat emosi apalagi langsung mengatakan kata putus.

Cari tahu terlebih dahulu kebenarannya, mungkin kamu mendapat informasi yang salah. Atau mungkin karena dia mencintai kamu sehingga di merasa cemburu kepadamu. Bicarakan masalah yang ada secara baik-baik, bicarakan tentang hal-hal yang ingin diketahui pasanganmu dan jawablah semua pertanyaannya dengan jujur.

Mungkinan kalian sedang merasa jenuh karena saling berjauhan. Atau mungkin juga ada orang yang ingin melihat hubungan kalian berakhir. Yang terpenting jangan melepaskan kepercayaan dan kesetiaanmu padanya, percaya dan yakinkan kalau pasanganmu adalah yang terbaik.

Baca Juga : Apa Itu Baper?

[Video Raisa – LDR]

Agar lebih afdol ngejalanin LDR-nya mending sambil dengerin suara merdunya mbak Raisa.

3 Comments

  1. Pingback: Apa Sih Baper Itu? 13 Januari 2016
  2. Rose 15 Desember 2016
  3. nus bani 18 April 2017

Leave a Reply