10 Air Terjun Paling Indah di Indonesia!

Air terjun adalah aliran air yang terbentuk setelah melewati jeram dan jatuh bebas dari tempat yang tinggi ke dasar sungai atau danau yang terbentuk akibat gerusan air yang jatuh. Air terjun juga bisa terbentuk dari patahan yang terdapat aliran sungai diatasnya. Air terjun tertinggi di dunia adalah air terjun Santo Angel yang berada di Venezuela dengan ketinggian 979 meter atau 3.212 kaki.

Terdapat ratusan air terjun dan danau di Indonesia yang tersebar di seluruh penjuru negeri, di pulau Jawa saja terdapat sekitar 100 lebih wisata air terjun. Keindahan air terjun di Indonesia tidak kalah dibandingkan air terjun yang terdapat di luar negeri. Bahkan keindahan air terjun di Indonesia berhasil menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia. Berikut adalah 10 air terjun di Indonesia yang wajib untuk dikunjungi versi Inzanami.

1. Air Terjun Banangar di Kalimantan Barat Indonesia

air terjun di pontianak kalimantan barat

via twitter

Air terjun Banangar atau yang juga biasa disebut Mananggar, Banangar adalah patahan sungai landak yang menjadi air terjun yang berada di kabupaten Landak Pontianak Kalimantan Barat. Air terjun Banangar terletak di hulu sungai landak, memilikin ketinggian 60 meter dan terdapat danau di bawahnya sehingga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah.

Jalan untuk menuju air terjun ini masih berupa jalan setapak yang sangat sulit untuk dilewati. Untuk sampai ke Air terjun Banangar harus melewati jalan yang jauh, panjang dan berliku, dari pusat kota pontianak sampai ke air terjun banangar dibutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Air terjun Banangar memiliki danau yang luasnya sekitar 2 hektar, inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, kamu bisa berenang di danau tersebut.

Di atas air terjun terdapat gunung Pejapa  yang tingginya mencapai 1.000 meter dan terdapat hutan yang mengelilingi air terjun Banangar yang masih utuh dan dilindunggi oleh pemerintah. Dan terdapat gua Sanjan di seberang danau, yang memiliki air terjun kecil dan sungai kecil di dalamnya.

2. Air Terjun Madakaripura di Probolinggo Jawa Timur Indonesia

air terjun di probolinggo jawa timur

via twitter

Air terjun Madakaripura dipercaya sebagai tempat peristirahatan terakhir patih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit. Terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Kecamatan Lumbang Probolinggo. Terdapat bukit-bukit disekeliling air terjun Madakaripura yang meneteskan air pada tebing-tebingnya yang tampak seperti rintik hujan, dan ada 3 tebing yang airnya mengucur deras dan membentuk air terjun.

Air terjun madakaripura memiliki tinggi sekitar 200 meter, dimana air terjun ini adalah yang paling tinggi di pulau Jawa. Jika kamu sedang berada di Jawa Timur tidak ada salahnya untuk mampir ke air terjun Madakaripura ini, selain dari Probolinggo kamu juga bisa mencapai tempat ini dari Malang. Dari pusat kota Probolinggo kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah Tongas, kemudian dari tongs lanjut ke air terjun Madakaripura.

Saat menempuh perjalanan kamu juga bisa menikmati pemandangan sambil mengambil gambar. Meskipun akses jalan menuju air terjun Madakaripura cukup sulit namun pemandangan dari tongas menuju air terjun sangat indah, udara yang segar banyak pohon-pohon besar dan sungai-sungai yang akan kamu lewati. Dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit untuk samapai ke air terjun Madakaripura. Setelah sampai di air terjun kamu akan merasakan dinginnya embun air terjun yang membasahi wajah.

Untuk bisa menikmati air terjun utamanya kamu harus berjalan lebih jauh sedikit dan harus menaiki tebing yang cukup licin. Namun begitu kamu melihat air terjun utama semua usahamu akan terbayar, kamu akan melihat air terjun yang dindingnya melingkar dan kamu akan merasa seperti berada di dalam botol dan jika kamu beruntung kamu juga bisa melihat pelangi di antara tebing air terjun. Beautiful.

3. Air Terjun 2 Warna di Sibolangit Sumatra utara Indonesia

air terjun di sibolangit sumatra utara

via twitter

Air terjun 2 Warna terletak di desa Durin Sirugun, merupakan destinasi wisata alam dari Sibolangit Deli Serdang Sumatera Utara. Terbentuk dari letusan gunung berapi Sibayak ratusan tahun yang lalu. Dinamakan air terjun dua warna karena air terjun ini memiliki dua warna yaitu biru dan putih, air yang turun dari atas berwarna biru sedangkan air yang berada dibawahnya berwarna putih keabu-abuan.

Warna air terlihat pada air terjun ini disebabkan oleh mineral yang terkandung didalamnya yaitu fosfor dan belerang. Air Terjun Dua Warna ini tidak boleh diminum karena mengandung dua zat mineral tadi. Oleh sebab itu jangan coba-coba untuk meminum air yang berada pada obyek wisata ini. Panorama sekitar yang masih asri dan gradasi air terjun yang sangat cantik membuat kamu betah berlama-lama bermain di obyek wisata ini.

Air terjun Dua Warna emiliki ketinggian sekitar 100 meter dan berada di dalam hutan. Tapi tenang saja kamu bisa memakai jasa pemandu untuk dapat sampai ke air terjun Dua Warna. Perjalanan diawali dari pintu masuk bumi perkemahan Sibolangit, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri hutan selama sekitar 2-3 jam. Jadi butuh stamina yang cukup untuk melakukan perjalanan ke air terjun Dua Warna ini. Sebaiknya kamu tidak berkunjung ke lokasi ini saat musim hujan karena tidak ada tempat untuk berteduh serta jalan menuju tempat air terjun menjadi licin.

4. Air Terjun Putri di Kuningan Jawa Barat

air terjun di kuningan jawa barat

via twitter

Curug Putri adalah nama yang diberikan oleh masyarakat setempat pada sebuah air terjun alami yang berada di Kuningan Jawa Barat. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Putri kamu bisa menikmati panorama kebun teh dan aliran sungai di kanan kirimu, para pemetik daun teh dan para penambang pasir yang sedang bekerja akan kamu temui saat berjalan di kaki gunung Salak menuju curug Putri. Kamu juga bisa melihat pemandangan kota Bogor, dengan panorama bukit Kapur dan gunung Pancar.

Selain Curug Putri ada pula air terjun Bertingkat dan beberapa buah curug lainnya yang masih berada di Kuningan, sesuai namanya air terjun bertingkat terdiri dari dua tingkatan curug. Curug Putri ini menjadi pilihan tempat berlibur dan beristirahat, karena pemandangan alam yang masih asri sangat terasa di desa ini. Curug Putri letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan, obyek wisata di desa Palasari, Cijeruk, Bogor, sekitar 45 menit dari pusat kota Bogor.

5. Air Terjun Siguragura di Asahan Sumatra Utara

air terjun di asahan sumatra utara

via twitter

Satu lagi wisata alam menantang dari provinsi Sumatera Utara, yaitu wisata alam air terjun Sigura-gura yang berada di Asahan. Air terjun ini tak pernah sepi pengunjung, mungkin karena Lokasinya yang berada di kabupaten Toba Samosir. Bagi yang sudah sering traveling air terjun Sigura-gura pasti sudah tidak asing lagi, khususnya bagi yang sudah sering pergi ke Sumatera Utara. Semua orang yang berkunjung ke air terjun Sigura-gura akan merasaka kekaguman pada aliran airnya.

Tingginya yang mencapai 250 meter, membuat Air Terjun Sigura-gura menjadi air terjun tertinggi di Indonesia, mengalahkan air terjun Madakaripura 200 meter yang berada di Probolinggo Jawa Timur dan juga Air Terjun Payakumbuh 150 meter yang berada di Sumatera Barat. Dengan tebing-tebing di sekelilingnya membuat Air Terjun Sigura-gura ini terlihat kokoh, bahkan suara yang ditimbulkan dari air yang mengalir deras dapat terdengar dari kejauhan. Sumber dari aliran air terjun ini berasal dari Sungai Asahan, sedangkan sungai Asahan sendiri berasal dari Danau Toba Sumatra Utara.

6. Air Terjun Mata Jitu di Pulau Moyo Sumbawa

air terjun di pulau moyo sumbawa

via twitter

Air terjun Mata Jitu tersembunyi di dalam hutan pulau Moyo, terletak di kabupaten Sumbawa NTB. Keindahan air terjun Mata Jitu bisa memukau siapa saja yang datang berkunjung ke kawasan ini. Gemercik airnya terdengar sayup-sayup dalam kesunyian alam, Pepohanan yang hujau dan pemandangannya yang masih asri membuat air terjun Mata Jitu menjadi destinisi terbaik di pulau Moyo.

Konon air terjun Mata Jitu telah terbentuk jutaan tahun lalu, air terjun yang berwarna hijau jernih seakan-akan membuat kamu ingin menceburkan diri ke dalam air terjun ini. Terdapat empat undak dan tujuh kolam pada air terjun Mata Jitu. Dinamakan “mata jitu” karena mata air yang jatuhnya tepat mengenai kolam yang berada di bawahnya. Karena terkenal akan keindahannya air terjun Mata Jitu pernah dikunjungi mendiang Putri Diana dan Mick Jagger. Sehingga masyarakat sekitar ada yang menjuluki air terjun ini dengan sebutan Queen Waterfall.

Pengunjung dapat menyewa perahu nelayan dari desa di Sumbawa untuk bisa sampai ke air terjun Mata Jitu. Selama perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan perbukitan dan savana yang indah dengan waktu tempuh perjalanan selama 2 jam. Selain air yang turun dari undakan-undakan, keindahan air terjun Mata Jitu juga terletak pada batuan yang terbentuk sejak ribuan tahun silam. Permukaan pada dinding air terjun Mata Jitu terdapat stalaktif dan stalagmit yang beragam sehingga membuatnya semakin indah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

7. Air Terjun Moramo di Poso Sulawesi Tenggara

air terjun di poso sulawesi tenggara

via twitter

Berada di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa tepatnya di desa Sumber Sari, kecamatan Moramo, kabupaten Konawe Selatan, provinsi Sulawesi Tenggara. Air Terjun Moramo merupakan cascade alias air terjunber tingkat. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter air terjun Moramo Dari mengalir melewati 7 tingkatan utama dan 60 tingkatan kecil yang berfungsi sebagai penampung air atau semacam kolam air. Namun dari sekian banyak kolam hanya satu yang dimanfaatkan untuk berenang, yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua.

Konon air terjun Moramo adalah tempat mandinya para bidadari yang turun dari kayangan, ini adalah cerita yang berkembang di masyarakat. Yang membedakan air terjun Moramo dengan air terjun bertingkat lain adalah air terjun Moramo dikelilingi oleh batuan kapur yang tidak licin, sehingga para pengunjung bisa memanjat dinding-dindingnya tanpa takut terpeleset.

8. Air Terjun Cikaso di Sukabumi Jawa Barat

air terjun di sukabumi jawa barat

via twitter

Air terjun Cikaso atau dalam bahasa sunda disebut Curug adalah air terjun yang berada di Jawa Barat, tepatnya di kampung Ciniti, desa Cibitung, kecamatan Cibitung, kabupaten Sukabumi. Dinamakan curug Cikaso karena aliran airnya berasal dari anak sungai Cikaso. Curug Cikaso atau juga dikenal sebagai curug Luhur terbentuk dari 3 titik air terjun, kedua air terjun dapat terlihat jelas sementara yang satu lagi sedikit tersembunyi karena tertutup oleh tebing.

Di bagian bawah curug terdapat kolam dengan air yang jernih dan berwarna hijau kebiru-biruan. Masing-masing titik pada air terjun Cikaso memiliki nama yang berbeda, di bagian kiri bernama Asepan, bagian tengah bernama Meong dan di bagian kanan bernama Aki. Ketiga-tiganya memiliki ketinggian 80 meter dan lebar tebing 100 meter. Aliran air curug Cikaso selanjutnya mengalir ke muara Tegal Buleud Sukabumi Jawa Barat. Kamu bisa berenang di kolam tersebut, namun berhati-hatilah karena kedalaman kolam mencapai 15 meter.

9. Air Terjun Sipiso-piso di Sumatra Utara

air terjun di sumatra utara

via twitter

Air Terjun Sipiso-piso adalah kawasan wisata alam yang terletak di desa Tongging, kecamatan Merek, kabupaten Karo, Sumatra Utara. Berada di ketinggian kurang lebih 800 meter dari permukaan laut, terletak di perbukitan yang tinggi dan dikelilingi oleh hutan pinus. Belum lengkap jika mengunjungi desa Tonggingb tanpa berwisata ke Air Terjun Sipiso-piso ini. Kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari air terjun lain yang sudah kamu kunjungi.

10. Air Terjun Nglirip di Tuban Jawa Timur

air terjun di tuban jawa timur

via twitter

Air Terjun Nglirip Tuban merupakan destinasi obyek wisata alam yang berada di Jawa Timur tepatnya di kabupaten tuban. Air terjun setinggi 25 meter ini menyuguhkan pemandangan yang penuh dengan pesona alam. Suasana yang masih terjaga keasriannya ditambah air yang berwarna hijau kebiruan membuat tempat wisata ini menjadi favorit wisatawan lokal.

Bahkan ada wisatawan yang mengaku selalu kemari menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Selain air terjun Nglirip juga terdapat wisata pantai yang tidah jauh dari air terjun, yaitu wisata pantai Pasir Putih Remen yang berada di kecamatan Jenu kearah Tuban.

No Responses

  1. Pingback: 10 DANAU DI INDONESIA YANG MENAKJUBKAN 8 Oktober 2015
  2. Pingback: Danau Paling Menakjubkan di Indonesia 8 Oktober 2015

Leave a Reply