Agar Menulis Menjadi Mudah & Menyenangkan!

Kita punya dua pilihan, menjadi pembaca atau menjadi penulis. Semua orang bisa menulis, yang perlu mereka lakukan adalah memulainya. Jika ingin menjadi seorang penulis, ada dua hal yang harus kamu lakukan, yaitu banyak membaca dan banyak menulis. Menulis adalah proses berpikir, pikirkanlah hal-hal yang baik maka kamu akan menghasilkan tulisan yang baik juga. Menulis akan menjadi lambat jika kamu terlalu banyak berpikir. Berpikirlah sesingkat mungkin kemudian ambil tindakan sebanyak mungkin.

Langkah pertama menulis adalah menentukan apa yang ingin ditulis, seringkali ini adalah hal yang tersulit namun juga yang paling penting. Apapun yang kamu tulis, jika kamu tidak benar-benar merasa senang maka itu adalah sebuah kepalsuan. Ada tiga hal yang perlu kamu tanyakan untuk menjadi pengarah tulisanmu, apa itu benar? Apa itu baik? Apa itu penting? Agar menulis menjadi mudah dan menyenangkan, tulislah hal yang berkaitan dengan:

1. Aktivitas yang disukai

Bersepada (st-andrews.ac.uk)

Buatlah tulisan yang terasa membahagiakan di hatimu, bukan hanya terlihat bahagia di luar. Kamu bisa mulai menulis aktivitas yang kamu sukai, misal bersepeda. Tuliskanlah tentang menyenangkannya bersepeda, atau apapun yang berhubungan dengan aktivitas yang kamu sukai.

2. Pekerjaan yang dicintai

Memasak (abiummi.com)

Jika kamu adalah salah satu orang yang mencintai pekerjaanmu, maka kamu bisa menjadikannya bahan ide untuk tulisan kamu. Banyak penulis-penulis yang menceritakan tentang pekerjaan yang ia cintai dan tulisan mereka terasa lebih natural karena ditulis dengan perasaan yang senang.

3. Keahlian yang dimiliki

Fotografi (belfot.com)

Mulai sekarang dan seterusnya kamu bisa menulis tentang keahlian yang kamu miliki. Kamu bisa berbagi tips tentang suatu hal yang kamu kuasai. Jika kamu seorang fotografer, kamu bisa menuliskan tentang cara mengambil gambar yang bagus dengan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless.

4. Cita-cita yang ingin diraih

Pilot (hipwee.com)

Kamu juga bisa menuliskan tentang semua mimpi dan cita-citamu. Selain membuatmu selalu mengingat apa yang menjadi cita-citamu, kamu juga bisa memotifasi orang lain untuk terus mengejar cita-cita mereka. Hidup yang baik itu pantas untuk diperjuangkan? Mimpi kita harus kita sendiri yang bela, kamu akan sampai disana pada saatnya nanti, bersabarlah!

5. Ilmu yang dipelajari

SEO (yfsmagazine.com)

Kamu bisa menuliskan ilmu yang sedang kamu pelajari, dengan menuliskan kembali apa-apa yang kamu pelajari, kamu bisa menjadi lebih mengingatnya. Selain itu, dengan berbagi ilmu yang kita pelajari, maka ilmu tersebut tidak akan hilang. Ilmu yang yang tidak kalah penting bagi seorang penulis adalah SEO (Seach Engine Optimization). Jika kamu belum mengerti tentang SEO maka ada baiknya jika kamu menggunakan jasa penulis artikel di awal.

6. Peristiwa penting

Palestina (noonpost.net)

Selain 5 hal di atas, kamu bisa menuliskan kejadian-kejadian penting yang terjadi di dunia saat ini, seperti apa yang sedang terjadi Palestina saat ini. Namun karena ini peristiwa penting, pastikan kamu memahami peristiwa tersebut dan mendapatkan sumber yang terpercaya agar informasi yang kamu sampaikan tidak menyesatkan.

 

Ada yang bilang jika ingin menjadi nomor satu, maka kamu harus menjadi ganjil. Lupakan semua aturan menulis dan menulislah sesuka hatimu. Tulisanku sederhana, tulisanku adalah hal yang aku sukai. Aku tidak tahu apa kunci sukses seorang penulis, tapi aku tahu kunci kegagalan seorang penulis, yaitu berusaha menulis apa yang diinginkan orang lain.

Jangan menyerah! Bagian permulaan memang selalu menjadi hal yang tersulit. Semangat pantang menyerah adalah sikap yang paling penting bagi seorang penulis. Semoga kamu bisa menghasilkan tulisan yang bermanfaat dan mencerahkan.

2 Comments

  1. Aim Subarjat 18 November 2016
  2. Hadad Al Akbar 3 Desember 2016

Leave a Reply