8 Jenis Kopi yang Banyak Disukai Orang

Kopi adalah minuman yang terbuat dari biji tanaman kopi yang melalui proses pengeringan dan penghalusan menjadi bubuk kopi. Biji kopi yang sudah menjadi bubuk kemudian diolah dengan tehnik tertentu sehingga menghasilkan minuman yang banyak disukai orang.

Kata kopi berasal dari bahasa Turki kahveh yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi dipercaya sebagai minuman pembangkit energi. Kata kahveh kembali mengalami perubahan menjadi koffie yang berasal dari bahasa Belanda dan kemudian berubah lagi menjadi kopi dalam bahasa Indonesia yang dikenal sampai saat ini.

Awal dikembangkannya minuman kopi adalah di Milan, Italia sejak ditemukannya mesin pembuat kopi oleh oarang italia bernama Luigi Bezzera. Mesin tersebut adalah awal dari mesin espresso yang banyak digunakan saat ini. Selain espresso masih banyak minuman kopi yang berasal dari negara spaghetti tersebut. Inilah 8 jenis minuman kopi yang banyak disukai orang.

 

1. Espresso

foodytravel.net

foodytravel.net

Espresso adalah minuman yang terbuat dari biji kopi yang diekstrak dengan menggunakan mesin espresso yang menyemburkan air mendidih di bawah tekanan tinggi. Kata espresso sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya cepat atau express karena harus segera disajikan pada pelanggan. Kopi espresso mengandung banyak komponen zat dan senyawa kimia, diantaranya kafein, gula, emulsi, koloid, partikel kopi, gas, dan protein. Setiap satu cangkir kopi espresso terdapat busa keemasan yang disebut crema, yang terdiri dari gula, protein dan sedikit minyak yang muncul di permukaan kopi. Cara kerja mesin espresso adalah dengan menyemburkan sekitar 45 mililiter air yang melewati 7 sampai 9 gram kopi bubuk dengan tekanan 9 atmosfer pada temperatur 90° Celcius.

2. Macchiato

www.flickr.com

www.flickr.com

Macchiato adalah minuman kopi yang terbuat dari perpaduan espresso yang dicampur dengan susu. Terdapat dua jenis kopi macchiato yang sering disajikan pada pelanggan, yaitu espresso macchiato yang dibuat dengan cara menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso, dan latte macchiato yang dibuat dengan cara menambahkan espresso ke dalam segelas susu. Macchiato berasal dar bahasa Italia yang artinya “meninggalkan bercak”, dinamakan seperti itu karena espresso disajikan dengan sedikit busa di permukaannya yang berasal dari susu yang dituangkan. Sama halnya dengan latte macchiato, setelah espresso dituang kedalam cangkir maka espresso akan berada di tengah-tengah cangkir sehingga susu terlihat terpisah menjadi 2 bagian. Untuk perbandingan antara susu dan kopi pada espresso macchiato adalah 1:4. Espresso macchiato biasa disajikan panas dan ditambahkan sedikit gula dalam cangkir kecil berukuran 60-90 mililiter atau dalam bahasa Italia disebut demitasse. Sementara latte macchiato disajikan dingin dalam gelas yang berukuran besar.

3. Latte

www.natureworldnews.com

www.natureworldnews.com

Latte atau juga bisa disebut caffe latte adalah kopi susu dalam bahasa Italia. Latte memiliki lapisan busa tipis di bagian permukaan yang dihasilkan oleh espresso atau kopi yang dicampur dengan susu. Perbandingan untuk caffe latte adalah 2:1 terdiri dari dua pertiga susu dan sepertiga espresso sehingga rasa susunya lebih terasa dibanding cappucino. antara susu dengan espressoLatte pertama kali ditemukan di Italia pada akhir tahun 60-an oleh seorang barista dan juga pemilik cafe di Italia yan bernama Lino Meiorin. Rasa cappuccino yang terlalu tajam membuat pengunjung cafenya meminta menambahkan susu (latte) lebih banyak. Kemudian Lino meracik minuman espresso dengan menambahkan lebih banyak susu dan memberikan nama “caffe latte” pada minuman kopi tersebut. Kala itu caffe latte disajikan dalam gelas dan kini lebih sering disajikan dalam cangkir.

4. Flat White

www.flickr.com

www.flickr.com

Flat white adalah minuman kopi yang berasal di Selandia Baru dan Australia. Flat white disajikan dengan menuangkan susu yang ditambahkan dengan espresso. Flat white agak mirip dengan cappuccino atau latte namun memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga memiliki porsi yang lebih rendah dari kopi susu. Kandungan susu yang lebih banyak dari espresso membuat flat white didominasi oleh rasa susu.

5. Cappuccino

www.freegreatpicture.com

www.freegreatpicture.com

Cappuccino adalah minuman yang berasal dari Italia yang terbuat dari espresso dan susu. Cappuccino dibuat dengan perbandingan sepertiga espresso, sepertiga susu panas dan sepertiganya lagi susu yang dikocok hingga menjadi seperti krim. Ada juga yang membuat cappuccino dengan perbandingan sepertiga espresso dan dua pertiga mikrofoam. Cappuccino mengandung lebih sedikit susu, berbeda dengan latte macchiato, yang terdiri dari lebih banyak susu dan sedikit krim.

6. Mocha

commons.wikimedia.org

commons.wikimedia.org

Mocha adalah minuman yang terbuat dari campuran espresso, coklat dan susu. Ada juga Mocha-Java yang bisa diracik dengan campuran lain seperti krim agar memiliki ciri khas rasa yang beragam. Banyak perusahaan kopi yang membuat kopi rasa mocha dan memiliki campuran dan komposisi diracik dari kopi Vienna, cokelat bubuk dan susu skim. Di Eropa mocha juga dikenal sebagai Moccacino. Nama mocha sendiri diambil dari varietas kopi yang berasal dari Yaman daerah Mocha.

7. Doppio

commons.wikimedia.org

commons.wikimedia.org

Doppio berasal dari bahasa Italia yang berarti ganda, karena doppio dibuat dari mesin espresso yang memiliki tembakan ganda yaitu diekstrak menggunakan portafilter atau filter kopi ganda. Dengan begitu mesin espresso ini dapat menghasilkan 60 mililiter minuman atau dua kali lipat jumlah tembakan mesin espresso tunggal. Mesin doppio menjadi standar dalam menilai kualitas espresso yang dibuat barista dalam kompetisi. Sedangkan mesin espresso yang memiliki tembakan tunggal disebut solo.

8. Long Black

mellyfera.wordpress.com

mellyfera.wordpress.com

Long black adalah gaya kopi yang paling banyak ditemukan di Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura dan Brazil. Dan sekarang juga tersedia di London, Inggris. Long black dibuat dengan menuangkan tembakan ganda espresso atau ristretto dengan air panas, biasanya air juga dipanaskan oleh mesin espresso. Long black mirip dengan Americano, yang dibuat dengan menambahkan air panas untuk tembakan espresso, karena itu rasa espresso-nya lebih kuat.

Leave a Reply