Nama jerawat yang menyerang anak remaja disebut Acne Vulgaris

Apa itu acne vulgaris? Acne vulgaris adalah nama jerawat yang dialami oleh remaja yang berusia 16 sampai 24 tahun. Acne vulgaris adalah jerawat yang desebabkan oleh komedo, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Acne vulgaris terbagi dalam beberapa jenis, yaitu acne tropikalis, acne fulminan, acne mekanika dan pioderma fasiale.

Acne vulgaris biasanya dimulai dari timbulnya bintik-bintik merah atau pimples, kemudian akan menjadi mild yaitu jerawat ringan. Masalah jerawat yang parah akan menyebabkan Severe Acne yang dapat menimbulkan ratusan pimples yang bisa menutupi wajah dan leher, atau yang lebih parah sampai menutupi dada dan punggung.

Kebanyakan anak remaja di usia 20an tahun mengalami setidaknya jerawat ringan atau mild acne. Jerawat tersebut akan sembuh setelah mereka berumur 25 tahun. Namun faktor kebersihan kulit dan tingkat stres juga bisa menyebabkan orang dewasa mengalami jerawat vulgaris.

Sebenarnya memmiliki beberapa jerawat di wajah tidaklah buruk, bahkan beberapa orang dengan jerawat yang cukup parah tidak merasa terganggu. Namun ada juga yang merasa terganggu atau malu atau meski mereka hanya memiliki beberapa pimples atau bintik-bintik merah.

Berita baik untuk kamu yang sering merasa malu atau terganggu dengan jerawat yang muncul di beberapa area wajah. Ada banyak perawatan kulit untuk mengatasi jerawat yang dapat membantu kamu mengontrol masalah jerawat. Sehingga kulit menjadi sehat dan bersih dari jerawat.

Penyebab Acne Vulgaris

jerawat akne vulgaris

YoutubeCom

Jerawat vulgaris disebabkan oleh komedo, sebum (minyak) dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit wajah. Apabila pori-pori yang tersumbat tersebut terinfeksi oleh kuman, maka akan menyebabkan peradangan, pembengkakan, kemerahan, dan jerawat akan bernanah.

Sebagian besar orang mengalami jerawat vulgaris pada saat mereka remaja. Hal ini dipengaruhi oleh perubahan hormon yang membuat kulit memproduksi minyak atau sebum berlebih pada saat masa pubertas dimulai. Sehingga jerawat sering muncul kembali walaupun setelah diobati.

Memencet atau menekan jerawat atau bintik merah akan menyebabkan jerawat makin parah dan meradang. Jika jerawat muncul sebaiknya tidak memencetnya karena akan menimbulkan bekas jerawat dan noda hitam. Gunakan sabun atau gel untuk mengobati jerawat yang timbul di wajah.

Jerawat juga bisa ditimbulkan dari makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Hindari makanan yang berminyak dan berlemak. Makanan berminyak dan berlemak mungkin tidak menyebabkan jerawat, namun akan memperparah kondisi jerawat karena makanan tersebut tidak sehat untuk metabolisme tubuh.

Gonta-ganti produk perawatan jerawat jagan akan memperparah jerawat dan membuatnya semakin banyak. Produk-produk perawatan jerawat yang banyak hanya akan memperpahar jerawat, membuat kulit semakin berminyak, menyumbat pori-pori dan menipiskan kulit wajah.

Selain karena perubahan hormon jerawat juga bisa disebabkan karena faktor keturunan. Keturunan orang yang memiliki riwayat jerawat parah akan lebih mungkin untuk mendapatkan jerawat sama seperti orang tuanya. Namun jerawat masih bisa dicegah dan diobati sebelum menjadi makin parah.

Gejala Acne Vulgaris

penyebab jerawat

BlogspotCom

Gejala yang biasa ditimbulkan karena jerawat adalah bintik hitam atau blackheads dan bintik merah atau  pimples. Bintik hitam dan bintik merah akan muncul di daerah wajah dan leher, bahkan jika sudah parah akan muncul di area dada dan bahu belakang.

Gejala selanjutnya, bintik merah atau pimples akan menjadi besar dan bernanah dan disebut dengan cystic lesions. Jika terinfeksi akan menjadi radang dan terasa sakit, namun jangan memencet atau menekan-nekan jerawat yang meradang karena akan menjadi jaringan parut pada kulit wajah.

Banyak obat-obat jerawat yang beredar bebas di pasaran, namun bagi sebagian orang obat-obat jerawat tersebut tetap tidak dapat menghilangkan jerawat dan jerawat tetap saja bermunculan. Karena meskipun penyebab jerawatnya sama, tapi hasil yang didapat pada masing-masing orang berbeda.

Penyebab awal acne vulgaris adalah komedo, komedo yang menyebabkan timbulnya pustula, papula, kista dan sebagainya. Timbulnya komedo pada wajah mengindikasikan adanya penyumbatan pada pori-pori yang terbentuk secara berlebihan. Jika tidak di bersihkan maka pori-pori kulit akan tersumbat sehingga sebum terperangkap dan menjadi jerawat.

Sebum berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan melicinkan kulit. Sebum yang tertimbun dalam pori akan menyebabkan bakteri mudah berkembang biak. Bakteri akan menyebabkan infeksi dan menimbulkan peradangan pada kulit yang berjerawat. Kemudian tubuh akan memproduksi antibodi untuk mencegah pertumbuhan bakteri, antibodi akan bereaksi dengan bakteri dan menjadi nanah.

Leave a Reply